Tour Korea – Negara yang memiliki julukan sebagai Negeri Ginseng ini, juga dikenal akan budayanya yang kaya dan beragam, termasuk wisata kuliner. Bagi umat Muslim, penting sekali untuk memastikan bahwa makanan yang mereka konsumsi sesuai dengan Syariat Islam, meskipun makanan yang ada di Korea terkenal dengan cita rasanya yang unik dan khas.

Beruntungnya saat ini bahwa Korea Selatan semakin ramah terhadap wisatawan khususnya umat Muslim dengan banyaknya restoran dan kafe yang menawarkan makanan halal.

Mulai dari sertifikasi halal, hingga memastikan bahwa proses penyajian makanan tentunya telah memenuhi standar yang ketat agar tidak tercampur dengan bahan non-halal.

Bibimbap

Credit: Knorr

Umumnya, hidangan ini terdiri dari nasi putih yang tersaji dengan berbagai macam sayuran segar dan matang, daging sapi, telur mata sapi, dan saus gochujang. Sayuran yang menjadi pelengkap pada hidangan Bibimbap biasanya sudah termasuk bayam, wortel, tauge, dan lain sebagainya.

Bibimbap tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga sangat bergizi karena mengandung berbagai macam sayuran dan sumber protein yang menjadikannya pilihan menu seimbang untuk dinikmati oleh semua kalangan, termasuk wisatawan Muslim yang sedang mencari pengalaman kuliner otentik di Korea Selatan.

Samgyetang

Hops[dot]id

Hidangan tradisional Korea ini merupakan sup ayam ginseng yang terkenal kaya akan manfaat kesehatan. Biasanya, restoran menyajikan menu ini dengan daging ayam utuh yang berisikan beras atau ketan, ginseng, jujube, bawang putih, dan rempah lainnya. Penjual kemudian merebus ayam tersebut dengan kuah kaldu hingga empuk dan menghasilkan rasa yang meresap sempurna.

Tidak sedikit yang menganggap Samgyetang sebagai hidangan yang menyehatkan karena ginseng di dalamnya yang terkenal mampu meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh. Pada saat musim panas, orang-orang sangat menyukai hidangan ini karena mereka percaya bahwa dapat membantu tubuh tetap kuat selama musim panas.

Beberapa restoran yang telah bersertifikasi halal, tentu akan memudahkan wisatawan Muslim untuk menikmati hidangan tradisional ini tanpa adanya rasa khawatir. Samgyetang, dengan rasanya yang berkaldu dan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, menjadi salah satu menu kuliner yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Korea Selatan.

Bulgogi

Credit: Kompas[dot]com

Hidangan ini terbuat dari irisan tipis daging sapi yang dimarinasi dengan campuran bumbu yang terdiri dari kecap asin, gula, minyak wijen, bawang putih, dan berbagai rempah lainnya. Bumbu marinasi ini biasanya akan menciptakan rasa manis gurih dengan sedikit pedas, sehingga dapat menciptakan kombinasi rasa yang lezat.

Setelah marinasi selesai, kita kemudian memanggang irisan daging sapi hingga matang dan karamelisasi. Biasanya, kita menyantap hidangan ini langsung bersama sayuran pendamping seperti bawang bombay dan selada keriting.

Hidangan Bulgogi tidak hanya populer di kalangan masyarakat Korea saja, tetapi juga menjadi favorit di negara lain karena rasa dan teksturnya yang khas. Bagi wisatawan Muslim yang sedang berkunjung ke Korea, menikmati bulgogi halal merupakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Tteokbokki

Credit: I Am A Food Blog

Tteokbokki menjadi salah satu streetfood paling populer di Korea Selatan karena cita rasanya yang pedas dan bertekstur kenyal. Hidangan ini menggunakan tteok yang terbuat dari tepung beras yang diuleni dan dipotong menjadi silinder kecil.

Kemudian, Tteokbokki dimasak dengan saus gochujang dan seringkali menambahkan bahan pelengkap lain seperti odeng, telur rebus, serta irisan daun bawang di atasnya. Hidangan ini secara luas di tenda-tenda makanan jalanan atau pasar malam, di mana mereka memasak kue beras ini langsung ke dalam wajan besar.

Wisatawan Muslim dapat menemukan Tteokbokki halal di beberapa restoran atau tenda yang sudah bersertifikasi halal, sehingga mereka dapat menikmati makanan pedas ini tanpa rasa khawatir.

Paket Wisata di Korea

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Korea