Tour MalangTidak ada habisnya jika membicarakan destinasi wisata alam di Malang, mulai dari pegunungan hingga air terjunnya yang tentunya wajib dikunjungi. Keadaan alamnya yang sangat asri membuat berbagai destinasi wisata alam yang ditawarkan oleh kota ini menjadi tempat healing bagi banyak orang.

Banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan juga membuat destinasi wisata alam Malang memiliki peminat yang terbilang banyak. Di antara berbagai destinasi wisata alam di Malang, bukankah akan menyenangkan jika bisa bermain air yang sejuk di tengah gempuran siang hari yang panas? 

Agar dapat membantu kamu menentukan tempat untuk menyejukkan diri, ini dia beberapa rekomendasi destinasi wisata air di Malang yang bisa kamu kunjungi.

 

 

Sumber Taman

Credit: IDN Times

Terletak di Dusun Krajan, Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Malang Selatan, Sumber Taman adalah mata air alami yang tidak pernah berhenti mengalir puluhan tahun terakhir.

Memiliki waduk utama yang cukup luas, mata air ini dikelilingi oleh deretan pohon tua yang membuat suasana di sekitarnya terasa semakin sejuk. Selain itu, Mata Air Sumber Taman seringkali digunakan oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci baju.

Pesona utama Mata Air Sumber Taman ini juga terletak pada airnya yang jernih. Saking jernihnya air di mata air ini, berbagai ikan, hamparan bebatuan dan pasir yang berada di dasar mata air ini pun jadi terlihat jelas. 

Pengunjung bisa puas berenang di waduk utama mata air ini. Untuk menambah keseruan, kamu bisa menyewa ban dalam yang disewakan sebagai teman berenang. Kamu juga hanya perlu membayar ongkos parkir jika berkunjung ke Sumber Taman ini sebesar Rp2.000,00 untuk motor dan Rp4.000,00 untuk mobil.

 

Tanaka Waterfall

Credit: Travelingyuk

Siapa yang ingin menikmati indahnya berbagai ornamen khas Jepang tanpa perlu terbang ke Jepang? Jika kamu salah satunya, maka destinasi wisata satu ini wajib dikunjungi!

Tanaka Waterfall terletak di Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Terdapat sungai dan anak sungai yang membentang sepanjang 400 meter dengan lebar 6 meter yang bermuara ke bendungan Karangkates. Pada aliran sungai inilah suasana ala Jepang akan begitu terasa.

Mulai dari suguhan pemandangan 3 jembatan penyebrangan eksotis dengan corak khas Jepang hingga pemandangan deretan lampion, umbul-umbul, hingga hiasan berbentuk bunga sakura akan memanjakan mata kamu lho. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa mencoba sensasi river tubing dengan ban.

Sebagai selingan perjalanan santai menyusuri aliran sungai, kamu bisa bersantai sambil menikmati berbagai sajian di Cafe Keceh. Sesuai namanya, tempat duduk di Cafe Keceh ini ditempatkan di aliran sungai yang dangkal sehingga kamu dapat menikmati hidangan sambil merasakan sejuknya air di sela jari kaki.

Kamu cukup membayar Rp5.000,00 per orang agar bisa masuk ke Tanaka Waterfall. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, selain membayar untuk tiket masuk, kamu cukup menambah Rp2.000,00 untuk biaya parkir sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk parkir mobil.

 

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Outbound Paling Seru di Malang, Jawa Timur

 

Telaga Madiredo

Credit: Bacaini(dot)id

Sejatinya, Telaga Madiredo adalah sumber mata air dengan keadaan masih asri yang kemudian oleh pemuda setempat dikelola agar lebih tertata tanpa merusak ekosistem di sekitarnya. Beroperasi setiap hari, kamu bisa mengunjungi Telaga Madiredo mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Selain karena suasana sekitar telaga yang masih asri, sumber mata air yang terletak di Dusun Lebo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon ini juga terkenal akan mitosnya yang mengatakan bahwa Telaga Madiredo ini adalah petilasan atau persinggahan mandi dari Hanoman atau Kera Putih.

Mitos ini menciptakan sedikit percampuran aura mistis pada Telaga Madiredo. Beberapa imbauan diberlakukan sebagai akibat dari mitos yang tersebar. Salah satu imbauan yang ada di telaga ini adalah larangan agar tidak berenang atau bermain air di sekitar pusaran air yang ada di dalam telaga.

Kegiatan lain yang bisa kamu nikmati selain berenang di Telaga Madiredo pun beragam. Mulai dari bersantai di berbagai spot yang disediakan, berkeliling telaga dengan perahu, hingga berkemah.

Harga tiketnya pun terbilang murah. Kamu hanya perlu membayar Rp10.000,00 untuk tiket masuk, Rp10.000,00 jika ingin menyewa perahu, Rp5.000,00 jika menyewa ban atau pelampung untuk berenang, juga biaya parkir sebesar Rp5.000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000,00 untuk kendaraan roda 4.

 

Sumber Umbulan

Credit: IDN Times

Sumber Umbulan digadang-gadang masuk ke dalam daftar hidden gem karena lokasinya yang tersembunyi di dalam perkampungan. Bukan hanya itu, sumber mata air ini diduga merupakan situs purbakala karena ditemukan berbagai peninggalan bersejarah.

Sumber Umbulan tidak mematok harga untuk tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar tarif parkir sebesar Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil. Bagi kamu yang ingin berwisata ke sumber mata air ini bisa berkunjung pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Kedalaman kolam dari Sumber Umbulan yang hanya sekitar 1,5 meter ini menjadikannya aman untuk dijadikan tempat berenang baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Selain kolam alami ini, ada juga sebuah kolam buatan dengan pemandangan berupa terasering sawah yang berundak-undak.

 

Itu dia 4 rekomendasi destinasi wisata dengan air sejernih kaca di Malang. Yang mana nih yang menarik perhatian kamu?

 

Baca Juga: 6 Tempat Glamping di Malang dan Sekitarnya, Cocok Banget Buat Healing Nuansa Alam.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang