Tempat Makan Wonosobo – Dieng merupakan daerah wisata paling terkenal di area Wonosobo. Terdapat sebuah candi paling terkenal di area ini yaitu Candi Arjuna. Tidak hanya memiliki keragaman budaya, wisata alam dan pegunungan yang menarik, Wonosobo juga menyuguhkan berbagai kuliner lezat yang bisa kamu santap saat ke daerah ini.

Dataran Tinggi Dieng memiliki udara yang cenderung lebih dingin karena berada dekat kawasan pegunungan. Apalagi ketika pagi hari, kota ini terlihat seperti negeri di atas awan. Bahkan, ketika kamu sedang berada di jalanan pun jarak pandang akibat kabut cukup dekat.

Selain tujuan ke Dieng, wisatawan yang datang ke daerah ini biasanya adalah pendaki gunung. Jika kamu berkunjung ke Dieng, berikut rekomendasi tempat makan di Dieng yang terkenal enak dan juga tidak menguras kantong.

 

Credit: Libur[dot]co

Rumah Makan Dieng

Berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, rumah makan ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Sangat cocok untuk menjadi tempat singgah untuk mengisi perut saat berwisata keluarga. Kamu bisa mencoba makanan khas tradisional yang disajikan di rumah makan ini. Tempatnya pun mudah untuk kamu temukan. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

 

Credit: GoTravelly

Mie Ongklok Muhadi

Makanan bernama mie ongklok ini merupakan salah satu makanan khas Wonosobo yang terbilang paling populer. Maka, jangan lewatkan untuk menyantap kuliner khas Wonosobo ini saat ke tempat ini. Salah satu tempat populer yang menyajikan makanan ini adalah Mie Ongklok Muhadi yang berada di sekitaran Jalan Ahmad Yani.

Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an yang hingga saat ini masih mempertahankan cita rasa khas mie ongklok yang legit, gurih, dan segar.

 

Credit: GenPI

Mie Ongklok Bu Umi

Selain Mie Ongklok Muhadi, kamu bisa mencoba mengunjungi atau membandingkan cita rasanya dengan Mie Ongklok Bu Umi. Termpat ini juga terkenal enak. Tempatnya pun strategis terletak di kawasan Kauman Utara, hanya sekitar 500 meter saja dari pusat kota.

Jika Mie Ongklok Muhadi lebih menonjolkan cita rasa gurih, Mie Ongklok Bu Umi cenderung menawarkan cita rasa yang lebih pekat dan pedas. Sangat cocok bagi kamu yang menyukai makanan bercita rasa pedas. Bahkan, kamu bisa juga meminta tambahan potongan cabe rawit agar makananmu semakin mengguggah selera.

 

Credit: SiKlimis

Mie Ongklok Longkrang

Sebagai makanan khas populer di Wonosobo, memang mie ongklok menjadi salah satu yang wajib kamu coba. Seperti namanya, tempat makan ini berlokasi di Longkrang, cukup strategis dan mudah dijangkau.

Bagi kamu yang menyukai kuliner kaya rempah yang memiliki bumbu cukup kuat, maka kamu akan cocok dengan makanan di tempat makan ini. Kuahnya lebih banyak dan memiliki tekstur sedikit lebih kental yang pasti akan langsung menggugah selera makanmu.

 

Credit: TripAdvisor

Soto EDS

Daerah Wonosobo merupakan sebuah daerah dengan suhu sehari-hari yang cukup dingin. Tidak heran jika kebanyakan makanan khas daerah ini berkuah dan disajikan panas. Sangat cocok untuk disantap saat udara dingin.

Salah satu tempat makan yang menyajikan hidangan soto khas dengan cita rasa lezat yang populer adalah Soto EDS. Di tempat makan ini, kamu bisa memilih berbagai varian soto ayam hingga soto sapi dengan bumbu khas dan juga topping pelengkap seperti bakso dan daging potong tambahan.

 

Credit: Facebook

Oemah Juminten

Lebih ingin makan nasi daripada makanan berkuah? Tenang, kamu bisa datang ke Oemah Juminten. Tempat makan ini berlokasi di Nngepelan, Wonosobo Barat. Rumah makan Jawa ini menyuguhkan berbagai kuliner lezat khas makanan Jawa. Mulai dari olahan ayam hingga makanan laut pun tersedia. Selain itu, tempatnya pun sangat nyaman. Cocok dikunjungi bersama keluarga.

 

Krishna Resto Garden

Tempat kuliner lainnya yang akan dengan sangat mudah kamu temukan di Wonosobo adalah Krishna Resto Garden. Restoran ini berada di Jalan Kyai Mansyur, No. 100, Wonosobo Timur. Tempat ini juga menyajikan berbagai makanan Jawa yang lezat, mulai dari aneka mie, nasi goreng, hingga sop pun tersedia.

Selain itu, makanan yang diolah di tempat ini juga dimasak langsung oleh koki profesional sehingga menghasilkan cita rasa yang pasti akan membuatmu penasaran akan kelezatannya.

 

Credit: Tokopedia

Bebek Goreng H. Slamet

Tempat makan ini sudah cukup terkenal karena memiliki banyak cabang di berbagai kota lain. Kamu juga bisa menemukannya di Alun Alun Wonosobo. Seperti namanya, tempat makan ini menyajikan olahan bebek goreng yang disandingkan dengan bumbu spesial yang khas.

Tekstur dagingnya empuk dan gurih namun garing di luar. Akan sangat cocok jika kamu cocol dengan sambal pedas bersama nasi hangat, tak lupa segelas es teh atau es jeruk. Pasti akan langsung kamu lahap habis.

 

Credit: Kuliner Bangsakoe

Asia Restaurant

Tempat lain yang biasa dikunjungi wisatawan saat datang ke Wonosobo adalah Asia Restaurant. Selain tempatnya yang strategis dan mudah dijangkau, makanan yang disajikan pun terkenal enak dengan harga bersahabat. Tidak heran lagi jika tempat ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Seperti namanya, makanan yang disajikan di tempat ini juga memiliki cita rasa khas makanan asia, seperti berbagai jenis olahan makanan laut, ayam, burung dara, hingga bisti k sapi yang menggoyang lidah.

 

Credit: NgopiBareng

Waroeng Joglo Wonosobo

Apakah kamu sukan dengan olahan daging yang dimasak berkuah? Makanan yang disajikan di Waroeng Joglo Wonosobo ini sangat cocok untuk disantap dalam kondisi suhu dingin. Tempat makan ini menyajikan berbagai jenis kuliner lokal yang terkenal enak seperti soto daging, sop iga, hingga gule pun tersedia.

Varian menu untuk kudapan dan minuman pun cukup banyak pilihan. Selain itu, tempatnya termasuk luas sehingga nyaman untuk dikunjungi bagi kamu yang membawa rombongan besar.

 

Credit: Satumenitstudio

Warung Api Selere Raja

Rekomendasi tempat makan berikutnya berada di kawasan wisata Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Jalan Dieng, No. 27, Karangsari, Dieng Kulon. Cocok saat kamu sedang berkunjung ke Candi Arjuna dan berencana mencari tempat makan yang enak di sekitar kawasan tersebut.

Tempat makan ini menawarkan makanan khas Wonosobo seperti mie ongklok hingga purwaceng. Namun, ada juga makanan khas Jawa lainnya yang bisa kamu pilih. Untuk harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

 

Credit: Facebook

White House Cafe

Tempat makan di Wonosobo lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah White House Cafe. Jika sebelumnya kita selalu membahas tempat makan dengan unsur tradisional khas Wonosobo, maka rekomendasi yang terakhir ini cenderung lebih modern dan kekinian.

Untuk makanan sendiri pun sama, menawarkan makanan khas seperti tempe kemul, purwoceng, hingga carica. Namun, dari konsepnya lebih menonjolkan konsep restoran atau cafe modern yang lebih kekinian.

 

Baca Juga:
Tempat Wisata Dieng Terindah, Surganya Pecinta Alam

 

Paket Wisata di Dieng

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Dieng