Tour China – Pernahkah Anda membayangkan diri Anda menjelajahi negeri tirai bambu saat musim dingin? China menawarkan pengalaman unik dan tak terlupakan bagi para pelancong yang mencari petualangan musim dingin.

Dari pegunungan yang tertutup salju hingga desa-desa tradisional yang menawan, berikut 4 destinasi winter trip di China yang akan membuat Anda terpesona:

Harbin

Credit: CNN Indonesia

Harbin adalah ibukota provinsi Heilongjiang yang berada di sebelah timur laut Tiongkok atau di tepi selatan Sungai Songhua. Harbin merupakan salah satu kota utama di China karena terdapatnya kawasan industri yang maju sekaligus menjadi pusat ilmiah, ekonomi, budaya, komunikasi dan politik. 

Penduduk yang berasal dari kelompok etnis Han memadati ibukota provinsi Heilongjiang, yang memiliki julukan sebagai kota metropolitan terdingin di China. Harbin memiliki fasilitas transportasi dan infrastruktur kota yang memadai. Hal ini ditunjukkan oleh bangunan modern yang terintegrasi teknologi.

Selain itu, orang juga menyebut Harbin sebagai kota es karena periode musim dinginnya lebih lama dibandingkan dengan kota lainnya. Rentang waktu musim dingin di Harbin berkisar 5-6 bulan, dengan waktu terbit pukul 7 pagi dan terbenam pada pukul 5 sore. Hal tersebut menjadikan Harbin sebagai salah satu kota terdingin di dunia.

Harbin memiliki acara musim dingin yang rutin dilakukan setiap tahun. Musim dingin ini dipengaruhi oleh angin musim dingin Siberia yang mencapai -38,1°Celcius. Festival Internasional Salju dan Es Harbin biasanya menggelar acara musim dingin seperti pameran lampion es di Taman Zhaolin serta penampilan kastil dan seluncur es yang megah. Harbin sangat cocok dipilih untuk destinasi winter trip kamu, lho!

Changbai Mountain

Credit: Study In China

Changbai Mountain atau gunung Changbai merupakan salah satu dari 10 gunung paling populer di Tiongkok. Letaknya berada di tepi tenggara Provinsi Jilin atau berada di perbatasan antara Korea Utara dan Tiongkok. Meskipun sudah tak lagi aktif, gunung Changbai memiliki bentuk lahan vulkanik yang unik dan panorama keindahan alam yang luar biasa. 

Akibat aktivitas vulkanik yang terjadi pada 12 juta tahun yang lalu,, gunung Changbai menyimpan kekayaan alam yang sekaligus menjadi daya tarik wisata populer di China, seperti Tianchi, Air Terjun Changbaisan, Mata Air Julong, Hutan Lembah, Taman Alpen dan Resor Ski Yabuli. 

Waktu terbaik untuk berkunjung pada musim dingin yaitu pada bulan November hingga Januari. Musim semi pada gunung Changbai berlangsung lebih singkat dibandingkan dengan musim dingin. Apabila waktu liburan musim dingin kau telah tiba, jangan lupa untuk menggunakan pakaian hangat, seperti pakaian dalam termal, jaket dan sarung tangan bulu, topi wol dan celana katun. Yuk, masukkan Changbai Mountain dalam list winter trip kamu!

Songhua River

Credit: Tripadvisor

Sungai Songhua merupakan anak sungai terbesar dari Sungai Heilong dan menjadi urutan ke lima sungai terpanjang di Tiongkok. Sungai Songhua memiliki panjang berkisar 1.897 km dengan luas drainase sebesar 545.600km2. Sumber air yang mengalir pada Sungai Songhua adalah danau kawah surgawi yang memiliki ketinggian berkisar 2.189 meter dari puncak Gunung Changbai di Provinsi Jilin, Tiongkok. 

Sungai Songhua akan membeku pada bulan November hingga April. Pengunjung sungai Songhua tidak kalah ramai dengan pengunjung pantai pemandian musim dingin lainnya. Saat Sungai Songhua membeku, orang seringkali menjadikannya taman bermain untuk olahraga es seperti skating, kereta luncur, berenang, dan sebagainya. Wisatawan seringkali menjadikan Sungai Songhua sebagai destinasi wisata musim dingin saat di China. 

Sungai Songhua memiliki kedalaman sekitar 4 meter dan lebar 1 meter. Sungai ini terdiri atas 900 cabang sungai dengan ukuran yang besar dan kecil. Dengan adanya aktivitas wisata musim dingin yang menarik di Songhua River, sungai ini wajib banget kamu singgahi pada winter trip kamu, lho.

Dalian

Credit: Dominik Photography

Dalian adalah kota pelabuhan terbesar di Provinsi Liaoning. Di kota ini, wisatawan dapat melakukan perjalanan ke  Tiger Bay Theme Park, North Bridge, Binhai Road dan lainnya. Jika China menjadi negara pilihan liburan musim dingin, kamu dapat mengunjungi kota Dalian pada akhir bulan November. Pasalnya, di bulan tersebut angina utara mulai berhembus lebih kuat hingga bulan Februari. 

Bulan Desember menjadi bulan terdingin di kota Dalian. Suhu pada bulan tersebut dapat mencapai -1 hingga -3°Celcius. Sehingga wisatawan perlu mempersiapkan pakaian hangat seperti sweater, sarung tangan, sepatu hangat dan mantel saat melakukan aktivitas wisata. 

Kota Daian menawarkan berbagai aktivitas liburan musim dingin, mulai dari kunjungan kebun binatang, mencicipi hidangan musim dingin tradisional khas Tiongkok, menikmati panorama keindahan laut dari Dalian Coastal view point, hiking ke Dalian Jinshitan Scenic Area, seluncur es di Dalian Ice and Snow World dan berjalan santai di sekitar Xinghai Square dengan pemandangan dekorasi lampu musim dingin.

Paket Wisata di Korea

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Korea