Pantai Glagah Kulon Progo- Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai banyak sekali destinasi pantai. Pantai-pantai ini tersebar di beberapa kabupaten yaitu Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo. Diantara ketiga kabupaten tersebut, Bantul dan Gunung Kidul masih menjadi destinasi favorit untuk berlibur ke pantai.

Kabupaten Bantul menjadi favorit wisata pantai dikarenakan lokasi nya yang mudah dijangkau dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jogja. Sedangkan Kabupaten Gunung Kidul menjadi favorit dikarenakan pantai-pantainya berpasir putih dengan ombak yang biru cantik.

Walaupun tidak menjadi destinasi utama untuk wisata pantainya, Kabupaten Kulon Progo juga memiliki pantai yang menjadi unggulan yang Bernama Pantai Glagah. Pantai Glagah cukup menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo. Seakan tidak mau kalah dengan pantai-pantai lainnya, saat musim liburan pun pantai ini ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai ini mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dari pantai-pantai lainnya yang membuatnya menjadi unik. Ciri khas tersebut adalah adanya beton-beton pemecah ombak.

Seperti apa Pantai Glagah tersebut? Baca artikel ini sampai habis yaaa

 

Lokasi

Pantai Glagah berlokasi di Kulon Progo Yogyakarta. Tepatnya berada di Kecamatan Temon, Kulon Progo kira-kira 10 Km dari kota Wates dan kurang lebih 2 km dari jalan raya Jogja – Jakarta.

Lokasi Pantai Glagah sendiri terbilang mudah untuk dijangkau, akses jalan menuju ke pantai ini juga terbilang bagus dengan jalan raya Wates yang sudah beraspal halus.

Untuk memudahkan kamu menuju Pantai Glagah, kamu bisa membuka Google Maps dengan kata kunci “Pantai Glagah” atau bisa klik https://maps.app.goo.gl/dyrYdK8CqGDJHFik9

Pantai Glagah

Pantai Glagah Yogyakarta (Cr : Google)

Daya Tarik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai Glagah mempunyai beberapa daya tarik yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya di Yogyakarta.

Yang pertama adanya daya tarik berupa beton pemecah ombak/ tetrapod yang ada di pinggiran pantai dan di pinggiran dermaga. Beton ini berfungsi untuk mencegah abrasi oleh ombak pantai. Seperti yang kita tahu bahwa ombak pantai selatan terbilang cukup besar.

Beton-beton ini berwarna putih keabu-abuan yang cukup keren untuk dijadikan sebagai background foto instagramable. Didukung dengan dempuran ombak yang lumayan besar membuat foto semakin aesthetic terkena cipratan air. Namun ingat, tetap harus hati-hati dan waspada selama berfoto-foto disana.

Daya tarik yang kedua adalah adanya laguna di pantai ini. Laguna ini berada di utara pantai, hanya beberapa meter dari pantai. Laguna ini begitu indah sehingga dimanfaatkan juga menjadi destinasi wisata. Disana ada perahu dan juga sepeda bebek yang bisa disewa untuk mengelilingi laguna tersebut.

Laguna Pantai Glagah

Laguna Pantai Glagah (Cr : Google)

Pantai Glagah

Beton pemecah ombak (Cr : Google)

 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Wisata Pantai Glagah buka setiap hari selama 24 jam. Jadi kamu dapat menikmati sunrise dan sunset disini kapan saja. Untuk biaya masuk tidaklah mahal yaitu sebesar Rp 5.000 per orang, wisatawan bisa menjelajahi Pantai Glagah sepuasnya. Biaya parkir untuk kendaraan berbeda-beda, seperti biaya parkir bus sebesar Rp 20.000, roda empat sebesar Rp 10.000, dan roda dua sebesar Rp 3.000.

Lokasi Pantai Glagah

Lokasi Pantai Glagah (Cr : Google)

Baca Juga :

Fasilitas

Pantai Glagah memiliki fasilitas yang cukup lengkap sebagai tempat wisata pantai. Terdapat area parkir yang cukup luas, toilet dan mushola. Ada juga warung-warung yang menjual berbagai makanan laut dan makanan khas Kulon Progo. Ada juga toko-toko yang menjual pakaian berciri khas Pantai Glagah.

Fasilitas hiburan lainnya adalah taman bunga, namun taman bunga ini bersifat musiman. Saat musimnya, akan dipenuhi dengan berbagai macam bunga seperti bunga matahari dan bunga jengger. Ada juga wahana perahu dan sepeda bebek di laguna Pantai Glagah.

Warung Pantai Glagah

Warung Pantai Glagah (Cr : Google)

 

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Pantai Glagah

Tips Berkunjung (Cr : Google)

Supaya liburan ke Pantai Glagah semakin seru dan berkesan, terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Pengunjung dianjurkan datang ke pantai ketika cuaca cerah. Waktu tersebut menjadi yang terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Glagah.
  2. Untuk menikmati keindahan pantai dengan maksimal, pengunjung bisa menyewa beragam jenis perahu yang tersedia.
  3. Selalu jaga kebersihan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh petugas berwenang di Pantai Glagah.
  4. Bawa perlengkapan mandi dan baju ganti jika ingin berenang di pantai.
  5. Jangan lupa menyiapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen seru di pantai.

Nah itu tadi informasi dan sekilas gambaran dari Pantai Glagah. Pantai Glagah sangat menarik untuk dikunjungi. Panorama alamnya yang menakjubkan dan juga didukung fasilitas memadai menjadi poin tambah. Jadi tunggu apalagi? Ayo liburan ke Pantai Glagah 😊

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda