Film Indonesia Populer – Kamu pecinta traveling dan juga film? Stay dulu di halaman ini!

Banyak film nusantara yang latar penggarapannya berlokasi di tempat – tempat yang memiliki daya tarik tersendiri. Tak jarang tempat tersebut menjadi sangat terkenal setelah menjadi latar film tertentu yang membuat wisatawan penarasan akan keindahan aslinya.

Beberapa film juga turut membantu sektor pariwisata untuk memperluas pemasaran destinasi tersebut, tak jarang juga bahwa suasana dan daya tarik daerah tersebut sangat cinematik sehingga sangat cocok dengan cerita dalam film. Apa saja film yang bisa memberikanmu inspirasi liburan? Langsung saja simak daftarnya.

 

Credit: Hotstar

5 Cm (2012)

Bagi kamu Sang Anak Gunung pasti sudah sangat kenal dengan film yang berlatar di kawasan Semeru ini. Tidak hanya para pendaki gunung dan wisatawan saja, popularitas film ini sudah meluas dalam semua kalangan, terutama kalangan mudah.

Film ini menceritakan tentang perjuangan sekelompok sahabat muda untuk mencapai puncak Semeru. Terlepas dari beratnya perjuangan dan dinamika persahabatan maupun percintaan antar tokonya yang diangkat dalam film ini.

Kamu juga akan melihat panorama alam Semeru yang sangat sinematik dan membuatmu seakan ingin segera melakukan perjalanan ke kawasan Gunung Semeru. Belum lagi posisi pengambilan video dalam setiap adegannya menunjukkan sisi terbaik dari panorama yang ada di tempat tersebut.

 

Credit: Hotstar

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)

Kamu suka dengan cerita atau kisah romansa klasik? Film ini bisa menjadi salah satu yang terbaik. Secara garis besar, menceritakan kisah perjalanan Zainudin yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Ia adalah pemuda berdasar Makasar-Minang yang menelusuri tanah kelahiran sang ayah di Padang.

Menariknya, selain kisah romansa yang romantis, kamu juga akan belajar banyak hal mengenai sejarah negeri ini. Tahukah kamu bahwa film ini juga merupakan karya seorang penulis legendari Indonesia, Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan nama Buya Hamka? Ia mampu menyuguhkan kisah cinta yang indah berbalut sejarah klasik yang lekat dengan Indonesia.

 

Credit: Tribun Ternate

Filosofi Kopi (2015)

Kali ini giliran buat para pecinta dan penikmat kopi. Kamu akan banyak terinsipirasi dari setiap detail yang diceritakan dalam film “Filosofi Kopi”. Film ini menceritakan mengenai perjalanan atau perjuangan seorang pemiliki kedai kopi untuk membagikan wawasan mengenai seluk beluk dunia “kopi”. Mulai dari jenis-jenis kopi hingga berbagai cara terbaik pengolahannya.

Kamu juga bisa mendapatkan wawasan mendasar, lebih detail, hingga daerah-daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Uniknya, wawasan yang disampaikan bukanlah sebuah naskah karangan melainkan fakta nyata yang dapat kamu temukan kebenarannya di dunia nyata. Sangat bermanfaat bagi kamu yang senang bepergian sembari berburu kopi otentik dari berbagai daerah.

 

Credit: UC

Laskar Pelangi (2008)

Rekomendasi film berikutnya termasuk salah satu film Indonesia yang terlaris sepanjang masa. Tidak hanya ceritanya yang mendidik, motivasi tinggi, dan penuh makna, namun juga keindahan alamnya yang membuka mata banyak orang betapa indah tanah Belitung. Yup, film ini berlatar di Kampung Melayu daerah Belitung yang memiliki landscape alam menakjubkan.

Film Laskar Pelangi diadopsi dari novel karya Andrea Hirata yang menceritakan tentang perjuangan dua orang guru yang memberikan semangat juang bagi murid-murid di daerah tersebut untuk mengenyang pendidikan yang baik dan berani memperjuangkan impian meski hanya tinggal di sebuah desa terpencil di mana belum ada fasilitas yang cukup memadai untuk mengembangkan pendidikan sebaik mungkin seperti di kota.

 

Credit: Liputan6

Ada Apa dengan Cinta 2 (2016)

Masih ingat dengan cerita cinta Rangga dan Cinta? Kisah romansa kedua sejoli yang menjadi pasangan populer di kalangan anak muda ini sangat menarik perhatian. Cukup berbeda dengan film pertamanya, season yang kedua ini menampilkan banyak scene keindahan alam nusantara.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi tempat – tempat yang seru untuk nongkrong dan tentunya terkenal instagrambable, terutama di area Yogyakarta dan Magelang. Kamu seakan ikut menjelajahi romantisnya Jogja. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Puthuk Setumbu.

 

Credit: McCormick

Street Food Asia

Kamu suka menonton film dokumenter? Kamu harus memasukkan film ini kedalam daftar tontonanmu. Film dokumenter ini memiliki 9 episode yang menampilkan berbagai kuliner nusantara yang lezat. Tidak hanya itu saja, setiap kuliner juga menceritakan mengenai sejarah, budaya, hingga identitas yang melekat pada negara-negara tersebut.

Fokus film ini lebih ke budaya dan kehidupan orang Asia, termasuk Indonesia. Cerita pembawaannya pun dikemas dengan sangat baik sehingga kamu tidak akan bosan menontonnya, terutama bagi kamu yang tidak begitu menggemari jenis film dokumenter.

 

Credit: Kompas

Aruna dan Lidahnya (2018)

Film ini menggaet tokoh utama salah seorang aktris senior yang sudah melalang buana dalam dunia perfileman populer di Indonesia, siapa lagi kalau bukan Dian Sastro. Ia memerankan tokoh bernama Aruna, seorang epidemiologi yang sedang melakukan penelitian tentang flu burung pada kala itu. Petualanan kuliner Aruna bermula dari perjalanan melakukan penelitian ini.

Kamu bisa melihat berbagai kuliner khas nusantara yang menggoyang lidah. Film ini mengadaptasi novel populer karya Laksmi Pamuntjak yang seperti ecyclopedia kuliner nusantara yang menuliskan beragam makanan khas Indonesia. Percayalah, setelah menonton film ini, kamu pasti akan tergiur untuk merasakan makanan tersebut saking menggodanya.

 

Baca Juga:
Hobi Wisata Kuliner? Wajib Coba 10 Makanan Khas Nusantara Ini!
Rekomendasi 12 Kuliner Malam Malang yang Enak dan Legendaris

Paket Wisata di Belitung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Belitung