Wisata Bantul – Siapa yang tidak kenal Pantai Parangtritis? Salah satu destinasi paling populer dan pantai paling legendari di Yogyakarta. Terkenal dengan banyak cerita yang melatarbelakangi popularitas pantai yang kerap dikaitkan dengan seorang penguasa ghaib Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Sudah tidak aneh lagi jika mendengar berbagai macam mitos mengenai seluruh aspek kehidupan di Jogja dan hubungannya dengan Pantai Selatan. Hal ini justru memberi warna keunikan tersendiri dalam kentalnya budaya dan tradisi masyarakat Jogja bagi wisatawan.

Namun, jangan salah. Destinasi ini terkenal memang karena keindahan alamnya yang menawarkan pengalaman berwisata yang santai dan selalu menyenangkan. Pasalnya, kamu tidak hanya bisa menikmati suasana pantai saja di sini. Banyak aktivitas wisata menarik yang bisa kamu lakukan bersama pasangan, teman, keluarga, bahkan seorang diri.

 

Credit: Siswapedia

Menikmati Suasana Pantai

Di kawasan Parangtritis terdapat banyak pantai yang sebenarnya satu garis lurus. Namun, biasanya terpisah oleh perbukitan, sehingga menjadi pantai yang berbeda. Beberapa yang paling populer di antaranya adalah Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Cemoro Sewu, dan Pantai Parangendok.

Ketiga pantai tersebut memiliki suasana yang berbeda. Pantai Parangtritis sebagai yang paling populer tentunya lebih ramai dari pantai lainnya. Jika kamu ingin menikmati suasana hikmat dan tenang, kamu bisa sesekali mengunjungi Pantai Parangkusumo. Konon, pantai ini memang titik paling sakral dari Pantai Selatan.

 

Credit: Backpacker Jakarta

Sandboarding di Gumuk Pasir

‘Gumuk’ berarti ‘gundukan’ dalam bahasa Jawa. Pasir dari Gunung Merapi bermuara ke Pantai Selatan, mengering, lalu menjadi gundukan pasir oleh angin laut. Tempat ini banyak di gunakan sebagai spot photoshoot dan pre-wedding karena landscape alamnya yang terbilang unik di negara tropis.

Sandboarding sendiri merupakan olahraga ekstrem mirip dengan snowboarding, hanya berbeda medan. Olahraga ini terkenal di Timur Tengah, Namibia dan Australia. Bagaimana, tertarik untuk mencoba sandboarding di Pulau Jawa?

 

Credit: Jogja Archive

Paralayang di Bukit Paralayang Watugupit

Terletak di sebuah bukit dataran tinggi kawasan Parangtritis. Tempat ini terkenal dengan panorama sunsetnya yang sangat eksotis berpadu dengan landscape Pantai Selatan yang menghampar luas. Bayangkan nikmatnya menikmati sunset di tengah alam sembari menyeruput minuman segar dan cemilan enak dengan sepoi-sepoi angin perbukitan.

Tidak hanya itu, bukit ini juga menjadi tempat untuk paralayang. Bagi kamu yang tertarik dengan aktivitas adventure, bisa banget kamu coba. Kamu perlu merogoh kocek mulai 450.000,- untuk mencoba pengalaman seru terbang dengan parasut di atas Pantai Selatan.

 

Credit: iNews[dot]id

Nge-Jeep di Pantai

Kamu bisa berpetualang berkeliling area Parangtritis menggunakan jeep. Banyak spot foto menarik di sepanjang perjalanan yang populer. Jeep dapat disewa mulai 300.000,- hingga 500.000,- berkapasitas 4 orang. 

Paket harga 300.000,- akan membawamu eksplorasi rute yang searah dengan Pantai Parangendok, Pantai Parangtritis, dan Pantai Parangkusumo. Sedangkan paket harga 500.000,- memiliki rute yang lebih panjang. Kamu bisa berkeliling ke 9 spot dari ujung ke ujung area Pantai Parangtritis.

 

Credit: iTrip

Berkuda di Pantai Selatan

Duh, kedengarannya bakal elegan dan cool banget gitu ya? Menikmati suasana Pantai Selatan dengan menunggang kuda. Kamu hanya perlu membayar 100.000,- saja untuk sekali perjalanan dengan maksimal dua orang.

Bagi kamu yang masih pemula, jangan khawatir. Para penyewa kuda di tempat ini sudah sangat berpengalaman kok. Kamu tetap bisa menikmati keindahan Parangtritis dengan tenang. Kalau kamu haus, tinggal mampir membeli sebongkah kelapa muda asli di sekitar lokasi.

 

Credit: Kompas

Keliling Pantai dengan Bendi

Males ah naik kuda, cape’!
Naik Bendi aja napa?!

Bendi ini semacam delman dengan kapasitas duduk yang lebih sedikit. Untuk satu kali putaran sejauh 1 kilo meter dibanderol dengan harga 50.000,- sampai 100.000,- berlaku untuk satu anak kecil dan dua orang dewasa. Bendi ini beroperasi mulai pkl 06.00 – 18.00. Saat ini, ada sekitar 40 bendi dan setiap hari

 

Credit: Tempat Asik

ATV

Nah, pilihan lainnya jika kamu sudah pernah mencoba menunggang kuda maupun mengendarai jeep. Yups, ATV. Paling asik nih kalau kamu kendarai bersama pasangan dan teman-teman kamu.

Untuk menikmati aktivitas ini, kamu perlu bergeser ke Pantai Parangkusumo karena memiliki kondisi pesisir pantai yang lebih padat dan sangat cocok untuk medan ATV. Harga sewa ATV sebesar 50.000,- dengan durasi 20 menit. 

Bagi kamu yang pemula pun akan diajari loh bagaimana cara mengendarai ATV-nya agar tetap aman dan pastinya tidak akan mengganggu kesenangan dan liburanmu.

 

Credit: Tugu Wisata

Air Terjun Parangendok

Objek wisata Air Terjun Parangendok ini juga masih terletak di area Parangtritis. Air terjun musiman ini biasanya menjadi primadona ketika musim penghujan tiba. Pasalnya, debit air terjun ini tidak terlalu besar sehingga ketika musim kemarau berkepanjangan, perlahan-lahan aliran sungainya mengering.

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Namun, karena tidak terlalu ektrem, wisata ini lebih ramah anak dan keluarga. Menurut informasi, aliran sungai kecil diatasnya ditanggul untuk pengairan persawahan dan ladang.

 

Credit: UNPI Cianjur

Bermain Layang-Layang

Parangtritis sering menjadi pusat festifal layang-layang. Berbagai jenis layang-layang dengan banyak desain unik nan kreatif turut menghiasi langit Pantai Selatan. Namun, untuk menikmati festival ini, kamu harus mencari jadwal festivalnya karena tidak setiap waktu ada.

Sederhananya, kamu bisa kok membeli layang-layang sendiri dan bermain di pantai ini karena anginnya yang kencang menjadi tempat yang sangat cocok untuk menerbangkan layang-layangmu.

 

Baca Juga:
Tips Hemat Liburan di Jogja Tanpa Bikin Dompet Kosong

One Day Tour Jogja, Seharian di Malioboro Bisa Ngapain Aja?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda