Danau di Bali – Pulau Dewata merupakan tujuan wisata utama di Indonesia yang paling populer. Bali memang sangat terkenal dengan wisata bahari atau pantai. Namun jangan salah, Bali memiliki lebih dari itu. Wisata alam Bali pun terkenal indah,  sebut saja kawasan Batur dan Buleleng.

Salah satu tujuan wisata yang paling indah di Bali adalah wisata danaunya. Apalagi dengan suasana khas Bali yang lengkap dengan pura dan unsur budayanya. Langsung saja berikut rekomendasi 5 danau yang paling indah di Bali dan sayang untuk kamu lewatkan.

 

Credit: Traveloka

Danau Batur

Danau Batur adalah sebuah kalder aktif yang terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Batur yang air danaunya kerap kali berubah karena tingginya kandungan belerang dan sumber air panas. Jika dilihat dari atas, danau ini berbentuk seperti bulan sabit.

Menariknya, UNESCO juga menetapkan danau ini sebagai Kawasan Taman Bumi. Area ini terletak dii dataran tinggi di 1.050 mdpl yang juga merupakan danau terbesar di Bali seluas sekitar 16 kilometer per segi demgan kedalaman sekitar 65 meter.

Danau ini terletak di Desa Penelokan Utara, Kintamani, Kabupaten Bangli. Bagi kamu yang menginginkan tempat yang tidak terlalu ramai wisatawan, maka kawasan ini adalah salah satu pilihan terbaik. Fasilitasnya pun cukup lengkap, seperti banyak hotel dan juga restoran yang bisa kamu temukan di area ini.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan banyak objek wisata populer lainnya seperti Pulau Seribu Tengkorak yang dikenal dengan Desa Trunyan. Kamu juga bisa menyaksikan ikon Danau Batur yang melegenda, yaitu Pura Ulun Danu.

 

Credit: Wira Rental Mobil Bali

Danau Beratan Bedugul

Danau ini merupakan salah satu danau paling populer di Bali. Popularitasnya di kalangan wisatawan lokal hingga wisatawan asing sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, masuk dalam salah satu tujuan wisata di Bali yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Kecamatan Baturiti Tabanan.

Danau Beratan Begudul merupakan danau terluas kedua setelah Danau Batur. Letaknya berada diketinggian 1.240 mdpl. Tidak heran jika kamu berkunjung di tempat ini, suasana dan udaranya masih sangat sejuk. Landscape danau seluas 375.6 hektar ini menjadi daya tarik utamanya. B

ahkan, keindahan diabadikan dalam pecahan mata uang 50 ribu rupiah. Saat berkunjung ke danau ini, kamu bisa bersantai menikmati suasana, memancing, atau naik perahu mengelilingi kawasan danau yang dikelilingi oleh lereng bukit dengan pura di tepi danau yang membuatnya terlihat semakin eksotik, terutama saat sore hari.

Dari banyak ikon Bali, kamu akan menemukan tempat ini sebagai salah satu yang terbaik sebagai tempat untuk mengabadikan foto kualitas tinggi sebagai surganya para fotografer.

 

Credit: AyoBali

Danau Tamblingan

Lokasi kedua terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Area Buleleng memang terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Danau Tamblingan dan Danau Buyan yang terletak disebelahnya kerap kali disebut sebagai Danau Kembar.

Danau yang terletak di dataran tinggi ini berfungsi sebagai cagar alam dan budaya. Sayangnya, fasilitas di danau ini masih minim. Meski begitu, tersedia juga penyewaan perahu sampan yang disediakan oleh pihak pengelola dan dapat digunakan untuk berkeliling danau.

Kamu bisa menikmati pemandangan danau sekalian mampir ke beberapa pura yang ada di area danau tersebut, seperti Pura Ulun Danu Tambllingan. Uniknya, karena letak pura yang berada di tepi danau, jika air danau sedang naik, pura tersebut akan tampak seolah-olah mengapung. Bagi kamu yang tertarik dengan cerita misteri, konon terdapat banyak mitos yang beredar di area ini.

 

Credit: NC NetralNews

Danau Buyan

Danau yang terletak di wilayah Bali Utara ini tidak dapat dipungkiri lagi keindahannya. Tempat ini pun sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Danau Buyan adalah danau terbesar ketiga di Bali. Jika kamu ingin mengunjugi wisata danau yang indah namun belum terlalu dipadati wisatawan, kamu bisa memilih danau ini.

Meskipun terkenal, lokasi danau ini cukup jauh dari pusat keramaian kota sehingga juga menjadi pertimbangan banyak wisatawan ketika hendak ke wilayah ini. Suasananya sejuk, tenang, dan segar. Masih alami dengan banyak pepohonan rindang di sekitarnya. Jika beruntung, kamu bisa menemukan gerombolan monyet ekor panjang yang berkeliaran di area ini.

Danau ini tidak hanya indah sebagai salah satu tujuan wisata saja. Setidaknya bagi masyarakat sekitar karena memiliki debit air yang besar, danau ini juga menjadi tempat budidaya ikan untuk dikonsumsi dan juga sebagai sumber irigasi terbaik yang ada di kawasan ini.

 

Credit: Phinemo

Danau Yeh Malet

Danau Yah Malet ini memiliki suasana khas ala Jepang. Awalnya, danau ini sama sekali tidak terawat. Lalu ketika ada mahasiswa KKN yang berinisiatif untuk membersihkan kawasan danau ini sehingga mulai menarik minat banyak wiatawan untuk datang ke tempat ini.

Menurut masyarakat lokal, danau ini sudah ada sejak zaman kerajaan. Dulunya, danau ini berfungsi sebagai tempat penampungan air untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar. Terdapat banyak ecang gondok yang memiliki bunga berwarna ungu-putih yang tampak sangat indah saat bermekaran membuat suasana danau ini sangat indah.

 

Baca Juga:
5 Air Terjun di Bali Terbaik dan Terindah, Mana Si Paling Cinematic?
Rekomendasi Hotel Bintang 5 di Bali Terbaik, View Menakjubkan!

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali