Wisata BogorLembah tepus adalah salah satu destinasi alam di Bogor yang berhasil mencuri perhatian banyak orang dengan pesonanya. Siapa yang tidak akan jatuh cinta dengan pemandangan cantik air terjun bertingkat dan airnya yang sebening kristal?

Bukan hanya alamnya saja yang berhasil menarik banyak pengunjung ke Lembah Tepus. Sebuah tempat wisata tentu membutuhkan sarana prasarana  untuk menopang keberlangsungannya sebagai destinasi wisata bukan?

Di Lembah tepus, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan sehingga kamu tidak akan merasa menyesal dan ingin kembali lagi ke Lembah Tepus ini. Mari kita telaah sedikit tentang Lembah Tepus, Lokasi air terjun sebening kristal yang seperti magnet wisatawan ini.

Credit: Catatan Fakta

Daya Tarik

Salah satu daya tarik yang dimiliki air terjun lembah tepus adalah airnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Hal ini membuat kolam yang berada di bawah aliran air terjunnya sering disebut sebagai “Kolam Air Mineral”.

Air terjunnya yang tidak terlalu tinggi dan melewati bebatuan yang mencuat membuat air terjun ini memiliki kontur bertingkat. Tentu saja hal ini menjadi nilai tambah terhadap pesona alami Lembah tepus.

Bukan hanya air terjun dan kolam alami di bawahnya, keadaan alam di sekitar air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri. Terletak di kaki Gunung Halimun membuat keadaan alam di sekitar Lembah Tepus masih sangat asri dan memiliki udara yang sejuk. Jika kamu tidak mau berbasah-basahan berenang di kolam alami Lembah Tepus, kamu bisa duduk bersantai menikmati pemandangan di sekitar air terjun.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi lokasi sekitar air terjun yang disediakan pengelola sebagai lokasi berkemah. Kapan lagi bisa berkemah bersebelahan dengan kolam air mineral bukan?

Lokasi dan Jam Operasi

Lembah Tepus berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya di Pasir Reungit, Gn. Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Kira-kira, Butuh waktu sekitar 90 menit dari pusat kota Bogor untuk sampai ke tempat ini karena jaraknya sejauh 27 KM.

Lembah Tepus adalah lokasi wisata yang dibuka untuk umum sehingga siapapun bisa datang untuk berkunjung dan menikmati keindahan alamnya. Lembah Tepus buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Nah bagaimana? sudah mulai menyesuaikan jadwal kamu untuk berkunjung?

Fasilitas di Lembah Tepus

Lembah tepus dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang datang. Berikut fasilitas yang tersedia di Lembah Tepus yang bisa kamu gunakan selama berkunjung : 

  • Area parkir
  • Shelter, terbuat dari kayu dan tali yang dibentuk seperti jaring-jaring untuk beristirahat
  • Penginapan, Jika kamu ingin merasakan sensasi bermalam di sekitar lembah, kamu bisa mencoba penginapan ini.
  • Spot Foto
  • Camping Area
  • Gazebo dan Saung
  • Tempat menyewa ban dan pelampung
  • Warung makan
  • Toilet dan kamar mandi
  • Mushola

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Lembah tepus masih sangat terjangkau per orangnya. kamu akan dikenai biaya tambahan jika membawa kendaraan pribadi atau ingin memakai lahan perkemahan yang tersedia, tapi biaya yang akan kamu keluarkan sama sekali tidak akan membuat kantong kamu kering. Berikut daftar harga yang harus kamu keluarkan ketika berkunjung ke Lembah Tepus : 

  • Tiket Masuk : Rp10.000,00/orang
  • Parkir motor : Rp5.000,00
  • Parkir mobil : Rp10.000,00
  • Camping / Berkemah : Rp30.000,00

Baca juga: Megahnya 10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Surganya Para Petualang

Cara Mencapai Lembah Tepus

Ada beberapa cara yang bisa kamu pakai jika ingin berkunjung ke Lembah Tepus. Rutenya yang relatif mudah dengan kondisi jalan yang cukup baik dijamin tidak akan membuat kamu kesulitan mencapai air terjun cantik ini.

  • Menggunakan kendaraan pribadi dengan mengakses Tol Jagorawi lalu keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan, lalu arahkan kendaraan kamu ke arah Terminal Bubulak Bogor. Selanjutnya lewat depan Kampus IPB Dermaga hingga bertemu pertigaan Ciampea, Dari sini kamu perlu terus mengambil arah Cikampak dan berbelok ke Jalan Raya Bojong Rangkas ketika sampai di pertigaan Cikampak. Dari sini kamu cukup mengikuti jalan ke arah Gunung Bunder.
  • Menggunakan Transportasi Umum, sebenarnya tidak ada transportasi umum yang langsung bisa sampai ke Lembah Tepus. Namun jika kamu ingin menggunakan pilihan ini, kamu bisa menumpang angkot D03 yang mengarah ke Terminal Bubulak dan turun di Jembatan Merah.Setelahnya kamu harus ganti menumpang angkot jurusan Bubulak-Leuwiliang dan turun di pertigaan Cikampak. Nah dari sini, kamu bisa naik ojek motor hingga Gunung Bunder dan melangjutkan perjalanan ke Lembah Tepus.

Bagaimana? Apa kamu sudah punya rencana kapan akan mengunjungi air terjun indah dengan kolam air mineral ini?

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tempat Camping di Puncak Bogor

Paket Wisata di Bogor

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bogor