Wisata Bandung Selatan – Setelah kita membahas tempat wisata di Lembang Bandung atau Bandung Utara, kini saya akan memberikan sedikit informasi lagi mengenai tempat wisata yang berada di bandung selatan.

Bandung selatan terkenal akan keindah alamnya, di sana terdapat banyak sekali tempat wisata alam yang indah. Nah buat temen – temen yang tertarik liburan di bandung selatan, kami team Labirutour memiliki Paket Liburan Bandung Lengkap cek Disini!

Baca Juga: 40 Tempat Wisata Terbaru di Bandung Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

Berikut 12 Tempat Wisata di “Bandung Selatan” yang Wajib Kalian Kunjungi.

Kawah Putih Ciwidey

liburan di bandung selatan

Pemandangan indah di Kawah Putih Bandung

Nah Kawah Putih Ciwidey sering di sebut Kawah Putih Bandung terletak di desa Sugih, Kecamatan Pasir Jambu. tempat wisata Kawah Putih merupakan sebuah danau kawah dari gunung Patuhan dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Kawah ini merupakan salah satu kawah dengan keasaman belerang tertinggi yang ada di dunia.

Keunikan objek wisata di Bandung Selatan ini adalah kawahnya yang berwarna putih, bisa berubah sesuai dengan kadar Belerang yang ada di dalam air kawah, dari putih, kehijauan sampai dengan coklat.

Warna kawah juga kadang mempengaruhi warna tebing batu yang ada di depannya karna pengaruh refraksi cahaya, warna – warna ini sangat indah untuk diabadikan dalam sebuah foto. Udara disini sangat dingin bahkan bisa mencapai 0- 2 derajat celius di musim – musim tertentu.

Memasuki kawasan kawah putih anda akan menuruni beberapa anak tangga menuju kawah, perlu diperhatikan bahwa kadar belerang di kawah ini cukup tinggi sehingga membuat anda sedikit tidak nyaman saat bernapas, sebaiknya bawahlah masker / syal atau sapu tangan, atau anda dapat membeli alat penitup hidung yang banyak di jajakan oleh pedagang asongan.

Situ Patenggang

liburan di bandung selatan

Panorama alam yang mengagumkan Situ Patenggang

Destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Bandung Selatan yakni Situ atau Danau Patenggang. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan danau yang luas lengkap dengan beragam flora maupun fauna yang unik. Selain itu, terdapat pula fasilitas lain yang ada di dalamnya, seperti toko oleh-oleh, penginapan, lahan parkir, pemandian air panas, outbond, dan masih banyak lagi yang lain. liburan di bandung selatan

Keunikan dari destinasi wisata ini yakni adanya “Batu Cinta”. Benda ini dijadikan oleh para penduduk sekitar dan wisatawan sebagai bentuk kasih sayang antara dua pasangan. Jadi tidak heran di Bulan Februari bertepatan dengan hari Valentine, kawasan ini sangat ramai dikunjungi oleh para turis.

Pemandian Air Panas Cimanggu

liburan di bandung selatan

Potret wisatawan bermain air di Pemandian Air Panas Cimanggu

Selain dapat menikmati pesona alam Kawah Putih, di daerah Ciwidey Anda juga bisa mengunjungi wisata lainnya yang dikenal dengan nama pemandian air panas Cimanggu. Wisata alam yang lebih aman ini dikelilingi pohon-pohon besar serta aneka satwa liar. Terdapat pula pohon langka di sekitar pemandian seperti pohon Rasamala dan Baros.

Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat dari kegiatan rutin sehari-hari. Dengan mandi di air panas ini, Anda akan merasakan relax dan pegal-pegal di badan jadi hilang. Usahakan datang lebih awal agar dapat menikmati suasana hening khas pegunungnan.

Ranca Upas

liburan di bandung selatan

Salah satu bumi perkemahan yang masih sangat begitu asri di Ranca Upas

Jika ingin berlibur bersama keluarga di daerah Bandung Selatan, Ranca Upas bisa jadi objek wisata yang patut dikunjungi. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, beragam flora dan fauna, serta tempat penginapan yang unik dan nyaman. Saking indahnya pemandangan di sekitar Ranca Upas, sering kali tempat ini laris manis bagi pasangan yang ingin melangsungkan foto prewedding

Selain itu, Anda juga bisa menikmati ragam wahana wisata seperti pemandian, outbond, toko oleh-oleh, hingga warung makan yang menyediakan menu tradisional khas Sunda. Jika ingin menikmati suasana alam, Anda juga diperbolehkan membangun tenda. Terdapat pula penyewaan tenda di sekitaran Ranca Upas yang bisa Anda pakai.

Baca: 30 Tempat WISATA ALAM di Bandung Terbaru Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

Kebun Strawberry Ciwidey

liburan di bandung selatan

Potret buah Strawberry yang sudah matang

Karena terletak di daerah pegunungan, tak heran jika wilayah Bandung Selatan didominasi perkebunan. Salah satunya yakni Kebun Stroberi Ciwidey. Tempat wisata ini juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain Anda juga bisa belajar langsung dari petani mulai bercocok tanam, merawat kebun stroberi, Anda juga bisa memetik buah stroberi langsung dan membelinya untuk dijadikan buah tangan keluarga di rumah atau teman-teman. Satu kilonya dipatok mulai dari harga Rp.50.000 – Rp75.000.

Bukit Jamur

liburan di bandung selatan

Pepohonan yang tumbuh menyerupai sebuah jamur raksasa

Tempat wisata di daerah Bandung Selatan terakhir yang juga ramai dikunjungi para wisatawan adalah Bukit Jamur. Terletak di Ciwidey, destinasi wisata yang termasuk baru ini memiliki keunikan dari spot-spot foto yang instagramable. Kawasan ini juga biasanya dijadikan tempat swafoto seperti prewed untuk para pasangan yang ingin menikah.

Keunikan lainnya dari tempat wisata ini memang terletak pada pohon-pohon besar yang banyak tersebar. Jika diamati, pohon-pohon tersebut sepintas memang mirip dengan bentuk jamur yang besar atau raksasa. Itulah yang membuat banyak para pengunjung memanfaatkan spot tersebut untuk mengambil foto

Perkebunan Teh Rencabali

liburan di bandung selatan

Pemandangan alam yang sungguh luar biasa di Kebun Teh Rencabali

Wisata daerah Bandung Selatan memang terkenal dengan wisata perkebunan. Salah satu yang menjadi destinasi favorit jika berkunjung daerah Ciwidey adalah Perkebunan Teh Ranca Bali.

Terletak di ketinggian 1.628 mdpl, perkebunan ini menawarkan pemandangan pepohonan teh yang terhampar rapi dengan udara yang sejuk. liburan di bandung seletan

Saat menuju ke kawasan yang terletak tak jauh dari Kawah Putih dan Bumi Perekemahan Ranca Upas ini, Anda akan disuguhi dengan jalanan yang berkelok dan berbukit-bukit.

Ciwidey Valley Resort

Pemandangan alam Ciwidey Valley Resort

Tempat wisata Bandung selanjutnya ini menawarkan paket komplet untuk liburanmu. Ciwidey Valley Resort siap memanjakanmu yang menginginkan kolam air hangat namun juga ada water park yang bisa dimanfaatkan untuk bermain anak-anak. liburan di bandung seletan

Selain itu, Ciwidey Valley Resort ini menyediakan juga camping ground bagi kamu yang menyukai petualangan di alam terbuka atau saat bosan dengan berendam air panas. Kamu yang berencana menginap pun bisa mencoba cottage yang ada. Harga tiket masuknya sendiri adalah 10 ribu dengan tambahan 40 ribu untuk tiket kolam renang.

Barusen Hills Ciwidey

Salah satu kebun bunga yang ada di Bandung Selatan

Ingin mengabadikan momen di taman bunga saat liburan di tempat wisata Bandung Selatan? Jika iya, kamu bisa mengunjungi Barusen Hills Ciwidey. Tempat wisata ini menyediakan taman dengan nama Barusan Garden sebagai spot berfoto-foto. liburan di bandung seletan

Salah satu lokasi favorit para wisatawan yang datang adalah taman bungan dengan bentuk hati. Puas mengabadikan momen, kamu bisa menikmati fasilitas yang ada seperti wisata petualangan, kolam renang, dan tempat bermain anak. Harga tiket masuk dibanderol 20 ribu dengan 10 ribu untuk kolam renangnya.

Kawah Cibuni Rengganis

Pemandangan luar biasa Kawah Rengganis

Nah, tempat wisata Bandung selatan terakhir ini ada Kawah Cibuni Rengganis. Diberi nama tersebut karena sesuai dengan nama daerahnya yaitu Cibuni. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah kawahnya yang terbentuk dari proses alam yaitu meletusnya gunung sunda purba jutaan tahun yang lalu.

Tidak kalah dengan Kawah Putih, kamu pun bisa berfoto-foto dengan background pemandangan yang asri selama berada di sini. Untuk masuk ke Kawah Cibuni Rengganis, kamu hanya mengeluarkan uang sebesar 5 ribu per orangnya dengan jam buka mulai dari 8 pagi hingga 5 sore. liburan di bandung seletan

Perkebunan Teh Gambung

Kebuh teh yang ada di Bandung Selatan

Perkebunan Teh Gambung masih dalam lingkungan tempat wisata bandung selatan. Disini selain sebagai seuah agroindustri yang di kelola untuk di jadikan tujuan agrowisata yang alami. Salah satunya adalah dengan adanya wisata ngebekong.

Kata ngebekong adalah istilah dari bahasa sunda yang artinya menyimpan tanaman – tanaman muda sebelum di tanamam ke ladang. Yang menyusun atraksi wisata semacam ini adalah rumah pintar satoe dan pusat penelitian teh serta kina gambung (teh research institute for tea and cinchona) yang akan mengajak anak – anak untuk menelusuri bagaimana prosessi bercocok tanam teh secara kusus dan lebih mendetail. liburan di bandung seletan

Dengan program ini anak – anak akan di kenalkan bagaimana sayuran yang bisa mereka konsumsi dapat tumbuh dan berkembang. Yaitu dari proses benih, penanaman di ladang dan kebun sayuran, di petik atau atau pemanennan sampai pada simulasi jual beli antara seorang petani dan pembeli, pas bangat sebagai tempat wisata anak di bandung selatan.

Glamping Lakaside

Potret kapal buatan di Glamping Lakaside

Kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di sini adalah berbagai aktivitas seru seperti wisata outbound paintball, rafting, fun Offroad, sepeda gunung, memancing ikan, petik buah strawberry, serta tea walk dan kunjungan ke pabrik teh.

Glamping Lakeside berada di Situ Patengan, Jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. liburan di bandung seletan

Baca Juga: Tempat Wisata di Lembang Bandung / Bandung Selatan

Nah itulah tadi 12 Tempat Liburan di Bandung Selatan yang bisa kalian kunjungi. Selain itu  buat kalian yang punya agenda liburan ke bandung dan nggak mau repot mempersiapkan jadwal liburan, tenang kami Team Lbirutour siap membantu dengan menawarkan paket liburan mulai dari paket liburan Bandung 3H2M, 2H1M, hingga Paket Custom.

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung