Mini Zoo Jogja – Ingin berlibur ke wisata edukasi bersama keluarga dan Si Kecil di Jogja? Kebun binatang bisa menjadi pilihan wisata edukasi keluarga terbaik. Umumnya, kebun binatang memiliki kawasan yang sangat luas sehingga terkadang kamu tidak akan sempat mengekplorasi seluruh kawasan bersama sang buah hati.

Saat ini, banyak konsep mini zoo dengan berbagai konsep interaktif yang berada di dalam objek wisata hingga perhotelan. Kamu tidak hanya dapat menikmati kebun binatang saja. Biasanya tempat-tempat tersebut sudah lengkap dengan fasilitas pedukung seperti spot foto, cafe, restoran, hingga berbagai wahana lain.

Tidak akan membosankan untuk menghabiskan waktu berkunjung ke mini zoo yang menyediakan banyak wahana dan fasilitas lain di satu tempat. Kamu sebagai orang tua pun tidak hanya bisa menemani Si Kecil namun juga bisa ikut menikmati fasilitas lain yang tersedia di mini zoo tersebut.

 

Credit: Eastparc Hotel

Eastparc Mini Zoo

Ingin staycation keluarga ke tempat yang ramah anak? Kamu bisa menginap di salah satu hotel terbaik di Yogyakarta, Eastparc Hotel. Hotel ini memiliki konsep My Eastparc Experience yang unik. Terdapat Fragile Garden merupakan sebuah kebun binatang indoor pertama di Indonesia sebagai sarana edukasi.

Uniknya, lobby hotel pun turut menjelma menjadi mini zoo dengan konsep rumah kaca. Kamu dapat menemukan berbagai jenis hewan seperti kelinci, tupai, burung, hingga iguana. Kamu tidak perlu khawatir saat berinteraksi dengan binatang-binatang tersebut karena ada petugas khusus yang siap siaga mendampingi dan menjaga sang buah hati agar tetap aman dan nyaman.

Untuk dapat mengunjungi mini zoo ini, datanglah antara pukul 08.00 – 11.00 atau 14.00 – 17.00 waktu setempat. Jika kamu berasal dari luar kota, sebaiknya menginap saja di hotel bintang lima ini. Fasilitasnya lengkap dan mewah dengan pelayanan prima pasti akan membuat pengalaman menginapmu bersama keluarga tercinta menjadi nyaman dan semakin menyenangkan.

 

Credit: TribunWiki

Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center

Seperti namanya, Jogja Exotarium mengusung konsep kebun binatang atau taman margasatwa berskala kecil. Kawasan seluas 5 hektar ini memiliki koleksi banyak jenis hewan yang sudah jinak dan tempat permainan ketangkasan. Tedapat 300 satwa yang bisa kamu lihat dan kamu ajak berinteraksi langsung.

Selain itu, terdapat juga berbagai wahana dan fasilitas pelengkap seperti taman terbuka, kolam renang, gazebo, flying fox, ATV, becah kayuh, jeep tour, tubing, berkuda, gerobak sapi, tangkap ikan, hingga wahana outbond anak yang seru.

Waktu buka mini zoo ini mulai pukul 08.30 hingga 16.00 waktu setempat dengan harga tiket masuk sebesar 20.000,- per orang. Tempat wisata edukasi yang menarik untuk mengajak sang buah hati untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Tempat ini memiliki banyak aktivitas menarik yang dapat merangsang daya pembelajaran anak.

 

Credit: Bakpia Mutiara Jogja

Suraloka Interactive Zoo

Ekowisata yang satu ini berlokasi di Kaliurang, arah menuju kawasan wisata Merapi. Tempat ini mengusung konsep mini zoo yang juga lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung seperti berbagai wahana permainan, greenhouse, terapi ikan, zona Augmented Reality (AR), toko souvenir, hingga cafe dan restoran.

Si Kecil dapat melihat berbagai jenis mamalia, unggas, amfibi, resptil dan ikan. Tidak hanya sekedar dapat melihat saja, terdapat Interaktive Station di mana kamu dapat langsng berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada seperti memberi makan atau berfoto bersama.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanannya karena setiap aspeknya sudah memenuhi standart keamanan. Area ini sangat ideal sebagai wisata edukasi interaktif, tidak sebesar kebun binatang pada umumnya yang biasanya memiliki area yang sangat luas. Waktu buka tempat ini mulai pukul 09.00 hingga 17.00 setiap hari.

 

Credit: Travelspromo

Bhumi Merapi

Tempat ini juga masih berada di kawasan Merapi. Objek wisata ini juga viral karena terdapat spot foto ala Santorini, Eropa. Untuk memasuki kawasan Bhumi Merapi, kamu perlu membayar tiket sebesar 30.000,-. Tedapat banyak area satwa mulai dari kelinci, reptil, burung, hingga kuda.

Kamu pun dapat berinteraksi langsung dengan banyak hewan yang ada di tempat iniSelain area mini zoo, di sini juga terdapat banyak spot foto menarik yang cukup luas sehingga puas untuk kamu eksplore. Tempat ini tidak hanya cocok sebagai wisata keluarga saja, banyak juga kalangan milenials yang datang untuk berburu foto menarik yang anti-mainstream.

Tempat ini pun dekat dengan berbagai objek wisata populer yang menarik lainnya di sekitar kawasan Merapi dan Kaliurang. Kamu bisa menyewa villa di kawasan Kaliurang agar puas mengeksplorasi kawasan ini. Jangan lewatkan aktivitas offroad jeep di Lava Tour Merapi, Stonehenge, The Lost World Castle, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga:
Staycation Hemat, Ini Nih Hotel Unik di Jogja yang Affordable tapi Estetik Parah!
One Day Tour Jogja, Seharian di Malioboro Bisa Ngapain Aja?
Bosan Menginap di Hotel? Pilih Penginapan Unik di Jogja Bernuansa Alam Ini

 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi mini zoo yang ada di Kota Yogyakarta. Ada banyak wisata edukasi lain di Yogyakarta, mulai dari yang interaktif seperti Taman Pintar hingga berbagai wisata sejarah yang cocok menjadi tujuan wisata keluarga, terlebih jika kamu membawa anak kecil. Berlibur tidak hanya membiarkan anak senang, namun juga cara belajar yang lebih rileks dan santai.

Berencana ke Jogja bersama keluarga? Atur sendiri perjalanan liburan impian keluarga kamu atau LABIRU TOUR siap membantu merekomendasikan rencana perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Kamu bebas ke mana saja tanpa ribet mengurus perjalanan dan lain-lain. Kami atur semuanya untuk keluargamu. Kamu tinggal liburan tanpa beban dan tetap nyaman.