5 Tempat Wisata Angker di Yogyakarta

Pesanggrahan Tamansiswa Kaliurang (Cr : Google)

Saat ini tempat wisata tidak hanya untuk mencari keindahan, atraksi atau kuliner khas suatu tempat. Mencari adrenalin pun sekarang sedang digandrungi para wisatawan. Cerita horor seringkali jadi daya tarik tersendiri suatu daerah bagi wisatawan yang ingin mengadu adrenalin. Disamping itu, beberapa tempat horror pun menyajikan bangunan yang aesthethic sehingga bagus untuk dijadikan latar belakang swafoto.

Yogyakarta tidak hanya dikenal dengan lokasi wisata nya yang indah dan kental dengan budaya nya. Tapi juga terkenal dengan banyaknya bangunan yang dikenal mistis. Bangunan-bangunan tersebut sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun sehingga menambah suasana mistis jika melihatnya.

Beberapa tempat berikut dikenal dengan cerita horrornya, penasaran dengan cerita nya? Mari simak ulasan kami berikut ini!

1. Pesanggrahan Tamansiswa

Pesanggrahan Tamansiswa Kaliurang (Cr : Google)

Tempat yang juga dapat julukan sebagai vila putih. Berlokasi di Kaliurang yang merupakan kaki gunung Merapi membuat lokasi ini menjadi terpencil. Dimulai dari sosial median, beberapa tahun belakangan ini vila tersebut terkenal karena banyak wisatawan yang datang ke sana untuk foto-foto, terutama di bagian depan yang tampak horor tapi juga Instagenic.

Bangunan ini sebelumnya digunakan sebagaimana mestinya sebuah rumah peristirahatan. Sayangnya, pada tahun 1994 terjadi letusan Gunung Merapi yang cukup hebat hingga menewaskan 60 orang.

Letusan ini tentu mempengaruhi berbagai sektor kehidupan, termasuk di pesanggrahan tersebut. Karena lokasinya gak terlalu jauh dari Gunung Merapi, wedhus gembel atau awan panas dari gunung sampailah ke sana dan menyebabkan banyak kerusakan. Sejak itu, Pesanggrahan Taman Siswa pun ditinggalkan tanpa pernah mendapatkan sentuhan renovasi.

Kondisi rumah yang sudah kosong membuat tempat ini diselimuti nuansa mistis. Bangunan berwarna putih kusam tersebut mempunyai cerita horror  cerita yang terkenal adalah sering terlihatnya noni Belanda di viila ini.

2. Panggung Krapyak

Panggung Krapyak (Cr : Google)

Panggung Krapyak atau Kandang Menjangan merupakan bangunan bersejarah berbentuk ruangan menyerupai kubus. Lokasinya berada di Jalan K.H. Ali Maksum, Panggungharjo, Sewon, Yogyakarta. Bangunan ini dulunya digunakan raja-raja Mataram sebagai tempat pengintaian untuk berburu binatang.

Konon Krapyak adalah sebuah hutan yang menjadi habitat banyak satwa, salah satunya rusa atau menjangan. Keluarga Mataram Islam sangat gemar berburu di tempat ini. Salah satunya adalah Prabu Hanyokrowati putra Panembahan Senopati.

Panggung Krapyak dibangun sekitar tahun 1760 oleh Sri Sultan HB I atau dikenal sebagai Pangeran Mangkubumi. Selain untuk pos berburu, Panggung Krapyak juga digunakan sebagai pos pertahanan. Para prajurit bisa melihat musuh yang datang dari arah selatan.

Konon, Panggung Krapyak merupakan salah satu tempat dengan nuansa mistis di Yogya. Gak sembarangan orang boleh masuk ke dalam bangunan tanpa izin dari juru kunci Panggung Krapyak.

3. Rumah Kentang Kotabaru

Rumah Kentang Kotabaru (Cr : Google)

Rumah Kentang ini berada di Jalan Sabirin, Kotabaru. Berada di Kawasan ramai, rumah ini sedari dulu terkenal berhantu.

Konon pada malam hari, warga sekitar sering mencium bau kentang bakar di sekitar bangunan ini. Aroma kentang ini dipercaya warga sekitar sebagai pertanda adanya makhluk genderuwo di sekitar lokasi. Sekarang rumah ini tak lagi kosong karena sudah beralih fungsi menjadi Bank BTN.

4. Gereja Gothic Sayidan

Gereja Gothic Sayidan (Cr : Google)

Di tengah Kota Yogyakarta, terdapat sebuah bangunan megah bernuansa gotik. Orang-orang biasa menyebutnya dengan nama Gereja Gotik Sayidan. Namun ternyata banguna tersebut bukanlah sebuah gereja, melainkan sebuah hunian.

Nyatanya bangunan itu merupakan rumah hunian yang dimiliki oleh Thietikhien dan keluarganya. Thietikhien merupakan warga keturunan Tionghoa yang dulunya memiliki usaha konveksi di rumah tersebut. Bangunan tersebut kemudian di renovasi oleh anaknya yang pulang dari Belanda setelah Thietikhien wafat.

Ornamennya menyerupai gereja-gereja di Eropa, maka banyak orang-orang menyebutnya gereja gothic. Warga sekitar mengaku bangunan ini angker dan banyak penampakan sering muncul dari dalam rumah.

5. Rumah Pocong Sumi

Rumah Pocong Sumini (Cr : Google)

Berada di gang sempit, rumah ini terletak di Kotagede, Yogyakarta. Diceritakan pada tahun 1935 ada seorang wanita bernama Sumini yang tinggal di rumah tersebut bersama suaminya. Pada saat suaminya pergi, rumah tersebut kedatangan beberapa perampok yang menjarah barang dan memperkosa Sumini. Tidak hanya memperkosa, perampok itu juga membunuh Sumini.

Setelah kejadian tersebut rumah itu kosong sampai sekarang. Konon sering ada penampakan Pocong Sumini di teras tersebut diatas jam 22.00 WIB. Rumah ini menjadi viral di sosial media dikarenakan pernah adanya vlog youtube yang meliput ke mistisan rumah ini. Setelah viral, banyak wisatawan yang penasaran dan akhirnya dating mengunjungi Rumah Pocong Sumini.

 

Itulah beberapa tempat yang terkenal angker di Yogyakarta. Bagaimana? tertarik untuk mengunjungi nya? Atau kamu sudah punya pengalaman horror mengunjungi tempat-tempat tersebut? Ceritakan di kolom komentar yaaa 🙂

Baca Juga :

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda