Wisata Sembalun – Lombok terkenal dengan kemegahan Gunung Rinjani, keeksotisan pantai, hingga keindahan wisata bahari atau bawah lautnya. Dari wisata bawah laut hingga pegunungan, Lombok memberikanmu panorama dan pengalaman berwisata yang terbaik. Kancahnya di pariwisata global pun tak main-main. 

Tercatat di TripAdvisor yang menempatkan Lombok sebagai tujuan wisata teratas di kalangan wisatawan lokal hingga global. Pemerintah Indonesia menetapkan Lombok sebagai 1 dari 10 destinasi super prioritas yang akan menjadi fokus utama pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. Program tersebut disebut sebgai “10 Bali Baru”.

Harapannya, agar kesepuluh destinasi prioritas ini dapat menyamai bahkan melampaui popularitas Bali menjadi tujuan wisata internasional di kancah global. Mari dukung pengembangan program ini dengan turut mempromosikan wisata lokal prioritas dengan yang menjadi daya tariknya. 

 

Wisata Sembalun (Credit: Indonesia.go.id)

Sekilas tentang Wisata Sembalun

Sembalun adalah sebuah kecamatan di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Terletak di kaki Gunung Rinjani, pemandangan alam di desa ini memang terasa sangat istimewa. Suasana sejuk sejuk alami semakin membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di desa ini.

Desa wisata ini menawarkan banyak hal menarik untuk kamu eksplore. Mulai dari wisata pegunungannya yang juga dikelilingi oleh areal perbukitan batu bak candi, membuatnya menjadi tujuan wisata utama bagi para pecinta camping dan hiking.

Desa ini juga terkenal dengan keindahan sunrise dan sunsetnya. Saat dini hari, terutama pada musim tertentu, desa ini bak negeri di atas awan. Ketika senja tiba, suasana temaram yang romantis langsung merebak bersama sorot mata hari terbenam dari ufuk barat.

Belum lagi panorama persawahan yang akan mengingatkamu dengan imajinasi kamu ketika menggambar saat masih kecil. Tidak heran jika di kawasan ini memiliki banyak objek wisata alam yang sangat indah dan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan saat datang ke Lombok.

 

Desa Beleq (Credit: Phinemo)

Tempat Wisata Sembalun Populer

Kamu akan menemukan banyak daya tarik wisata yang populer di lokasi ini. Mulai dari ekowisata dan aktivitas wisata yang ringan seperti di Kebun Strawberry Sembalun hingga aktivitas luar ruangan yang memacu adrenalin. Berikut beberapa wisata populer yang wajib kamu kunjungi di Sembalun.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Destinasi wajib di Indonesia untuk para pecinta trekking dan hiking. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut. Akses dan medan menuju puncak gunung pun cukup berat dan menantang. 

Bagaimana apakah jiwa petualangmu sudah tergugah untuk datang ke Gunung Rinjani? Bagi kamu yang lebih suka beraktivitas wisata yang santai tapi tetap menyenangkan, tidak perlu mendaki gunung kok. Kamu bisa menikmati panorama sembari piknik di kaki Gunung Rinjani.

Bukit Selong Sembalun

Salah satu wisata yang paling populer di kalangan wisatawan. Bukit yang bisa kamu jadikan sebagai tempat berswafoto dengan latar hamparan sawah berwarna-warni yang dikelilingi oleh perbukitan hijau yang super cinematic.

Desa Beleq

Tidak lengkap jika ke Sembalun namun kamu melewatkan desa adat yang satu ini. Kamu bisa menemukan suasana desa adat yang masih sangat tradisional. Terbuat dari anyaman bambu dan jerami dengan lantai tanah liat yang merupakan campuran dari kotoran kerbau.

Hanya ada 7 rumah adat dan 2 gelang atau rumah khusus untuk penyimpanan benda berharga.

Ada juga sebuah tempat beribadah yang diberi nama Bale Malang dan sebuah batu keramat yang disebut Batu Gumi.

Taman Wisata Pusuk

Dari tempat ini, kamu bisa melihat panorama hamparah sawah yang dikeliling perbukitan. Kamu juga bisa melihat langsung Bukit Pergasingan, Bukit Anak Dara, Bukit Selong, dan Bukit Nanggi dari lokasi ini. Empat bukit tersebut termasuk wisata yang juga populer di Sembalun.

Spot ini terletak di ketinggian 900 mdpl, sehingga kamu dapat melihat view yang cukup luas dari ketinggian ini. Banyak spot foto yang sudah tersedia sehingga kamu dapat berfoto dengan angle ketinggian yang lebih baik.

Wisata Air Terjun Sembalun

Destinasi wisata ini memiliki banyak wisata air terjun yang dapat kamu kunjungi satu per satu dengan pesona yang berbeda antara air terjun satu dengan yang lainnya. Kesejukan alam Sembalun berpadu dengan segarnya kemericik sungai dan megahnya air terjun memberikanmu pengalaman berwisata alam yang menenangkan.

Beberapa yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan seperi Air Terjun Mangku Sakti,  Air Terjun Umar Maya,  Air Terjun Dewi Selendang, Mangku Kodek, dan Air Terjun Telaga Madu. Karakteristik air terjun tersebut rata-rata memiliki debit air yang tidak terlalu tinggi dan memiliki aliran sungai yang cenderung stabil dan aman.

Meski demikian, kamu tetap harus berhati-hati ketika berkunjung ke air terjun, terutama saat musim penghujan. Air bah bisa saja tiba-tiba meluap sebelum kamu sadari. Kalau kamu berkunjung saat musim hujan dan melihat tanda-tanda air mulai naik dan mendung, sebaiknya segera menyingkirlah dari arah aliran air ke tempat yang lebih aman.

Bukit Pergasingan

Bukit ini terletak di ketinggian 1700 mdpl. Kamu dapat menikmati panorama seperti di Bukit Selong dari angle yang berbeda. Keduanya merupakan wisata populer yang banyak menjadi buruan wisatawan.

Lokasi ini juga terkenal dengan spot sunsetnya yang sangat indah. Cocok bagi kamu yang ingin berburu view sunset pada sore hari sembari menikmati indahnya pemandangan alam Sembalun di atas bukit yang sejuk dari ketinggian.

 

Wisata Sembalun (Credit: Liburmulu[dot]com)

Fasilitas Wisata Sembalun

Objek wisata yang ada di Sembalun rata-rata sudah memberikan fasilitas pendukung yang cukup memadai, seperti lahan parkir dan kamar mandi. Beberapa lokasi juga menawarkan wahana adrenalin seperti paragliding. 

Bagi kamu pecinta trekking dan hiking, tidak sulit untuk mendapatkan pemandu dan perlengkapan outdoor di area wisata-wisata tersebut. 

Untuk kebutuhan akomodasi dan kuliner pun mulai banyak dikembangkan di sekitaran kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan sekitarnya mengingat banyaknya wisatawan yang berkunung ke Sembalun.

Lokasi dan Rute Wisata Sembalun

Berlokasi di Lombok Timur, cukup jauh memang dari pusat Kota Mataram. Kamu perlu menempuh waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam menggunakan kendaraan pribadi. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus, namun memakan waktu yang lebih lama, sekitar 3,5 jam untuk sampai lokasi.

Akses dan rute menuju Sembalun cenderung berkelok-kelok dan banyak jalan dengan medan menanjak dan turunan yang cukup tajam. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima dan persiapkan obat anti mabuk jika kamu menggunakan kendaraan umum. 

Jika kamu menikmati perjalanan sebenarnya tidak akan terasa begitu lama. Sepanjang perjalananmu akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang luar biasa seperti hamparan persawahan dan perbukitan yang sangat indah.

Tarif dan Jam Operasional Wisata Sembalun

Untuk tarif wisata di Sembalun cukup terjangkau, mulai dari Rp 3000,- hingga Rp 15.000,- per orang belum termasuk parkir. Sedangkan untuk jam operasional wisata, rata-rata buka pada pukul 07.00-17.00 waktu setempat.

 

Baca Juga:
10 Wisata Kuliner di Lombok Yang Wajib Kalian Cicipi
10 Resort Terbaik di Lombok Harga Murah Dekat Pantai

Lombok memiliki banyak objek wisata yang tak ada habisnya untuk kamu eksplore. LABIRU rekomendasikan beberapa lokasi wisata yang biasanya banyak diminati oleh wisatawan dengan berbagai alasan.

Jika kamu ingin merencanakan liburanmu bersama pasangan, keluarga, atau perusahaan, LABIRU siap mempersiapkan liburanmu ke destinasi terbaik sesuai liburan impianmu.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda