Tubing dan Rafting Kali Badeng

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Tak Tersedia Adventure Level

Wisata Tubing dan Rafting Kali Badeng merupakan salah satu potensi wisata di kabupaten paling timur di Pulau Jawa.

Berada di Desa Sumber Bulu Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi, Kali Badeng merupakan sungai yang berarus deras dengan jenis bebatuan kecil hingga besar yang mengalir dari kaki Gunung Raung.

Belum lagi pemandangan yang masih asri di hamparan hutan pinus dengan cuaca yang sejuk. Apa yang ditawarkan jika mengunjungi wisata Kali Badeng? Jawabannya adalah tubing dan rafting.

Tubing atau yang dikenal dengan body rafting merupakan jenis olahraga air yang cukup menantang. Uniknya kegiatan meluncur bebas di Kali Badeng yang berarus keras ini menggunakan ban dalam truk.

Berbeda dengan arung jeram atau rafting yang pada umumnya harus menggunakan peralatan seperti perahu karet dan dayung. Yang tidak jauh berbeda dengan arung jeram adalah ada helm dan pelampung yang digunakan.

Pada arung jeram, biasanya satu perahu bisa diisi 6 orang, sedangkan tubing, hanya satu orang dengan satu ban.

Untuk kamu penyuka petualangan di alam bebas, khususnya arung jeram harus mencoba olahraga air yang cukup menantang ini.

 

Sejarah Tubing dan Rafting Kali Badeng

Tempat wisata ini dikelola oleh X-Badeng Tubing Adventure Team. Menurut Yusuf Sugiono, pengelola X-Badeng Tubing Adventure Team.

Ide olahraga air tubing di desanya ini dimotori oleh sekumpulan anak-anak muda yang ada di desa Sumber Bulu, di bawah naungan badan usaha milik desa.

Awalnya, anak-anak muda di Desa Sumber Bulu ini berpikir bagaimana cara memanfaatkan potensi alam yang ada di desa ini, dan membangun kampung halaman termasuk melestarikan alam yang ada.

Akhirnya pada awal Maret 2011, anak-anak muda Desa Sumber Bulu ini merintis tubing di Kali Badeng dan pada bulan Oktober 2011, rintisan tubing ini dibuka pertama kali untuk umum.

Tiga bulan pertama, kegiatan yang menantang ini mulai diminati oleh pengunjung, mulai dari masyarakat biasa, organisasi kepemudaan, anak-anak sekolah, wartawan hingga dinas-dinas di bawah jajaran pemkab.

Dan hingga saat ini wisata tubing dan rafting di Kali Badeng ini masih menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak diminati oleh wisatawan.

Lokasi Tubing dan Rafting Kali Badeng

Lokasi wisata ini berada di desa Sumber Bulu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Lokasi ini berada sekitar 30 km dari pusat Kota Banyuwangi.

Untuk menuju ke tempat Tubing dan Rafting Kali Badeng ini, bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, motor atau mobil.

Jika kamu pergi menuju kawasan wisata Tubing dan Rafting Kali Badeng ini dengan kendaraan umum, dari arah Banyuwangi Kota.

Maka, kamu harus naik angkot dari pertigaan kantor pos Rojogami untuk menuju ke Songgon, kemudian turun di Pasar Songgon dan selanjutnya bisa naik ojek.

Jika kamu memulai perjalanan sari Kecamatan Genteng, kamu bisa memulai perjalanan dengan berjalan lurus ke utara hingga berhenti di pertigaan Pasar Gendoh.

Lalu kamu bisa belok ke timur melewati lokasi wisata gumuk klasi, lurus terus hingga ada papan petunjuk, kemudian belok kiri.

Kemudian kamu masih harus lurus lagi hingga pertigaan tugu, belok kanan dan lurus lagi hingga ada pos pusat informasi X-Bandeng Adventure.

Nah pos tersebut merupakan pos untuk kamu dan rombonganmu mendaftar kegiatan tubing dan rafting, serta memakai peralatan pengamanan.

Harga Tiket Masuk Tubing dan Rafting Kali Badeng

Untuk kamu yang berminat mencoba wisata olahraga ekstrim ini, berikut beberapa harga paket kegiatan yang bisa kamu pilih. Kamu bisa sesuaikan dengan budget dan juga keinginan.

Jenis Biaya

Harga

Rafting Full Extreme (3-4 Jam) minimal 10 orang

IDR 150.000 per orang

Rafting Extreme II (1.5-2 Jam) minimal 10 orang

IDR 125.000 per orang

Rafting Fun (1 Jam) minimal 10 orang

IDR 85.000 per orang

Tubing Full Extreme (3-4 Jam) minimal 10 orang

IDR 100.000 per orang

Tubing Extreme II (1.5-2 Jam) minimal 10 orang

IDR 75.000 per orang

Tubing Fun (1 Jam) minimal 10 orang

IDR 50.000 per orang

*Harga tersebut masih bisa berubah sewaktu-waktu

Fasilitas di Tubing dan Rafting Kali Badeng

Di sana, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya homestay, doomstay, camping ground dan trail adventure. Selain itu, pengunjung tentunya tak perlu khawatir dengan keselamatan saat berarung jeram sebab helm dan pelampung menjadi fasilitas wajib untuk keselamatan peserta.

 

Aktivitas di Tubing dan Rafting Kali Badeng

Tubing Kali Badeng

Setelah pendaftaran dan menggunakan peralatan keamanan, kemudian tiba di tempat start, akan dilakukan briefing serta pengenalan medan. Lalu setiap peserta akan mengambil ban satu per satu.

Dan saatnya petualangan tubing dimulai. Satu persatu peserta akan menceburkan diri ke sungai Badeng ini dengan bannya, dan kemudian meluncur dalam derasnya arus air sungai.

Di sini setiap peserta dituntut ketangkasan dan ketenangan dalam mengendalikan laju tubing masing-masing. Bukan dalam sebuah tim layaknya arung jeram yang menggunakan perahu karet dengan banyak orang di dalamnya.

Dibutuhkan kemampuan menjaga keseimbangan tubing agar tidak jatuh ke sungai dan lepas dari tubing.

Meskipun kedalaman air rata-rata hanya sekitar 50 cm, tapi kontur arusnya sangat deras dan banyak jeram-jeram yang akan memacu adrenalinmu.

Maka momen-momen terjatuh ke sungai pun menjadi pengalaman yang mengasyikan dan membuat ketagihan.

Rafting Kali Badeng

Sebelum mengarungi sungai dengan perahu karet, para peserta dibrief semua dan diberi pengarahan tentang bagaimana caranya menghadapi tantangan selama pengarungan dan cara menyelamatkan diri.

Ada yang unik di sini, kamu dan rombonganmu tidak diberi dayung satu persatu. Katanya karena di sungai Badeng ini banyak batu kali yang besar maka lebih aman tidak menggunakan dayung, sebab dayung banyak menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Jadi karena adventure ini sangat mementingkan keamanan, dayung tidak akan diberikan kepada semua peserta, tapi hanya akan digunakan oleh pemandu yang ada di setiap perahu karet.

Oh iya ada satu aba-aba unik yang digunakan pemandu biasanya dengan kata seperti “goyang goyang”.

Aba-aba ini diucapkan pemandu ketika perahu karet tersangkut batu, dan semua peserta yang ada di atas perahu wajib menggoyangkan perahu hingga terlepas dari sangkutan batu itu.

 

Jam Operasional Tubing dan Rafting Kali Badeng

Jam operasional wisata tubing dan rafting Kali Badeng ini, bisa kamu lihat dalam tabel berikut.

Hari

Jam Kerja

Senin

07.00-17.00 WIB

Selasa

07.00-17.00 WIB

Rabu

07.00-17.00 WIB

Kamis

07.00-17.00 WIB

Jumat

07.00-17.00 WIB

Sabtu

07.00-17.00 WIB

Minggu

07.00-17.00 WIB

 

Kesimpulan

Jika kamu tertarik mencoba wisata petualangan ini, siapkan staminamu, karena perjalanan menyusuri Kali Badeng ini penuh tantangan dengan arusnya yang deras dan airnya yang dingin, dan hal tersebut cukup menguras staminamu.

Tapi bisa dipastikan saat kamu sudah merasakannya sendiri, kamu akan merasakan sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

Selain sensasi terombang-ambing dan terjatuh saat melintasi jeram, pemandangan yang masih alami dengan hamparan hutan pinus yang hijau serta udara yang sejuk membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai informasi dan keseruan yang bisa kamu dapatkan saat mencoba wisata Tubing dan Rafting Kali Badeng di Banyuwangi.

Seru bukan? Jadi, tunggu apa lagi, segera siapkan agenda dan kunjungi Tubing dan Rafting Kali Badeng ini sekarang juga. Selamat berlibur.

 

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi