Restoran keluarga terbaik – Berlibur tidak lengkap jika tidak disertai wisata kuliner alias makan-makan. Apalagi jika kamu berlibur Bersama keluargamu, moment terbaik adalah berkumpul di satu meja makan Bersama keluarga tercinta.

Jangan sampai lewatkan makan bersama di tempat makan yang enak dan nyaman. Di Jogja tersedia banyak tempat makan yang cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Mulai dari konsep outdoor seperti di taman, sawah atau indoor yang lebih semi formal. Semuanya ada di Jogja.

Dengan rasa yang menggugah selera dan nuansa restoran yang family friendy, membuat kegiatan liburanmu Bersama keluarga lebih hangat dan menyenangkan.

Kalau kamu ingin mencari tempat makan yang cocok untuk keluarga, berikut rekomendasi 15 Restoran Keluarga Terbaik di Jogja versi Labiru Tour.

 

Baca Juga :

Bale Raos

Bale Raos Jogja

Bale Raos Jogja (Cr : Google)

Restoran keluarga terbaik yang pertama adalah Bale Raos. Berlokasi di Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bale Raos Kraton menawarkan sensasi makan ala keluarga kerajaan. Restoran ini memiliki konsep seperti bangunan Kraton Yogyakarta, dengan dinding berwarna putih dan detail bangunan yang di cat hijau – kuning. Selain itu, perabotan dan hiasan yang digunakan juga bernuansa jawa yang khas. Hal ini akan membuat para pengunjung merasa seperti menjadi anggota kerajaan dan tentunya menambah nafsu makan dalam menyantap hidangan serta kudapan yang disajikan.

Bale Raos Kraton menyajikan hidangan khas Keraton, yang merupakan kegemaran para raja zaman dahulu. Meskipun menu yang ditawarkan terlihat mewah namun harganya bisa dibilang bersahabat. Cita rasa makanan yang disajikan benar – benar memiliki rasa rempah jawa yang khas. Selain itu, Bale Raos Kraton memang dimaksudkan untuk melestarikan kebudayaan terutama dibidang kuliner khas Kraton.

Restoran ini menyajikan berbagai menu khas kraton. Meskipun terdengar mewah, namun harga yang ditawarkan masih bisa dibilang bersahabat atau terjangkau.  Untuk makanan utama dibandrol dengan harga Rp. 10.000 – Rp. 85.000, menu kudapan dibandrol dengan harga Rp. 7.500 – Rp. 12.000, menu dessert Rp. 9.000 – Rp. 30.000, dan menu minuman mulai dari Rp. 10.000. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu – waktu seiring dengan perkembangan zaman.

 

Pondok Makan Pelem Golek

Pondok Makan Pelem Golek

Pondok Makan Pelem Golek (Cr : Google)

Restoran keluarga terbaik kedua adalah Pondok Makan Pelem Golek yang berlokasi di Jl. Palagan Tentara Pelajar No.99, Mudal, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Makan bersama keluarga tentunya sangat menyenangkan, apalagi jika di dukung dengan menu dan suasana tempat yang nyaman. Pondok makan pelem golek bisa menjadi alternatif pilihan anda tempat kuliner keluarga yang tepat saat di Jogja.

Ada beberapa pilihan tempat duduk yang bisa membuat kamu bersama keluarga kamu lebih nyaman. Mau Indoor atau outdoor juga bisa. Kamu bisa memilih menggunakan kursi dan duduk bersama keluarga di dalam, atau mau merasakan berada di saung-saung dengan pemandangan sawah dan kolam yang asri juga bisa. Tidak hanya itu duduk lesehan dengan suasana indoor juga tersedia di tempat ini. Sangat nyaman tentunya jika kamu bisa memilih yang sesuai dengan selera dan kebutuhan rombongan yang kamu bawa.

Harga makanan di Pondok Makan Pelem Golek rata-rata mulai dari Rp 35 ribu. Harga minuman di Pondok Makan Pelem Golek rata-rata mulai dari Rp 15 ribu.

 

Gudeg Yu Djum Wijilan

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum (Cr : Google)

Gudeg Wijilan berlokasi di Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg Jogja ini dirintis oleh seorang yang bernama Djuwariyah atau biasa dikenal sebagai sebutan “Yu Djum”. Gudeg Yu Djum ini sudah ada sejak tahun 1951 dan sampai sekarang masih sangat populer. Racikan Gudeg Yu Djum yang memang begitu populer dikalangan warga Yogyakarta. memang rasa Gudeg ini berbeda dengan yang lain, Gudeg ini memang terasa manis dengan aroma yang sangat khas.

Mengenai Jam Operasional / Jam Buka Gudeg Yu Djum dibuka mulai pukul 06.00 hingga pukul 22.00 WIB pada setiap harinya.

Memang Yu Djum sang pendiri Gudeg ini sudah tiada, namun warungnya masih populer sampai sekarang dan sukses menjamur diseluruh Kota Jogja. Selain di Jalan Wijilan, Gudeg Yu Djum membuka cabang ditempat lainnya. Berikut Cabang Gudeg Yu Djum Jogja :

  • Jl Laksda Adisucipto Km 8,7 ( Samping Hotel Sheraton ) Yogyakarta
  • Jl Wates Km 5,5 Ambarketawang Gamping, Sleman, Yogyakarta
  • Jl Raya Jogja – Magelang ( Depan SPBU Baledono )
  • Jl Kaliurang Km 4,5 CT III/22 Karangasem, Mbarek, Yogyakarta
  • Jl Wonosari – Yogya Km 7, Gading, Playen, Gunung Kidul

 

Sekar Kedhaton

Sekar Kedaton

Sekar Kedaton (Cr : Google)

Sekar Kedhaton Restoran berlokasi di Jl. Tegal Gendu No.28, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekar Kedhaton Restaurant merupakan salah satu restaurant terbesar di Yogyakarta yang terletak di Kotagede. Dimana kawasan Kotagede ini biasanya menjadi tempat kunjungan wisata kedua setelah Candi Borobudur. Kotagede terkenal sebagai sentra kerajinan perak didaerah Yogyakarta. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja baik lokal maupun mancanegara selalu ingin mengenal lebih dekat tentang Kotagede.

Menu yang disajikan di antaranya ialah Bakmi Goreng Jawa, Ayam Bakar Kotagede, serta Iga Brongkos. Harga hidangannya cukup bervariasi, antara Rp 30.000 – Rp 100.000.  Setiap liburan, Sekar Kedhaton Restaurant selalu dipenuhi oleh wisatawan. Jika kebetulan sedang berada di Yogyakarta, sesekali kamu pun boleh mampir ke sana.

 

Omah Dhuwur

Omah Dhuwur Restaurant

Omah Dhuwur Restaurant (Cr : Google)

Omah Dhuwur Resto berlokasi di Jl. Mondorakan No.252, Bodon, Jagalan, Kec. Kotagede, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55192. Sebagai salah satu retoran mewah di Jogja tempat ini sangat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sebagai salah satu restoran mewah di kota Jogja, Omah dhuwur menyajikan beraneka ragam menu. Dengan penampilan yang sangat apik khas resto tentu tidak hanya memanjakan lidah akan tetapi juga memanjakan mata kamu. Ada beberapa pilihan area makan di Restauran ini.  Ada area balkon, area prasmanan, dan area semi outdoor yang terdapat bangunan joglo. Harga menu yang tersedia di Omah Dhuwur mulai dari Rp 20.000.

 

Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu (Cr : Google)

Joglo Pari Sewu memang terkenal sebagai wisata kuliner, tetapi juga memiliki spot foto yang Instagramable. Sangat cocok buat kamu yang hobi nongkrong, piknik, dan hobi berburu foto selfie. Suasana di sana sangat adem, dengan view utama berupa sungai yang disertai dengan pepohonan hijau yang rindang.

Adapun beragam spot foto yang bisa kamu gunakan untuk berswafoto mulai dari tempat nongkrong yang dilengkapi dengan lampion-lampion, spot foto sayap burung, wahana air berupa kuda air, pintu ajaib doraemon, boneka beruang, dan properti lainnya. Yang pasti bikin liburanmu asyik banget Pins, perlu kamu coba.

Untuk biaya masuk tidak dikenai biaya alias free bagi para pengunjung. Cukup membeli menu makanan favoritmu dengan harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 30.000.

 

Mang Engking

Mang Engking

Mang Engking (Cr : Google)

Rumah Makan Mang Engking berlokasi di Jl. Soragan No.13, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Suasana nyaman, lesehan dan terkesan seperti rumah makan di pedesaan adalah kesan pertama ketika mengunjungi Gubug Makan Mang Engking.

Rumah makan ala gubug dengan kolam-kolam ikan yang berisi ikan mas akan menyambutmu ketika berkunjung ke rumah makan ini. Meski dinamai gubug, namun spot makan dengan menu andalan berupa seafood ini memiliki popularitas yang sudah tersohor hingga ke luar kota.

Kamu diperbolehkan untuk memilih gubug sendiri baik lesehan maupun gubug dengan tempat duduk. Tentunya gubug yang lesehan memiliki kapasitas lebih besar daripada gubug dengan tempat duduk yang hanya berkapasitas 4 hingga 5 orang saja.

Gubug Makan Mang Engking Depok terkenal akan menu udang bakar madunya yang lezat. Satu porsi udang bakar madu standar berisi tiga tusuk seharga Rp. 95.000.

Udang bakarnya terasa manis dan gak amis, begitupun dengan menu gurameh goreng yang digoreng crispy dan tidak berbau maupun berasa tanah sama sekali.

 

The House of Raminten

Raminten

The House of Raminten (Cr : Google)

The House of Raminten berlokasi di Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

The House of Raminten adalah sebuah restoran dengan atmosfer Jawa yang sangat kental. Makanan yang disajikan di restoran sangat tradisional, mulai dari nasi goreng sampai yang paling khas yaitu nasi kucing (sego kucing).

House of Raminten mengusung tema yang sederhana baik dari makanan maupun tempatnya. Restoran ini memiliki atmosfer dan penataan tempat yang unik. Barang-barang yang menghiasinya juga sangat klasik namun tetap terawat. Hal tersebut adalah salah satu daya tarik dari House of Raminten.

 

Mediterranea Restaurant by Kamil

Mediterranea Restaurant

Mediterranea Restaurant (Cr : Google)

Mediterranea Restaurant  berlokasi di Jl. Tirtodipuran No.24A, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kafe dengan interior minimalis ini, bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menyantap hidangan mewah bersama keluarga atau kekasih. Mediterranea Restaurant by Kamil ini menyajikan beragam menu masakan Eropa, mulai dari pasta hingga rissoto. Tersedia pula aneka dessert dan camilan jika kamu tak ingin makan berat.

Bagi yang penasaran ingin mencoba, silakan datang langsung ke Mediterranea Restaurant by Kamil yang letaknya tak jauh dari Prawirotaman.

 

Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant (Cr : Google)

Abhayagiri berlokasi di Heritage Resort, RT.02/RW.01, Sumberwatu, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Abhayagiri Restaurant bisa menjadi pilihan bila kamu ingin berburu sunset sembari menikmati hidangan yang lezat. Letaknya yang tak jauh dari Candi Ratu Boko membuat pemandangan di sekitar Abhayagiri Restaurant makin menarik untuk dinikmati.

Menu makanan yang ditawarkan di Abhayagiri Restaurant cukup bervariasi, ada masakan western hingga kuliner khas Yogyakarta. Penyajiannya dibuat sekelas resort bintang lima. Untuk harganya sendiri, mulai dari Rp 50.000-an.

 

Canting Restaurant

Canting Restaurant

Canting Restaurant (Cr : Google)

Canting Restaurant berlokasi di Galeria Mall Rooftop, Matahari Galeri Yogya, Jl. Jend. Sudirman No.99-101, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bicara soal rekomendasi restoran mewah di Yogyakarta, maka Canting Restaurant wajib masuk ke dalam lisnya. Sekalipun berlabel restoran mewah, tetapi harga makanan di Canting Restaurant bisa dibilang terjangkau, sekitar Rp 40.000 – Rp 150.000.

Menu-menu yang disajikan cukup beragam, ada camilan hingga hidangan utama. Pilihan hidangan utamanya pun cukup banyak, ada steak, aneka pasta, dan juga masakan Asia. Canting Restaurant buka setiap hari, tetapi jam operasional berbeda tiap hari. Oleh karenanya, lebih baik cek media sosial mereka sebelum berkunjung ke sana.

 

Sixsenses Kitchen

Sixsenses Kitchen

Sixsenses Kitchen (Cr : Google)

Sixsenses Kitchen berlokasi di Jl. DI Panjaitan No.39, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Restoran ini memiliki interior klasik khas Jawa. Uniknya, menu yang disajikan justru dominan western food. Walaupun begitu, ada beberapa menu khas Indonesia seperti rendang wagyu dan iga bakar. Jika suatu ketika kamu bersantap di Sixsenses Kitchen, coba menu steak Australian Tanderloin dan Ravioli Ricotta Spinach-nya. Dua menu tersebut merupakan andalan mereka. Untuk menikmati dua hidangan tersebut, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 89.000 – Rp 200.000. Namun ada pula beberapa menu lain yang harganya lebih terjangkau, misalnya Lasagna Vegetarian.

Rumah Makan Banyu Mili

Rumah Makan Banyu Mili

Rumah Makan Banyu Mili (Cr : Google)

Rumah Makan Banyu Mili berlokasi di Jl. Nusa Indah, Kwarasan, Nogotirto, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat makan keluarga yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Banyu Mili. Tempat makan ini sangat cocok untuk makan bersama rombongan keluarga. Uniknya, tempat makan ini menyediakan kolam renang yang bisa digunakan sembari menunggu makanan tiba. Untuk menunya, tersedia menu seafood, mulai dari udang bakar, kepiting, cumi, dan masih banyak lagi.

 

Warung Watu Gajah

Warung Watoe Gajah

Warung Watoe Gajah (Cr : Google)

Warung Watu Gajah berlokasi di Plumbon, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ingin tempat makan sekaligus liburan? Maka Warung Watoe Gadjah akan cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan penat bersama keluarga di akhir pekan. Restoran ini kami masukkan dalam restoran keluarga terbaik. Dengan nuansa yang tradisional, di sini ada banyak spot makan yang bisa kalian pilih. Bisa duduk di joglo, lesehan diluar ruangan, hingga makan menghadap sawah. Bila kamu ingin ke sini, kamu bisa ke Plumbon, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman.

 

Jejamuran

Jejamuran

Jejamuran (Cr : Google)

Restoran keluarga terbaik yang terakhir adalah Jejamuran berlokasi di Jl. Pendowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka dari jam 09.00 sampai dengan 20.00 WIB. Kalau kesini tidak perlu ragu kehabisan tempat ya. Karena parkiran yang luas sehingga mobil kamu bisa masuk. dan Tempat makanya pun luas dan nyaman.

Hampir semua menu menu yang tersedia berbahan dasar jamur, bahkan ada juga minuman yang rela juga mengandung jamur

Beberapa menu yang sangat digemari adalah jamur goreng tepung oyster, sup jamur, sate jamur, dan tongseng jamur. Kombinasi rasa yang bertebaran di mulut membuat kamu tidak bisa berhenti mengunyah. Dan kamu tidak akan bosan dengan menu yang ada disana. cobain aja semuanya, setiap hari kamu bisa pilih varian yang berbeda.

 

Nah itu tadi 15 Restoran Keluarga Terbaik di Jogja versi Labiru Tour. Sudahkah kamu mengunjungi salah satu dari resto-resto tersebut? Jika sudah ceritakan yaa pengalamanmu di kolom komentar dibawah ini.

Kamu juga bisa lhoo request tempat-tempat makan yang ingin kamu kunjungi dengan konsultasi Bersama Tour Advisor kami. Liburan dengan Labiru pasti mudah, cepat dan menyenangkan 😊