Bukit Wisata Pulepayung

Destinasi Yogyakarta Tiket Masuk Rp15.000 Adventure Level

Deskripsi Singkat Pule Payung

Satu lagi sajian wisata kekinian dari daerah Kulon Progo Yogyakarta, yang seakan tidak pernah ada habisnyan menawarkan tempat wisata yang menarik pagi para traveler.

Seolah tidak mau kalah dengan tempat wisata lain di Jogja, Kulon Progo pun menyediakan tempat wisata kekinian untuk para anak muda.

Jika berbicara Kulon Progo, pasti kamu akan langsung mengingat wisata terkenal Kalibiru. Spot wisata yang emnyediakan pemkamungan alam berupa pegunungan, dan Waduk Sermo, yang dilengkapi dengan gardu pkamung.

Menjadi lokasi terbaik untuk melihat keindahan alam di yogakarta dari ketinggian. Tapi saat ini, Kulon Progo memiliki spot wisata baru yang bisa kamu jadikan alternatif.

Nama wisata tersebut adalah Pule Payung. Menjadi alternatif karena wisata ini menawarkang pemandnagan alam yang hampir sama dengan yang ada di Kalibiru.

Karena memang lokasinya yang berdekatan, hanya sekitar 1 km saja. Jadi jika kamu ingin berwisata dengan pemkamungan yang tidak kalah menakjubkan seperti di Kalibiru, tapi di sana begitu ramai dan antri, kamu bisa kesini.

Selain memiliki banyak spot foto keren yang tdak kalah menarik, kamu juga tidak perlu berlama-lama mengantri hanya untuk berfoto di spot yang disediakan.

Jadi saat mengunjungi wisata ini, jangan lupa membawa kamera ya, karena pemkamungannya akan sangat sayang untuk kamu lewatkan dan tidak diabadikan.

 

Sejarah Pule Payung

Tempat wisata Pule Payung, sebenarnya adalah sebuah bukit yang disulap menjadi kawasan wisata yang menawarkan keindahan yang begitu menarik dan unik.

Bukit ini baru dibuka pada hari kedua lebaran, tepatnya pada tanggal 26 Juni 2017 ini sudah mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

Sejak pertama kali dibuka tempat wisata yang sangat baru ini bahkan bisa menarik pengunjung hingga 1000 pengunjung per harinya.

Terletak di atas perbukitan Menoreh dengan ketinggian 700 MDPL, obyek wisata ini menawarkan keindahan pemkamungan Waduk Soermo dari ketinggian dan perbukitan yang membentang di sekitarnya.

Objek wisata ini berdiri di atas lahan milik warga setempat. Dengan luas lahan sekitar dua hektar, wisata Bukit Pule ini bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga Kamu.

Konon nama yang diberikan kepada bukit ini diambil dari kisah yang dipercaya masyarakat sekitar. Kabarnya dulu ada sebuah pohon pule yang berbentuk seperti payung besar.

Namun sayang pohon tersebut sudah tumbang, jadi Kamu tidak bisa melihat penampakan pohon tersebut.

Layaknya wisata perbukitan lainnya, seperti Kali Biru misalnya, daya tarik utama dari wisata ini adalah spot foto yang sengaja dibangun di atas ketinggian.

Jika kamu ingin mencari lokasi wisata yang instagramable maka lokasi ini sangat cocok. Ada sekitar delapan wahana buatan yang memang sengaja dibangun oleh pihak pengelola untuk memenuhi keinginan para pengunjung yang ingin mengabadikan momen berliburnya.

Tentu saja wahana yang disediakan dibangun di atas ketinggian yang menampilkan keindahan pemkamungan dari perbukitan Menoreh.

Lokasi Pule Payung

Pule Payung Kulonprogo berada di Dusun Suropati, desa Hargotirto, Kecamatan Kulonprogi, Yogyakarta.

Kamu yang pernah berwisata ke Kalibiru, mungkin tidak asing untuk melewati jalan menuju obyek wisata ini.  Adapun jarak dari Kota Yogyakarta ke Pule Payung juga dekat, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih.

Bahkan ada jalur terdekat yakni melalui Jalan Godean, lalu bisa langsung memilih Jln. Kaligesing. Selanjutnya, jika sudah tiba di Jalan Kaligesing, dapat menuju Goa Kiskendo dan kemudian ambillah jalan menuju Kokap. Barulah kamu bisa melanjutnya ke arah wisata Kalibiru dan tinggal ikuti plang ke wisata Pule Payung.

Jika kamu ingin berkunjung ke Pule Payung, bisa menggunakan rute jalan yang sama menuju kea rah Kalibiru.

Rute 1:

  • Dari Kota Yogyakarta, kamu bisa langsung mengarakan kendaraan kea rah Barat menuju Jalan Jogja-Wates. Kemudian ikuti jalan ini hingga perempatan Sentolo,
  • Setelah sampai di perempatan Sentolo, kamu belok kanan lalu lurus terus hingga lampu merah Pengasih. Dari lampu merah, jalan lurus sekitar 500 meter lalu belok kanan menuju Pasar Celereng.
  • Setelah sampai di Pasar Celereng, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan ke arah Pule Payung. Dari pasar ini, kamu akan melalui jalan berkelok dan tanjakan curam sehingga harus memastikan kendaraan dalam kondisi prima
  • Jika kuatik tidak kuat menanjak, kamu bisa menyewa mobil jeep atau sepeda motor untuk menuju ke lokasi

Rute 2:

  • Rute kedua ini sama seperti rute pertama tadi, perbedaannya jalurnya dimulai ketika sapai di perempatan lampu merah Pengasih. Dari lampu merah Pengasih, kamu lurus terus hingga bertemu perempatan Waduk Sermo.
  • Setelah sampai di perempatan Waduk Sermo, kamu belok kanan memasuki kawasan wisata Waduk Sermo. Jika ada waktu, kamu bisa behenti sejenak menikmari keindahan danau buatan ini.
  • Didalam area Waduk Sermo biasanya sudah ada petugas atau pun papan petunjuk jalan menuju ke sana.
  • Jika tidak ketemu, kamu bisa bertanya ke warga setempat tentang rute jalan menuju ke Wisata Alam Pule Payung.

 

Harga Tiket Masuk Pule Payung

Tidak perlu membayar mahal, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000,- untuk tiket masuk Wduk Sermo.

Kemudian dilanjutkan membayar tiket masuk wisata sebesar Rp 5.000,-. Per orang. Lumayan murah meriah bukan?

Tapi kamu masih harus membayar lagi saat memakai spot di sini. Berikut daftar harga tiket masuk spot foto dan wahana di Pule Payung.

  • Spot Angkasa: Rp 15.000,-
  • Spot Lolipop: Rp 10.000,-
  • Spot Wolu: Rp 15.000,-
  • Spot Jembatan Surga: Rp 10.000,-
  • Flying Fox: Rp 30.000,-
  • Spot Sepeda Langit: Rp 25.000,-

Dengan menjajal spot-spot tersebut, dijamin liburan kamu akan semakin berkesan dan akan menjadi pengalaman yang sulit terlupakan.

Fasilitas di Pule Payung

Di kawasan wisata ini, kamu bisa menikmati fasilitas umum yang ada seperti kamar mandi umum dan juga area parkir yang cukup luas, yang disediakan untuk memudahkan kamu melakukan kegiatan di sini.

Di sini juga ada mushola yang memudahkan bagi kamu yang beragama muslim untuk melakukan ibadah saat sedang berwisata di Pule Payung.

Ada juga warung-warung makan, yang tidak akan membiarkan kamu kelaparan saat sedang menikmati keseruan bermain di wisata alam Pule Payung ini.

Selain itu juga di sini kamu bisa menemukan fasilitas bersantai seperti gazebo dan juga kursi santai, yang bisa kamu gunakan sambil menikmati keindahan sekitar, atau sekiedar berbincang bersama teman.

 

Aktivitas di Pule Payung

Menikmati pesona alam pule payung

Di sana anda akan berada di ketinggian sekitar 700 MDPL. Dengan begitu anda akan bisa menikmati pemandangan alam dari bukit yang sangat indah.

Berbeda dengan wisata Alam Kalibiru, yakni tempat wisata Pule Payung memiliki sejumlah nilai lebih, yakni akses menuju spot-spot foto yang lebih mudah karena hanya berjalan kaki menaiki bukit.

Hanya di lokasi Pule Payung anda bisa memanjakan diri dengan menikmati eksotisme pemandangan alam secara leluasa.

Melakukan permainan alam

Selain pemandangan yang khas, para wisawatan juga bisa enjoy dengan permainan alam seperti outbond, bahkan ada juga sepeda gantung.

Biasanya pengunjung bisa bermain ria dengan mengayuh sepeda gunung di atas kabel yang sangat memacu adrenalin.

Berfoto di spot menarik

Sebetulnya ada dua gardu pandang yang biasa dijadikan spot foto andalan di Pule Payung. Pertama ada di bawah, sedangkan yang kedua ada di atas.

Kedua tempat tersebut menjadi ikonnya wisata baru di Kulonprogo tersebut. Tentu saja bagi anda yang gemar berselfie, fotografi, atau sekadar gemar foto untuk mengabadikan traveling.

Meski merupakan wisata yang masih sangat baru, tetapi pengunjung yang antusias mendatangi wisata Pule Payung lumayan banyak.  Apalagi kawasan tersebut memiliki suhu udara cukup sejuk dan kondisi di sana sangat asyik.

Jam Operasional Pule Payung

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke wisata alam Pule Payung ini, bisa berkunjung setiap hari pada kisaran waktu pukul

 

Kesimpulan

Sebelum berkunjung ke Pule Payung, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips berikut ini, agar perjalanan dan aktivita kamu di sana berjalan dengan lancar.

Pertama, pastikan hafal rute jalan agar bisa sampai tempat tepat waktu. Lama perjalanan dari Kota Yogyakarta sekitar 1,5-2 jam.

Kedua, pilih waktu kunjungan saat cuaca cerah. Karena daya tarik utama obyek wisata ini adalah spot foto outdooe kekinian dengan latar pemandnagan alam yang eksotik. Jika cuaca cerah pemandangan yang akan kamu dapatkan akan lebih indah.

Ketiga, gunakanlah pakaian kasual yang modis. Kawasan wisata ini berupa perbukitan. Dngan memakai pakaian kasual, kamu akan lebih mudah bergerak tapa terjatuh dan tetap bisa tampil bagus di depan kamera.

Selanjutnya, pastikan kondisi motor atau mobil yang kamu gunakan dalam keadaan prima layak jalan. Mengingat rute perjalanan menuju ke Pule Payung ini berkelok-kelok dan menanjak.

Nah itu dia beberapa keseruan dan juga informasi lengkap jika kamu ingin berkunjung ke wisata alam Pule Payung. Menyenangkan bukan jika liburan kamu di isi dengan berlibur ke tempat yang akan membuatmu merasakan pengalaman baru yang berkesan?

Jadi, jika kamu berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi wisata alam Pule Payung ini ya, dijamin liburanmu akan menjadi liburan yang akan semakin berkesan. Selamat berlibur.

Paket Wisata di Yogyakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Yogyakarta