Tour BromoSiapa sih masyarakat Indonesia yang tidak tahu Gunung Bromo? Meskipun tidak tahu letaknya, tentu saja nama Bromo sendiri sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Bukan hanya masyarakat Indonesia, Gunung Bromo ini juga sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Berkunjung ke kawasan Bromo, kamu tidak hanya dapat melihat berbagai pemandangan spektakuler, tetapi juga bisa menjelajahi kuliner khas Tengger. Apa saja kuliner khas yang wajib dicoba setidaknya sekali saat berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Simak sampai habis ya!

 

 

Keripik Kentang

Credit: Lazada

Terdengar biasa saja namanya, tetapi keripik kentang yang bisa dengan mudah ditemukan di kawasan wisata Bromo ini berwarna putih bersih dan tentu saja, renyah. Selain bisa dimakan langsung, keripik kentang ini bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Keripik kentang ini diolah dan dikemas dengan cara yang masih tradisional sehingga nutrisinya masih terjaga dengan baik. Pengemasannya juga sangat rapi jadi tidak perlu khawatir dengan kualitasnya karena tetap aman bagi kesehatan.

Harga yang perlu dikeluarkan untuk sebungkus keripik kentang ini pun sangat terjangkau dan ramah kantong, dimana kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000,00 per kemasan.

 

Sawut Kabut

Credit: Travelingyuk

Kuliner satu ini juga merupakan kuliner khas yang wajib kamu coba apabila berkunjung ke kawasan Bromo. Kuliner yang juga termasuk jajanan tradisional dari masyarakat Tengger ini terbuat dari singkong yang diparut dan dimasak dengan campuran gula merah dan biasanya dibuat dalam bentuk mengerucut.

Biasanya sawut kabut khas Bromo disajikan dengan berbagai topping seperti potongan daun pandan, taburan kelapa, sagu mutiara merah, siraman gula merah yang kental, bahkan sampai buah murbei hitam. Cita rasa manis dan gurih serta aroma yang khas ini bahkan sudah terkenal sampai wisatawan internasional.

 

Iga Pasir

Credit: Jajahnesia

Udara dingin di kawasan Bromo tentu mengundang selera untuk menyantap sajian panas dan pedas. Salah satu sajian kuliner khas kawasan Bromo yang dapat dicoba untuk memuaskan keinginan tersebut adalah kuliner iga pasir bromo ini.

Walaupun terselip kata pasir pada nama kuliner ini, sebenarnya tidak ada pasir yang ikut disajikan bersama kuliner iga pasir ini. Bahkan, sekilas iga pasir bromo ini mirip dengan olahan iga pada umumnya.

Yang membedakannya hingga membuat kata pasir tersisip pada nama kuliner ini adalah karena pada tungku tempat memasak kuliner ini yang terdapat pasirnya. Cita rasanya yang pedas dan disajikan dalam keadaan panas ini sangat cocok untuk disantap melawan udara dingin kawasan Bromo.

 

Baca Juga : Cafe Bromo Viral, Pemandangan 360 Derajat dan 4 Gunung Sekaligus

 

Nasi Aron

Credit: Luthfiyah Nurlaela

Kuliner lainnya dari kawasan Bromo ini memiliki bahan yang tidak biasa dan berbeda dari nasi pada umumnya. Jika nasi biasanya terbuat dari beras, nasi aron ini terbuat dari jagung berbiji putih yang ditumbuk. 

Nasi aron ini merupakan makanan pokok dari masyarakat tengger lho. Teksturnya yang kenyal sangat cocok jika dipadukan dengan sayur ranti, sayur khas Tengger yang memiliki cita rasa yang agak pahit. Apalagi jika ditambah dengan sambal pedas yang menggugah, dijamin kamu akan ketagihan saat makanannya.

Karena terbuat dari jagung, jenis nasi ini juga memiliki khasiat untuk mengendalikan gula darah. Bukan hanya menjaga, nasi aron ini juga memiliki khasiat untuk melawan diabetes lho. Sangat berkhasiat bukan?

 

Wedang Pokak

Credit: Pigiblog

Credit: Pigiblog

Minuman herbal khas daerah Tengger ini juga merupakan sajian yang wajib dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Minuman yang juga dikenal dengan nama wedang pokak ini biasanya dikemas dalam bentuk sirup.

Wedang pokak terbuat dari berbagai rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, serai, jeruk purut, pandan, juga bunga lawang. Sensasinya yang menghangatkan badan karena mengandung jahe ini sangat cocok untuk diminum di tengah udara dingin kawasan Bromo.

Selain karena sensasi menghangatkan setelah minum wedang pokak, meminum minuman herbal ini juga bagus untuk kesehatan. Rempah-rempah yang terkandung di dalam wedang pokak ini dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit seperti ginjal, rematik, batuk, dan juga pusing kepala.

 

Baca Juga : 12 Wisata Bromo Tengger Semeru, Berburu Spot Ciamik & Sunrise

 

Itu dia beberapa kuliner khas yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke kawasan Bromo. Kira-kira, yang mana kuliner yang paling menarik perhatian kamu?

Paket Wisata di Bromo

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bromo