Wisata Makassar – Ibukota Sulawesi Selatan ini memang menyimpan pesona dan keunikan tersendiri. Bukan hanya menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, wisata pesona alamnya pun tidak kalah indahnya. Banyak wisata alam, religi, sejarah, buatan, hingga edukasi yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga tercinta.

Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Kota Makassar, berikut rekomendasi wisata Makassar terbaik yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga atau rombongan perjalanan kamu.

 

Credit: 1001 Indonesia

Pantai Losari

Siapa yang tidak mengenal dengan pantai yang ikonik dengan Kota Makassar? Pantai ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Lokasinya pun strategis tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, kamu hanya perlu menempuh waktu sekitar 30 saja.

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tiket mahal dan bisa ke pantai ini kapan saja karena tidak ada jam bukanya. Kamu bisa datang pada sore hari menjelang malam untuk menikmati syahdunya suasana pantai ini saat senja.

 

Credit: Mongotrip

Celebes Canyon

Rekomendasi kedua berlokasi di Libureng, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Kamu pasti tidak asing lagi dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Nah, wisata yang terletak di Makassar ini memiliki landscape alam yang karakteristiknya mirip dengan Grand Canyon.

Tempat ini dikenal dengan nama Celebes Canyon. Lokasinya berjarak sekitar 2 jam waktu tempuh dari pusat Kota Makassar. Jika kamu tertarik ke tempat ini, kamu perlu tahu bahwa aksesnya tergolong cukup sulit.

Namun, sesampainya di sana, rasa lelah dan usahamu akan terbayar dengan keindahan panorama tebing – tebing dan lembah alami. Masyarakat sekitarnya menyebut tempat ini sebagai “Benteng Murung”.

 

Credit: Kompas

Benteng Rotterdam

Jika kamu berkunjung ke Kota Makassar, maka kamu harus berkunjung ke tempat bersejarah yang satu ini. Tempat wisata ini merupakan sebuah kawasan yang terdapat bangunan – bangunan dan benteng yang dibangun pada abad ke – 17 pada masa pemerintahan Kerajaan Gowa sebelum digunakan oleh kolonial Belanda.

Tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu hanya 5000 saja. Benteng yang sudah berusia lebih dari 200 tahun ini alihfungsikan sebagai pusat pemerintahan pada masa pendudukan Belanda di masa lalu. Benteng ini masih berdiri kokok hingga saat ini menjadi salah satu ikon Kota Makassar dengan arsitektur klasik yang instagramable.

 

Credit: Tribun Travel

Pantai Akkarena

Wisata Makassar berikutnya adalah pantai yang terletak di Jalan Tanjung Bunga, Kota Makkasar. Pantai Akkarena merupakan sebuah pantai berpasir hitam yang khas. Terdapat sebuah dermaga bernama “Dermaga Cinta” yang menjadi spot populer untuk menyaksikan keeksotisan sunset dan suasana senja Makassar.

Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa menikmati aktivitas lainnya seperti berkegiatan outbond, air soft gun, berburu jajanan di kafe-kafe tepi pantai atau menikmati live music saat akhir pekan.

 

Credit: Tribun Makassar

Pantai Tanjung Bayang

Selain Pantai Losari, satu lagi pantai yang patut masuk dalam daftar kunjunganmu saat berlibur di Kota Makassar, yaitu Pantai Tajung Bayang. Untuk tiket masuk pun terjangkau yaitu hanya sekitar 5 ribu rupiah saja per orang. Selain itu, bibir Pantai Tanjung Bayang cukup luas sehingga kamu juga bisa bermain voli ataupun sepak bola bersama rombongan kamu.

Jika kamu ingin menikmati suasana tropis pantai ini lebih lama lagi, kamu bisa menginap di penginapan dengan konsep rumah panggung yang berada di pinggir kawasan pantai dengan harga yang bervariasi per malamnya.

 

Credit: Pikiran Rakyat

Leang – Leang

Tempat wisata berikutnya berada di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, bernama Leang Leang. Tempat ini merupakan sebuah taman pra-sejarah yang sudah ada sejak ribuan tahun lamanya. Kamu akan menemukan banyak goa-goa kuno yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Di gua tersebut tersdapat lukisan dinding hingga bekas tapak tangan. Tidak banyak tempat arkeologis alami yang masih bisa kamu temukan saat ini di Indonesia. Di tempat ini, kamu seakan sedang tidak berada di abad 20-an, melainkan masa lalu ketika masih ada kehidupan manusia purba.

 

Credit: BerandalSulsel

Taman Batu Balocci

Destinasi berikutnya adalah Taman Batu Balocci. Tempat wisata Makassar ini merupakan sebuah tempat deengan sususan tebing-tebing batu alami dengan pemandangan yang megah dan sangat indah.

Di sekitar tempat ini, kamu dapat melihat pemandangan alam berupa bebatuan karst yang tajam dan tersusun alami. Bagi kamu yang tertarik dengan wisata alam instagramable yang anti-mainstream, maka kamu harus datang ke tempat ini.

 

Credit: Keepo

Tebing Apparalang

Destinasi wisata Makassar berikutnya tidak kalah indahnya dengan Batu Balocci. Tempat ini juga merupakan sebuah tebing dengan pemandangan hamparan laut lepas berwarna biru kehijauan yang cukup kontras dengan warna gelap dari tebing-tebing di kawasan ini.

Jika kamu pecinta film fantasy, tempat yang satu ini wajib masuk dalam daftarmu. Kamu akan menemukan pemandangan tebing-tebing menjulang tinggi yang kokok dan indah berpadu dengan keindahan laut lepas. Kamu pasti akan takjub dengan keindahan alamnya yang megah.

 

Credit: TravelingYuk

Bukit Kanari

Kamu pasti tidak asing lagi dengan salah satu tempat wisata di Bandung bernama The Lodge Maribaya. Sekilas, tempat wisata ini mirip dengan The Lodge Maribaya. Terletak di kawasan perbukitan, udara di area ini sangat menyegarkan dan menyejukkan.

Tempat ini cocok bagi kamu yang menyukai suasana alam yang menenangkan. Bagi kamu pecinta aktivitas outdoor seperti berkemah, kamu bisa berkemah di camping ground yang tersedia di kawasan ini.

 

Credit: Surau

Masjid Terapung Makassar / Masjid Amirul Mukminin

Bergeser ke wisata religi, cocok bagi kamu wisawatan muslim yang ingin jalan-jalan di Kota Makassar. Terdapat sebuah masjid terapung yang bernama Masjid Amirul Mukminin. Uniknya, masjid ini dibangun di atas permukaan laut dengan arsitektur yang unik.

Masjid terapung ini merupakan satu-satunya dan pertama di Asia Tenggara yang berada di permukaan laut. Cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga untuk sholat berjama’ah setelah berkeliling Kota Makassar.

Baca Juga:
Cobain Wisata Kuliner di Makassar Enak Tiada Duanya
Tak Hanya Makassar, Kumpulan Pulau Kecil Nan Indah di Sulawaesi Selatan Ini Wajib Kamu Kunjungi

Paket Wisata di Makassar

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Makassar