Tempat Wisata TernateKalau membicarakan wisata di Indonesia Timur, yang muncul di pikiran pasti nama kepulauan Raja Ampat beserta segala keunikan di dalamnya. Wisata Ternate Tidore ternyata juga menyimpan potensi wisata yang keren di Indonesia Timur selain Raja Ampat. Wisata Ternate Tidore ini banyak terdapat destinasi di dua pulau di Provinsi Maluku Utara ini yang keindahannya tak kalah dari Raja Ampat.

Apa saja sih destinasi wisata Ternate Tidore ? Simak ulasan dari Labiru berikut ini yaaa

Batu Angus

Wisata Ternate Tidore yang pertama adalah Batu Angus. Batu Angus adalah bekas aliran lava letusan gunung Gamalama pada tahun 1.600an. Bebatuan berwarna hitam tersebut pun sebenarnya batu vulkanik yang sudah membeku. Beberapa di antaranya malah berbentuk seperti stalagmit, bebatuan yang lebih sering ada di dalam gua.

Wisata Ternate dan Tidore

Batu Angus Ternate

Pemandangan Batu Angus pun bisa dibilang cantik. Lihatlah, perpaduan warna hitam yang berasal dari bebatuan, hamparan hutan yang hijau di belakangnya, serta lautan biru di depannya, cantik !

Danau Tolire

Danau Tolire letaknya tak jauh dari Batu Angus. Jaraknya sekitar 3 kilometer dari Batu Angus. Sebenarnya terdapat dua danau disini, Danau Tolire Besar dan Danau Tolire kecil yang hanya berjarak 200 meter saja. Mau ke dua-duanya sekaligus, tak masalah.

Wisata Ternate Tidore

Danau Tolire

Danau Tolire merupakan danau vulkanik yang unik. Bayangkan saja, jika diperhatikan bentuknya seperti sumur raksasa di tengah hutan. Panorama seperti ini, tentu jarang dilihat di tempat-tempat lainnya.

Pantai Sulamadaha

Inilah pantai yang airnya sebening kaca. Pantai Sulamadaha punya kontur landai dan berpasir putih, tepatnya di sebelah kiri yang menghadap Teluk Sulamadaha dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Perairannya yang sangat jernih dan terlihat biru, akan menggoda siapa pun untuk main basah-basahan. Bersantai di sini, memang sungguh nikmat.

Pantai sebening kaca ternate tidore

Pantai Sulamadaha

Kalau mau menyewa ban alias pelampung, harganya cuma Rp 5.000,- untuk sepuasnya. Ingin coba naik perahu kano nelayan, hanya Rp 30.000,- sepuasnya. Menghabiskan sore hari di sini benar-benar sempurna. Pantainya bikin jatuh cinta saja.

Benteng Tolukko

Benteng Toluko ini letaknya tak jauh dari pusat kota Ternate. Benteng ini dibangun oleh Portugis yang ketika itu menjadi penguasa Ternate. Benteng ini dibangun untuk mempertahankan kekuasaan bangsa Portugis dari serangan bangsa Eropa lain.

Bangunan Benteng Toluko terbuat dari campuran batu kali, batu karang, pecahan batu bata direkat oleh campuran kapur serta pasir. Punya bentuk segi empat, yang kabarnya kalau dilihat dari udara berbentuk seperti alat kelamin pria.

Benteng peninggalan Portugis

Benteng Tolukko, Peninggalan Portugis

Dalam sejarahnya, benteng tersebut pernah direbut oleh kompeni Belanda di tahun 1610. Pernah dikosongkan di tahun 1864, bentengnya kemudian dipugar dan diperbaiki pada tahun 1996. Kini, benteng yang terlihat masih asri ini jadi tempat asyik untuk belajar sejarah dan foto-foto. Tiket masuknya sekitar Rp 5.000,-

 

Pantai Fitu | Wisata Ternate Tidore di Uang Seribu Lama

Pantai ini mungkin tak seterkenal pantai Parangtritis di Yogyakarta atau Kuta di Bali. Namun dari pantai inilah kamu bisa melihat pulau Maitara yang terdapat di uang kertas pecahan 1.000 rupiah. Tidak percaya ? Datanglah kesini dan jangan lupa membawa uang kertas pecahan 1.000 rupiah lama kamu.

Danau di uang seribu lama

Pantai Fitu

Di gambar tersebut terlihat dua buah pulau yang di atasnya sedang tertutup awan dan sebuah perahu tengah melintas. Lalu lihatlah ke depan, akan tampak pemandangan yang persis seperti tergambar di uang, namun secara nyata. Itulah Pulau Maitara dan Tidore.

Nah bagaimana tidak kalah indah dengan wisata di Raja Ampat. Btw kamu mau nggak nih liburan ke wisata Ternate Tidore tadi ? Jangan lupa pesan paket liburan bersama Labiru, ajak juga kerabat dan keluargamu.

Paket Wisata di Yogyakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Yogyakarta