Wisata Religi Sunan di Jawa Timur

Wisata Religi Jawa Timur – Jawa Timur adalah salah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam destinasi wisata. Ada wisata alam, wisata kekinian, wisata kota, wisata religi dan lain sebagainya. Salah satu wisata di Jawa Timur yang banyak dikunjungi wisatawan adalah wisata religi nya.

Banyak wisata religi di Jawa Timur khususnya wisata religi muslim. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh di masa lalu yaitu penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa oleh Wali Songo. Terdapat beberapa makam Wali Songo yang menjadi tujuan ziarah wisatawan antara lain Makam Sunan Ampel, Makam Sunan Bonang, Makam Sunan Gresik dan Makam Sunan Drajat.

Makam-makam tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan menjelang bulan suci Ramadhan. Berikut sedikit info mengenai wisata religi di Jawa Timur, cocok dikunjungi saat bulan Ramadhan ini.

  1. Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya

Kawasan Wisata Sunan Ampel (Cr : Google)

Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel berlokasi di Jl. Nyamplungan, Ampel, Kec. Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur. Suasana yang berbeda dari suasana Kota Surabaya bisa dirasakan disini. Suasana yang terasa adalah suasana khas Timur Tengah. Banyak etnis keturunan Arab yang bermukim di Kawasan ini. Kawasan ini telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya sebagai cagar budaya.

Di Kawasan Wisata Sunan Ampel ini terdapat banyak alternatif wisata. Kamu bisa berwisata religi dengan berziarah di makam Sunan Ampel. Sunan Ampel merupakan salah satu dari 9 Wali yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa. Sunan Ampel diperkirakan wafat pada tahun 1481 di Demak dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya. Selain wisata religi kamu bisa berwisata kuliner, wisata belanja dan wisata sejarah. Kawasan ini menawarkan beberapa peninggalan sejarah yang layak untuk dikunjungi.

  1. Makam Sunan Bonang di Tuban

Makam Sunan Bonang (Cr : Google)

Makam Sunan Bonang berlokasi di Jalan Kh Mustain, Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasi makam Sunan Bonang sendiri tidak jauh dari Alun-alun Tuban, tepatnya di belakang Masjid Agung Tuban. Di area tersebut pengunjung juga bisa membeli makanan dan minuman khas Tuban seperti Legen dan Siwalan. Bagi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh khas Tuban, disana juga dijual batik Gedog yang merupakan batik Khas Tuban.

Raden Maulana Makdum Ibrahim atau yang lebih dikenal sebagi Sunan Bonang merupakan salah tokoh dari Wali Songo yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah jawa pada abad ke 14. Sampai saat ini, Makam Sunan Bonang terus dikunjungi oleh para peziarah yang datang baik dari Tuban, luar kota, hingga mancanegara. Menariknya, setidaknya ada empat tempat yang disebut sebagai makam Sunan Bonang. Namun, tempat yang paling populer yang diyakini sebagai makam Sunan Bonang adalah yang berada di belakang Masjid Agung Tuban.

Baca Juga :

  1. Makam Sunan Drajat di Lamongan

Makam Sunan Drajat (Cr : Google)

Makam Sunan Drajat terletak di Paciran, daerah pinggiran kota Lamongan. Sunan Drajat diperkirakan lahir pada tahun 1470, dengan nama kecil Raden Qasim, lalu mendapat gelar Raden Syarifudin. Dia adalah putra dari Sunan Ampel, yang juga saudara dari Sunan Bonang.

Makam ini sangat cocok jadi destinasi untuk wisatawan pecinta wisata religi. Tempat wisata Jawa Timur yang satu ini selalu ramai dikunjungi pelancong saat liburan. Selain itu di Makam Sunan Drajat ini juga memiliki banyak sekali spot foto yang bisa wisatawan coba. Makam ini berada di atas sebuah bukit yang dikelilingi oleh hutan dengan cukup rimbun dengan pemandangan alam di sekitar sangat indah

  1. Makam Sunan Giri di Gresik

Makam Sunan Giri (Cr : Google)

Makam Sunan Giri berlokasi di Jl. Sunan Giri, Pedukuhan, Kebomas, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Makam Sunan Giri ada di perbukitan di Desa Giri, Kebomas, Gresik. Makam Sunan Giri bisa dicapai dengan tiga akses masuk, yaitu dari arah Masjid Sunan Giri, dari undakan tengah melewati candi bentar dan patung naga berukuran besar, serta masuk dari arah Makam Sunan Prapen.

Pada bagian luar Makam Sunan Giri Gresik terdapat ornamen bentuk-bentuk lengkung simetris dan repetitif pada fondasi batuan putihnya, serta dinding gebyog kayu dengan ornamen ukiran yang cantik. Berada di perbukitan, area pemakaman menawarkan pemandangan yang indah pada malam hari. Objek wisata Jawa Timur ini menjadi salah satu tempat du Gresik yang selalu ramai dikunjungi oleh pelancong dari penjuru negeri.

  1. Makam Sunan Gresik di Gresik

Makam Sunan Gresik (Cr : Google)

Makam Sunan Gresik (Cr : Google)

Selain Sunan Giri, wisata religi lain yang ada di Gresik adalah makam Maulana Malik Ibrahim atau juga dikenal dengan nama Sunan Gresik. Maulana Malik Ibrahim adalah nama salah seorang Walisongo, yang dianggap yang pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Ia dimakamkan di desa Gapurosukolilo, kota Gresik, Jawa Timur. Objek wisata Jawa Timur ini ini tidak jauh dari alun-alun Kota Gresik. Kompleks makam ini sebenarnya tidak terlalu luas. Selain berziarah, wisatawan juga bisa berkeliling di sekitar makam dan berbelanja oleh-oleh makanan khas.

Nah, itu tadi sedikit info mengenai Kawasan Wisata Religi Sunan yang berada di Jawa Timur. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ziarah Agama Islam, cocok sekali untuk mengunjungi makam-makam tersebut. Sekian info dari admin, semoga bermanfaat ?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda