Oleh – Oleh Khas Lombok – Rasanya sangat tidak afdhol jika berlibur ke kota lain tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut ya? Apalagi jika jauh-jauh ke Pulau Lombok tapi pulang tidak membawa makanan atau barang khas Lombok sebagai kenang-kenangan.

Lombok memiliki jenis oleh-oleh yang unik dan sangat khas. Mulai dari jenis bumbu dapur, jajanan, kerajinan tangan, perhiasan, hingga tenun songket yang terkenal memiliki kualitas bagus dan merupakan salah satu jenis tenun kelas tinggi yang cukup mahal. Ada yang menggunakan benang perak hingga emas juga loh.

Bagi kamu yang sering bingung memilih jenis oleh-oleh yang cocok untuk diberikan kepada keluarga hingga rekan bisnis, Lombok memiliki berbagai jenis pilihan yang cocok untuk masing-masing preferensi orang yang ingin kamu berikan di kota asalmu. Langsung simak jenis oleh-oleh apa saja yang menarik untuk kamu beli.

 

Credit: AntaraNews

Anyaman Ketak

Desa Beleka merupakan desa sentra industri kerajinan tangan tertua dan terbesar di Lombok selain Desa Sukarara yang sudah dikenal dunia dengan hasil tenun ikat dan songketnya yang khas dan berkualitas. Perbedaan utama dari karya yang dihasilkan oleh kedua desa tersebut terletak pada penggunaan khas pernak-pernik anyaman khas Lombok yang disebut dengan Anyaman Ketak.

Kerajinan ini terbuat dari anyaman tanaman liar bernama ketak. Biasanya akan dianyam menjadi tas, wadah, aneka pajangan rumah, kendi, hingga furniture. Tidak hanya bisa berbelanja, kamu juga bisa ikut belajar membuat sendiri produk anyaman ini di tempat ini.

 

Credit: LombokPost

Mutiara Laut dan Air Tawar Sekarbela

Sudah tidak asing lagi jika Lombok terkenal dengan mutiaranya yang elegan dan super cantik? Kamu bisa memilih mutiara laut ataupun mutiara air tawar Sekarbela. Kamu bisa banyak menjumpai pengrajin dan pembudidaya mutiara di kawasan Sekarbela yang berlokasi di Kota Mataram.

Uniknya, mutiaranya tidak cuma berwarna putih. Kamu dapat menemukan jenis mutiara keemasan, hitam, abu-abu, kekuningan, merah mudah, biru, hijau, merah, dan warna-warna cantik lainnya. Mutiara air tawar biasanya berbentuk lonjong dengan pilihan warna yang lebih terbatas. Tertarik berburu mutiara dengan harga yang lebih murah dari pembudidayanya langsung?

 

Credit: Gadiza Lombok

Kendi Maling

Penamaan kendi ini diambil dari bentuknya yang unik karena kamu harus memasukkan airnya dari bagian bawah kendi lalu keluar lewat atas seperti maling. Oleh-oleh ini adalah kerajinan gerabah asli penduduk Desa Banyumelek yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Kamu bisa memilih berbagai motif dengan harga sekitar 100.000-an.

 

Credit: TripCanvasIndonesia

Kerajinan Cukli di Kampung Lendang Re

Kerajinan Cukli ini memiliki nama yang justru cukup tersohor di kancah global loh. Bagi kamu yang belum tahu, maka wajib datang ke Kampung Lendang Re untuk mendapatkan kualitas asli terbaiknya di Lombok. Produk ini memiliki nilai yang tinggi karena pembuatannya terbilang cukup rumit.

Cukli merupakan potongan kulit kerang yang dijadikan hiasan pada kerajianan tangan berbahan kayu. Kerang akan dimasukkan ke dalam pola yang telah dibuat di kayu kemudian dipoles secantik mungkin sehingga menghasilkan berbagai macam motif yang cantik.

 

Credit: TripCanvas Indonesi

Gasing Lombok (Begasingan)

Kamu pasti tidak asing lagi dengan permainan gasing? Kamu bisa membawa gasing Lombok sebagai oleh-oleh untuk keponakan tercinta.

Meskipun permainanan ini cukup tua di kalangan anak jaman sekarang, namun tetap seru untuk dimainkan atau disimpan sebagai kenang-kenangan. Gasing Lombok ini memiliki ukuran besar yang tidak lazim daripada gasing pada umumnya.

 

Credit: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Telur Asin Bakar

Banyak orang yang menyukai telor asing yang biasanya dicampurkan dengan makanan berkuah atau sekedar dicemil saja. Oleh-oleh ini akan sangat cocok untuk kamu berikan kepada siapapun di kota asalmu. Produk ini akan banyak kamu temukan di kawasan Ampenan.

Telur asin bakar ini memiliki tektur yang lebih padat dengan kuning telur yang lebih cerah. Selain itu, telur asin bakar ini juga tidak seasin telur asin pada umumnya dan memiliki aroma asap yang membuat cita rasanya menjadi lebih khas dan menggugah selera.

 

Credit: IDNTimes NTB

Dodol Rumput Laut

Kamu suka olahan rumput laut? Lombok sangat lekat dengan keindahan wisata pantainya. Tidak heran jika salah satu produk terbaiknya berasal dari perairan, yaitu Dodol Rumput Laut. Setiap daerah di Indonesia memiliki khas dodol daerahnya masing-masing.

Nah, Lombok memiliki jenis dodol rumput laut yang cukup unik karena terbuat dari santan dan buah-buahan asli sebagai cita rasa alami. Selain itu, dodol ini juga baik tubuh karena dapat membersihkan toksin dalam tubuh, anti-bakteri, hingga menjaga berat badan ideal kamu. Wah, jajanan ini pasti menarik untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh ke kota asal.

 

Credit: Info Lombok

Tenun Ikat dan Songket Desa Sukarara

Nama Desa Sukarara sudah sangat terkenal dalam industri pariwisata sebagai salah satu penghasil tenun dan songket terbaik di Indonesia. Desa ini menjadi salah satu tujuan wisata wajib oleh banyak wisatawan yang datang berlibur di Lombok.

Oleh-oleh tenun dan songket ini sangat elegan untuk diberikan kepada rekan kerja maupun rekan bisnis. Gaya etnis khas Lombok yang biasa dijadikan sebagai pakaian Suku Sasak sangat khas. Jika mengingingkan kualitas tenun songket premium terbaik, kamu bisa memilih menggunakan benang perak atau emas seharga jutaan rupiah.

 

Credit: Lombok Insider

Minyak Gosok Sumbawa

Oleh-oleh berupa makanan, souvenir, atau pajangan sudah biasa. Bagaimana jika membeli sesuatu yang lebih berguna untuk kesehatan seperti Minyak Gosok Sumbawa?

Minyak gosok ini dibuat dengan menggunakan ramuan rahasia warga Sumbawa yang terkenal ampuh mengobati berbagai penyakit, mengobati luka, keseleo, masalah kejantanan, hingga menyembuhkan patah tulang. Konon, pembuatan minyak gosok ini cukup sakral. Uniknya, ada juga ketentuan seperti hanya boleh dibuat pada bulan Muharram saja dan hanya boleh dibuat oleh seorang pria.

 

Credit: Phinemo

Susu Kuda Liar

Apakah kamu suka minum susu? Mengonsumsi susu sapi sudah sangat biasa, namun bagaimana jika kamu ditawarkan susu kuda liar yang hanya ada di Lombok dan Sumbawa? Meskipun terdengar unik, konon khasiat susu ini pun sangat mujarab dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, menurut penelitian oleh Universitas Jena Jerman, kandungan susu kuda liar ini dapat mengobati radang usus.

 

Credit: Mandalika Post

Permen Susu Kuda Liar & Susu Kerbau Liar Desa Penyaring

Kamu suka olahan susu tapi merasa enek jika harus meminum susu murni? Alternatif adalah Permen Susu Kuda Liar atau Susu Kerbau Liar yang ada di Desa Penyaring. Kamu bisa datang ke desa ini untuk berburu oleh-oleh permen yang unik khas Lombok ini.

 

Credit: KaroGaul

Terasi Lombok, Pasar Kamis

Mendengar kata ‘terasi’ pasti ibu di rumah langsung tertarik. Ada sebuah olahan terasi khas Lombok yang sudah terkenal dengan cita rasa kelezatannya. Pasti akan membuat sambal dan masakan kamu menjadi lebih lezat. Namun, tidak semua toko oleh-oleh menjual jenis terasi ini.

Kamu bisa datang ke toko oleh-oleh yang terkenal besar dan lengkap. Jika ingin lebih mudah, kamu bisa datang saja ke Pasar Kamis di Desa Sukarara untuk mendapatkan terasi khas Lombok ini dengan harga yang lebih murah.

 

Baca Juga:
Nggak Cuma Mandalika, Wisata Sembalun Surganya Panorama di Lombok
5 Pilihan Hotel Lombok Terbaik, Dekat Kawasan Sirkuit Mandalika
5 Cafe Lombok Paling Instagramable, Asik Banget Buat Nongkrong

Paket Wisata di Lombok

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Lombok