Tour Dieng – Siapa yang tidak kenal dengan negeri di atas awan? Sebutan tersebut memang sangat cocok dengan suasana di Dieng.

Tempatnya yang dingin dan berkabut membuatmu seolah-olah berada di negeri dongeng. Maka dari itu banyak orang yang berbondong-bondong datang ke sini untuk melihat langsung keindahan alam di dataran tinggi Dieng. 

Salah satu tempat yang populer dan menjadi incaran para pecinta sunrise adalah Bukit Sikunir. Bahkan pernah disebutkan bahwa bukit ini merupakan salah satu spot untuk melihat golden sunrise terbaik se-Asia Tenggara.

Menakjubkan bukan? Penasaran dengan destinasi wisata yang satu ini? Yuk simak terus artikelnya.

 

 

Lokasi Bukit Sikunir Dieng

Bukit sikunir masih termasuk kawasan Wonosobo-Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat wisata ini cukup mudah, dari Desa Sembungan, kamu tinggal mencari arah ke Bukit Sikunir. Berikut alamat lengkapnya yaitu di Sawah & Hutan, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lebih jelasnya kamu bisa mengakses google maps untuk memandumu menuju ke Bukit Sikunir.

 

Menikmati Golden Sunrise di Bukit Sikunir Dieng

Credit: Ayobandung

Apa kamu tahu apa itu golden sunrise? Golden sunrise merupakan cahaya atau kilauan dari mentari pagi yang baru saja terbit. Bukit Sikunir menjadi salah satu tempat terbaik bagi kamu yang ingin menikmati golden sunrise. Untuk menyaksikan hal ini, kamu perlu melakukan pendakian dari subuh sekitar jam 03.00 WIB. 

Kamu jangan khawatir kalau bukit ini akan sepi di jam tersebut, karena di jam tersebut sudah dipastikan akan banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan keajaiban alam ini.

Jika kamu sudah melihat betapa indahnya golden sunrise dari bukit ini, dijamin rasa lelah dan usaha langsung terbayar. Suasana perbukitan yang masih asri dan udara yang sejuk akan membuatmu semakin betah di sini.

 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Bukit Sikunir buka setiap hari, pada pukul 02.00 – 18.00 WIB. Jadi sangat memungkinkan bagi kamu yang ingin mendaki bukit di subuh hari untuk menikmati golden sunrise.

Sedangkan untuk harga tiket masuk, kamu hanya perlu membayar Rp15.000,00 per orang. Harga yang sangat terjangkau untuk menikmati keindahan alam yang tiada duanya ini.

 

 

Baca juga: 5 Villa Terbaik di Dieng, Cocok Buat Staycation Bareng Keluarga

 

 

Keindahan Telaga Cebong di Bukit Sikunir

Credit: Travelapak

Selain panorama sunrisenya yang menakjubkan, kamu dapat menikmati keindahan dari Telaga Cebong di kawasan wisata Bukit Sikunir.

Telaga Cebong memiliki kedalaman sekitar 2 sampai 4 meter yang dikelilingi oleh tumbuhan dan hamparan rumput yang hijau membuatnya terlihat menakjubkan. Apalagi saat pagi hari, birunya langit akan tercermin di permukaan air telaga.

Menariknya, kamu bisa memancing di sini lho. Namun terdapat larangan keras untuk menangkap ikan dengan jala dan bom untuk menjaga kelestarian telaga beserta ekosistem di dalamnya.

Bagi kamu yang hanya ingin bersantai di tepi telaga dan berswafoto, tempat ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

 

Fasilitas Bukit Sikunir Dieng

Credit: Zoetami

Dalam segi fasilitas, Bukit Sikunir terbilang cukup lengkap. Terdapat tempat parkir yang luas, toilet, tempat sampah, kios makanan, bahkan mushola. Jadi bagi kamu para umat muslim tidak perlu khawatir meninggalkan ibadahmu untuk datang ke sini.

Selain itu makanan di sini juga wajib kamu coba, mulai dari mie ongklok khas Dieng-Wonosobo, tempe kemul (mendoan), dan yang paling menggugah selera adalah semur kentang. 

Kamu akan sering menjumpai semur kentang jika berada di Dieng, hal ini dikarenakan kentang merupakan komoditas utama dari wilayah Dieng.

Cita rasanya yang unik juga disukai banyak orang, perpaduan dari manis dan pedas akan membuatmu tidak ingin berhenti makan. Kentang yang mengandung karbohidrat juga akan memberikan stamina bagi tubuhmu sehingga dapat memberi suntikan energi jika kamu masih ingin berjalan-jalan di kawasan ini.

Paket Wisata di Dieng

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Dieng