Telaga Merdada

Destinasi Dieng Tiket Masuk Rp5,000 Adventure Level

Telaga Merdada adalah salah satu destinasi alam yang menakjubkan di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Terletak di ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut, telaga ini menawarkan pemandangan yang memesona dengan airnya yang jernih dan lingkungan sekitar yang masih alami. Telaga Merdada dikelilingi oleh pegunungan hijau yang menambah keindahan alamnya. Pengunjung dapat menikmati udara sejuk pegunungan sambil menikmati keindahan alam yang memukau.

Selain keindahan alamnya, Telaga Merdada juga memiliki nilai historis dan spiritual yang dalam bagi masyarakat lokal. Konon, telaga ini diyakini sebagai tempat pemandian para dewa menurut kepercayaan lokal. Hal ini menambah nilai magis dan spiritual dari tempat ini. Banyak wisatawan yang datang ke Telaga Merdada tidak hanya untuk menikmati keindahan alamnya, tetapi juga untuk merasakan ketenangan dan kedamaian yang terpancar dari lingkungan sekitar.

Akses menuju Telaga Merdada cukup mudah dijangkau dari kawasan wisata Dieng lainnya, seperti Candi Arjuna atau Kawah Sikidang. Perjalanan menuju telaga ini akan memberikan pengalaman yang mengesankan karena melintasi pemandangan pegunungan dan pedesaan yang indah. Bagi mereka yang menyukai petualangan alam dan ingin menjauh sejenak dari hiruk pikuk kota, Telaga Merdada adalah destinasi yang sempurna untuk dikunjungi.

Sejarah

Telaga Merdada terbentuk secara alami akibat letusan gunung berapi purba. Telaga ini memiliki legenda yang menceritakan tentang seorang putri cantik bernama Roro Kidul yang mandi di telaga ini. Konon, siapapun yang mandi di Telaga Merdada akan mendapatkan kecantikan abadi.

Lokasi

Telaga Merdada terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Dieng. Anda dapat mencapai Telaga Merdada dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Harga Tiket Masuk

  • Dewasa: Rp 5.000
  • Anak-anak: Rp 3.000

Fasilitas

  • Warung makan: Tersedia beberapa warung makan di sekitar Telaga Merdada yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.
  • Toilet: Toilet yang bersih dan nyaman tersedia di beberapa titik di area wisata.
  • Area parkir: Area parkir yang luas dan memadai untuk menampung kendaraan pengunjung.

Aktivitas

  • Menikmati pemandangan alam: Telaga Merdada menawarkan pemandangan alam yang indah dengan airnya yang jernih dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah.
  • Berperahu: Anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling di Telaga Merdada dan menikmati pemandangan dari dekat.
  • Memancing: Telaga Merdada adalah tempat yang ideal untuk memancing ikan trout.
  • Berfoto: Banyak spot foto menarik di Telaga Merdada yang cocok untuk mengabadikan momen indah Anda.
  • Berkemah: Anda dapat berkemah di sekitar Telaga Merdada dan menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk.

Jam Operasional

Telaga Merdada buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Paket Wisata di Dieng

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Dieng