Paket WisataSemua orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan penutup yang memberikan sensasi dingin ini. Semakin nikmat kalau disantap kala cuaca sedang terik. Seiring berjalannya waktu, mulai dari bentuk, warna, bahan baku, serta rasa es krim yang beredar semakin beragam mengikuti perkembangan zaman.

Tapi, apa kamu tau kalau ada beberapa tempat di Indonesia yang masih membuat es krim dengan metode tradisional? Tanpa pengawet dan bahan tambahan lainnya? Tentu saja ada. Bukan hanya es krim yang disajikan saja yang bisa membangkitkan suasana nostalgia, lokasi penjualan es krim ini juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Di mana sajakah itu? Berikut tempat yang wajib kamu kunjungi sebagai pecinta es krim.

Toko Oen

Credit: Liputan6

Siapa yang tidak mengenal Toko Oen? restoran dengan segala ornamen jadul yang berada di Kota Malang dan Semarang ini masih mempertahankan orisinalitasnya sejak puluhan tahun silam dengan mengusung gaya nostalgia.

Sejak lama, mungkin puluhan tahun, Toko Oen terkenal dengan cita rasa es krim yang lezat. Yang membuatnya semakin unik adalah proses pembuatan 16 varian rasa es krim yang masih memakai metode tradisional.

Jika bertandang ke sini, tentunya bagi kamu yang merupakan pecinta es krim wajib mencoba menu Oen’s Special. Ini adalah menu es krim kebangaan Toko Oen yang terdiri dari 3 scoop es krim dengan rasa utama Toko Oen yakni Vanila, Coklat, dan Strawberry. Penyajiannya pun dilengkapi dengan wafer coklat dan wafer roll serta buah cherry di atas lembutnya whipped cream membuat menu ini semakin kaya rasa dan tekstur.

Rasa es krim yang tidak terlalu manis karena tidak menggunakan pemanis buatan ini tidak akan membuat kamu jenuh walaupun memakannya dalam jumlah banyak. Teksturnya pun unik, tidak seperti es krim pada umumnya, tekstur es krim di Toko Oen cenderung sedikit kasar karena proses pembuatannya.

Harga menu di Toko Oen memiliki harga yang agak pricey bagi beberapa orang. Untuk menu Ice Cream Single Scoop kamu perlu membayar sejumlah Rp25.000,00, dan agar bisa menikmati menu andalan Toko Oen yakni Oen’s Special, kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp60.000,00.

Ice Cream Zangrandi 

Credit: Pergikuliner

Kedai Es krim yang berdiri sejak tahun 1930-an ini dikenal sebagai salah satu ikon kuliner legendaris Surabaya. Sehingga rasanya kurang lengkap apabila berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi es krim dari kedai legendaris ini. 

Ciri khas es krim Zangrandi ini adalah pembuatannya yang masih memakai metode tradisional dan bahan dasar es krim yang menggunakan bahan-bahan alami seperti susu segar, gula dan buah-buahan yang membuat warna es krim di tempat ini tidak begitu terang mencolok.

Walaupun memiliki berbagai varian rasa, yang menjadi favorit pengunjung adalah es krim rasa buah-buahan dari kedai ini. Kedai es krim Zangrandi beroperasi mulai pagi hari pukul 10.00 WIB hingga malam hari pukul 22.00 WIB dengan harga es krim yang dibanderol  mulai Rp30.000,00

Baca Juga: Rekomendasi 10 Cafe Semarang Hits yang Estetik dan Instagramable

Ragusa Es Italia

Credit: Pergikuliner

Ragusa Es Italia berdiri sejak tahun 1932 di Jakarta dengan produk yang ditawarkan yang terbuat dari susu segar tanpa bahan pengawet. Hal ini menciptakan es krim dengan tekstur yang lembut dan lumer di mulut.

Toko es krim ini hanya menjual 7 rasa es krim yakni cokelat, vanila, mocca, strawberry, nougat, durian, dan rhum raisin. Selain rasa-rasa dasar ini, ada juga menu kombinasi es krim yang ditawarkan.

Range harga es krim di Ragusa Es Italia ini bisa dibilang cukup terjangkau. Harga yang dipatok mulai dari Rp16.000,00 hingga Rp40.000,00 dan kamu sudah bisa menikmati cita rasa es krim jadul yang lembut dan meleleh di lidah.

Tip-Top Restaurant

Credit: KSMTour

Restoran ini berdiri sejak tahun 1929 dan masih menyajikan es krim dengan cita rasa otentik yang juga berasal dari metode pembuatannya yang masih tradisional. kamu akan merasakan suasana yang hangat dan ramah dari restoran ini, tentunya menjadi nilai tambah untuk keistimewaan Tip-Top Restaurant ini.

Jika di pulau Jawa ada Toko Oen dan Ragusa, Tip-Top Restaurant bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mencicipi es krim nostalgia dari luar pulau Jawa. Nuansa jadul akan sangat terasa di tempat ini karena ada menu dimana penyajian es krimnya menggunakan mangkuk berkaki panjang berbahan aluminium.

Restoran yang terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani No. 92 A-B, Medan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Harga es krim di tempat ini dibanderol mulai dari Rp17.000,00 untuk yang paling murah sampai Rp36.000,00.

Baca juga: Rekomendasi 8 Wisata Edukasi di Jawa Timur – Malang, Surabaya, Jember

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang