Tempat Angker Semarang – Mengujungi tempat-tempat wisata untuk menikmati keindahannya sudah biasa. Bagaimana dengan mengunjungi tempat wisata untuk merasakan sensari berbeda dari biasanya?

Indonesia merupakan sebuah negara yang di banyak daerahnya masih menganut kebudayaan atau adat istiadat lama, termasuk berbagai jenis mitos yang mengikutinya dari zaman ke zaman secara turun temurun. Meskipun sorak kehidupan modern sudah sangat berbeda saat ini, tidak turut melunturkan berbagai kepercayaan terhadap mitos-mitos atau hal-hal mistis yang ada di sekitarnya.

Semarang termasuk salah satu kota besar paling tua di Indonesia yang memiliki banyak tempat bersejarah yang masih utuh dan justru menjadi semakin ikonik saat ini. Jika tertarik untuk merasakan sensasi horror di Semarang, beberapa tempat ini bisa menjadi referensi pilihan terbaikmu.

 

Credit: Wikipedia

Lawang Sewu

Siapa yang tidak tahu salah satu tempat bersejarah paling paling populer di Semarang ini? Objek wisata ini memang sudah sejak lama dikenal angker. Lawang Sewu berarti memiliki 1000 pintu. Bahkan, banyak diangkat menjadi latar film horror sejak dulu.

Jika kamu ingin merasakan sensasi berada di dunia perhatuan lokal, kamu bisa datang ke tempat ini. Konon, sering ada penampakan berbagai jenis hantu lokal seperti genderuwo, kuntilanak hingga hantu Belanda seperti noni – noni dan tentara Belanda. Ada banyak lorong-lorong dan ruang-ruang kosong dan gelap yang semakin membuatmu bergidik ngeri saat berada di gedung ini sendirian atau saat sedang sepi pengunjung.

 

Credit: Larismanis

Benteng Pendem

Lokasi berikutnya berada di daerah Bugisari, Lodoyong, Kecamantan Ambarawa, Semarang. Tepatnya di belakang Rumah Sakit Umum Ambarawa. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat bersejarah yang erat hubungannya dengan zaman penjajahan dulu.

Benteng klasik khas Eropa yang sudah berlumut dan terbengkalai membuat suasana horor di tempat ini semakin kuat. Meski begitu, tempat ini sangatlah instagramable. Kamu akan mendapat latar dengan kesan vintage yang sangat berkelas dan estetik. Jadi, kamu tertarik untuk berfoto atau menjelajahi tempat ini?

 

Credit: Suara Nusantara

Rawa Pening

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama danau ini, yaitu Rawa Pening. Sebuah kawasan yang memiliki cerita rakyat atau legenda populer di nusantara. Konon, sebuah cerita mengenai Baru Klinthing yang menenggelamkan desa di masa lalu sehingga terbentuklah danau ini.

Oleh karena itu, sebagai sebuah tempat dengan tragedi besar di masa lalu selalu erat dikaitkan dengan berbagai cerita mistis. Salah satu cerita paling populer adalah penampakan Naga Baru Klinthing yang kerap muncul dan menampakkan diri kepada warga sekitar. Warga pun percaya bahwa naga itu adalah penunggu kawasan Rawa Pening. Tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

 

Credit: Travelspromo

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran merupakan salah satu gunung yang populer di kalangan pendaki pemula. Tidak hanya daya tarik keindahan alamnya saja yang populer di kawasan. Gunung ini dikenal sebagai salah satu tempat angker di Semarang.

Banyak cerita mistis yang turut mewarnai kepercayaan ini. Banyak juga cerita dari para pendaki yang bermunculan dengan cerita dan pengalaman mistis seperti adanya pohon yang tertutup bayangan hitam dan kejadian – kejadian aneh yang sulit dijelaskan secara nalar. Meski begitu, daya tarik gunung ini tidak turut membuat surut kunjungan dari para pendaki dan wisatawan.

 

Credit: Merdeka

Marabunta

Tempat selanjutnya terletak di Jalan Cendrawasih nomor 23, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini memiliki arsitektur dan bentuk unik sehingga banyak mengundang rasa penasaran para wisatawan.

Gedung klasik khas Eropa ini terasa menarik perhatian karena keunikannya. Tempat ini dulunya merupakan tempat pagelaran atau pertunjukkan seni balet pada zaman Belanda. Konon, terdapat salah satu tragedi mengerikan yang pernah terjadi, yaitu penari balet bernama Margaretha yang dihukum mati.

 

Credit: KontenPedia

Tugu Soeharto

Jika kamu berkunjung ke Semarang, kamu bisa mengunjungi Tugu Soeharto yang berada di Jalan Menoreh Raya, Bendan Duwur, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Area ini juga merupakan salah satu tempat bersejarah yang erat kaitannya dengan Belanda.

Kamu bisa merasakan sensasi klasik yang masih sangat tersasa di tempat ini. Ada banyak kisah mistis yang beredar di masyarakat Semarang. Konon, tempat ini memiliki banyak hewan gaib seperti buaya putih dan monyet. Pada satu Suro, tempat ini juga kerap menjadi tempat diadakan ritual kungkum.

 

Credit: Solopos

Hotel Siranda

Salah satu tempat angker di Semarang yang banyak menarik rasa penasaran wisatawan adalah Hotel Siranda. Hotel kosong ini berlokasi di Jalan Diponegoro, nomor 1, Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Saat ini, hotel ini sudah tidak beroperasi karena sepi pengunjung setelah terjadinya sebuah tragedi pembunuhan seorang wanita di masa lalu. Setelah tempat ini menjadi TKP pembunuhan, lama kelamaan sepi pengunjung, hingga pada akhirnya berhenti beroperasi dan menjadi tempat terbengkalai yang semakin mengundang banyak cerita seram.

 

Candi Gedong Songo

Semarang merupakan salah satu kota wisata yang memilik banyak objek wisata, terutama tempat-tempat bersejarah yang memiliki banyak latar belakang cerita yang menarik. Bagi kamu pecinta fotografi atau sekedar ingin berburu foto estetik dan instagramable, tempat ini adalah salah satu lokasi terbaik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Selain daya tarik keindahannya, kamu juga akan disuguhkan oleh sisi lain dari Candi Gedong Songo, yaitu cerita mistis dibalik kawasan ini. Konon, ada pengunjung yang pernah mengalami kerasukan hingga tanpa sengaja masuk ke pasar gaib yang berada di kawasan tersebut.

 

Credit: Tribun Jateng

Hutan Tinjomoyo

Hutan merupakan sebuah tempat paling alami sekaligus paling liar di bumi ini. Terlepas dari ketenangannya, hutan juga kerap dikaitkan dengan berbagai cerita mistis. Tidak heran, mengingat hutan merupakan salah satu tempat yang paling jarang tersentuh manusia.

Meskipun Kota Semarang sudah termasuk salah satu kota besar di Indonesia, masih ada banyak hutan yang berada di kota ini. Salah satunya adalah Hutan Tinjomoyo. Konon, gerbang masuk menuju kawasan hutan ini dijaga oleh gumpalan api. Hutan ini semakin dianggap angker karena terdapat kasus pembunuhan yang tak terpecahkan bahkan hingga sekarang.

 

Credit: PinPoint

Hotel Sky Garden

Satu lagi hotel angker yang berada di Kota Semarang, bernama Hotel Sky Garden. Bagi warga lokal, nama hotel ini sudah tidak asing lagi sebagai tempat yang dianggap angker oleh warga sekitar. Hotel ini sudah populer sejak lama, bahkan sejak pendudukan Belanda di Semarang.

Hotel ini sampai memiliki julukan kerajaan setan. Pasalnya, sangat banyak cerita mistis yang beredar dan membuat tempat ini menjadi semakin terkenal angker.

Baca Juga:
Rekomendasi 10 Cafe Semarang Hits yang Estetik dan Instagramable
12 Tempat Angker di Jogja Ini Terkenal Banget, Berani ke Sini?

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang