Lava Tour MerapiYogyakarta memang tak pernah kehabisan bahan untuk menjadi pembicaraan hangat, tidak terkecuali sektor pariwisatanya. Kamu akan menemukan banyak kejutan dan keunikan ketika berlibur di Jogja. Terkenal dengan keunikannya sebagai Daerah Istimewa, perlu diakui bahwa dari berbagai sisi, Jogja memang begitu istimewa.

Bagi wisatawan ataupun pecinta traveling, Jogja memiliki semua yang kamu inginkan. Tata kota Malioboro yang khas dengan sentuhan nuansa klasik Belanda, suasana temaram dan malam yang romantis, warganya yang ramah, fasilitas mewah dengan harga murah meriah, serta berbagai jenis destinasi wisata akan banyak kamu temukan di Jogja. 

Selain sarat akan sejarah, kota ini juga memiliki keindahan alam yang akan membuatmu terkesima. Banyak aktivitas menarik yang patut kamu coba selagi di Jogja. Jika kamu tertarik dengan wisata yang memacu adrenalin, ada nih aktivitas wisata yang sedang populer di Jogja.

Lava Tour Merapi, aktivitas wisata pacu adrenalin yang akan membawamu mengelilingi area kaki Gunung Merapi seperti 

 

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi (Doc. Labiru Tour)

Lokasi, Harga, dan Jam Buka Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi berada di Cangkringan, Kabupaten Sleman bagian utara, Yogyakarta. Tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Kamu bisa berkunjung ke lokasi dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 karena akses menuju kawasan ini sudah cukup baik dan dapat dilalui dengan berbagai jenis kendaraan.

Kamu akan menempuh waktu sekitar setengah jam saja menuju area Jogja Utara ini. Beroperasi setiap hari mulai pukul 04.00 dini hari sampai 15.00 waktu setempat. Datanglah pada waktu dini hari ketika masih sepi pengunjung jika kamu  ingin menikmati hikmatnya suasana sejuk kawasan lereng merapi.

Pengelola Lava Tour Merapi menawarkan berbagai jenis paket wisata menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan wisatawan. Tersedia paket sunrise trip berdurasi tiga jam dengan tarif Rp 450.000,-an per jeep. Short trip dengan durasi setengah jam dengan harga Rp 350.000,-an per jeep berkapasitas empat orang. 

Ada juga paket super long trip yang berdurasi 3-3,5 jam dengan harga mulai Rp 650.000,- per jeep. Tentu paket perjalanan dengan durasi yang lebih panjang akan lebih menyenangkan. Kamu akan dibawa berpetualang seru menyusuri sungai Kalikuning dan diajak mampir ke beberapa destinasi pasca letusan Gunung Merapi seperti Museum Sisa Hartaku dan Bunker Kaliadem. 

Destinasi wisata ini cocok untuk menjadi destinasi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama pasangan, teman, atau keluarga jika kamu merindukan suasana alam yang sejuk dan segar. Tenang, para pemandu dan pengelola di sini sudah sangat profesional dan berpengalaman kok untuk memandu perjalananmu agar tetap aman dan menyenangkan.

 

Kawasan Lereng Merapi (Credit: Indonesia.Travel)

Tips Berlibur di Kawasan Lava Tour Merapi

Pilih Jenis Jeep yang Sesuai Kebutuhan

Pengelola menawarkan berbagai jenis dan merk jeep. Masing-masing memiliki keunggulan dan performa yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu memilih jeep yang sesuai untuk kebutuhanmu agar liburan impianmu lebih menyenangkan. Jika bingung, kamu bisa bertanya kepada pemandu wisata demi kenyamanan dan keamanan rombonganmu. Apalagi jika kamu membawa rombongan besar. 

Pastikan Kondisi Jeep dan Pengaman Baik

Walau bagaimanapun, offroad menyusuri sungai di beberapa medan terjal dan ekstrim merupakan sebuah aktivitas yang menantang. Kamu perlu memastikan bahwa kondisi jeep, pengaman selama perjalanan, hingga supir yang mengendalikan jeep memiliki lisensi yang sah dan berpengalaman. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal tak terduga yang tidak kamu inginkan. 

Rekomendasi Paket Terbaik

Lava Tour Merapi menawarkanmu berbagai pilihan paket. Sunrise Trip merupakan paket yang perlu kamu coba. Datanglah dini hari di saat kondisi kawasan masih sepi wisatawan, kamu dapat menikmati sejuknya udara di sekitar kawasan dan keindahan Gunung Merapi saat bersih dari kabut tebal, dan keindahan matahari terbit yang membuatnya semakin eksotis. Semakin siang, biasanya kabut akan semakin tebal menyelimuti gunung.

Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Suhu dan udara pagi di sekitar kawasan Merapi cukup dingin. Sebaiknya, gunakanlah pakaian hangat dan pastikan kondisi tubuhmu sedang sehat dan prima agar tidak semakin parah karena dinginnya angin dan suhu udara di kawasan ini.

Datanglah di Waktu yang Tepat

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia hingga saat ini. Aktivitas erupsi masih sering terjadi hingga saat ini. Untuk itu, pastikan kamu tidak datang saat kondisi Merapi sedang tidak baik untuk menjaga keselamatanmu. Bahkan, jika sekedar abu, sebaiknya tetap kamu hindari karena akan tidak baik untuk kesehatan pernafasanmu. Kamu bisa menunggu kondisi membaik dan datang di saat yang tepat.

 

Stonehenge Merapi (Credit: GoTravela Indonesia)

Wisata Sekitar Kawasan Gunung Merapi

Selain aktivitas memacu adrenalin seperti jeep merapi, ada banyak objek wisata menarik yang patut kamu kunjungi juga ketika datang ke sini. Hampir semua objek wisata di kawasan Merapi cukup populer di kalangan wisatawan.

Beberapa di antaranya seperti Merapi Park, Bhumi Merapi atau Langlang Buana, Museum Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, Sungai Kaliadem, The World Castle, Stonehenge, Taman Kaliurang, hingga tempat liburan dan kuliner keluarga seperti Ledok Sambi.

Bagi kamu pemburu spot foto instagramable untuk mengisi media sosialmu, wajib berlibur ke kawasan merapi dan mencoba Lava Tour Merapi. Bayangkan, betapa kerennya saat kamu bisa berfoto dengan jeep dan latar Gunung Merapi. Jangan takut kelaparan, banyak kuliner lokal yang bisa kamu coba di sini.

 

Baca Juga: 
Stonehenge, Jogja Rasa Eropa di Kawasan Lereng Merapi
Wisata Edukasi Museum Gunung Merapi Wajib Dikunjungi

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda