Air Terjun Cantik di Jogja Part 1

Air Terjun Kembang Soka (Cr : Google)

Tidak ada habisnya jika berbicara tempat wisata di Yogyakarta. Setiap waktu hampir selalu ada destinasi wisata baru. Jika bukan wisata buatan, maka wisata alamnya. Keindahan alam yang dulu belum ter eksplorasi sekarang mulai di eksplore menjadi destinasi wisata alam baru.

Salah satu wisata alam yang sedang di eksplore menjadi tempat wisata adalah Air Terjun. Di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat beberapa air terjun yang sedang viral di sosial media karena keindahannya. Seiring berjalannya waktu, banyak air terjun yang belum dikenal menjadi terkenal seperti sekarang karena banyaknya wisatawan yang datang.

Berikut beberapa air terjun cantik versi Labiru Tour, bisa dijadikan pertimbangan jika ingin berkunjung ke destinasi ini.

Baca Juga : Wajib di Kunjungi Air Terjun Terindah di Jawa Tengah

  1. Air Terjun Sri Gethuk

    Air Terjun Sri Gethuk (Cr : Google)

Air terjun ini berada di tepi Sungai Oya. Tepatnya berlokasi di Dusun Menggoran Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Air terjun ini populer di kalangan pelancong. Uniknya air terjun ini tidak langsung jatuh ke sungai, melainkan jatuh terlebih dahulu ke batuan karst yang berada di bawahnya. Untuk bisa sampai ke spot air terjun ini, kita bisa berjalan kaki atau menaiki perahu rakit sederhana dengan menyusuri Sungai Oyo.

2. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut (Cr : Google)

Air Terjun Kedung Pedut terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Gilimulyo, Kulonprogo. Warna air di air terjun ini berwarna tosca yang memanjakan mata. Diapit oleh dua tebing tinggi, pengelola membuat jembatan dari bambu sebagai jalan untuk dapat melihat air terjun dari depan. Terdapat juga kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Sangat cocok untuk kamu yang suka berfoto ria.

3. Air Terjun Pantai Jogan

Air Terjun Pantai Jogan (Cr : Google)

Air terjun yang diapit dua bukit karst ini terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul.Air terjun ini sangat unik karena ia bermuara langsung di lautan. Namun sayang, air terjun ini hanya bisa dilihat saat musim hujan atau musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau saja. Air Terjun Pantai Jogjan ini juga letaknya berdekatan dengan Pantai Siung dan Nglambor.

4. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang (Cr : Google)

Air Terjun Luweng Sampang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Formasi batuan yang unik di sekitarnya inilah yang menjadikan Luweng Sampang populer beberapa tahun terakhir. Batuan yang berbentuk luweng dan menjadi tempat jatuhnya air tersebut sekilas mirip dengan batuan The Wave Rock, Arizona, Amerika Serikat. Waktu terbaik untuk mengunjungi Luweng Sampang adalah ketika musim hujan karena debit airnya cukup deras.

Dahulu air terju  Luweng Sampang menjadi tempat pertapaan salah satu Wali Songo yang menyiarkan agama Islam di tanah Jawa yaitu Sunan Kalijaga. Sampai sekarang masih ada beberapa orang yang menjadikan Air Terjun Luweng Sampang sebagai tempat pertapaan.

5. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka (Cr : Google)

Air Terjun  Kembang Soka letaknya di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Nama Kembang Soka sendiri diambil dari nama tanaman bunga yang banyak tumbuh di sekitar air terjun tersebut

Air terjun ini tergolong cantik dan unik karena airnya memiliki dua warna, yaitu warna putih dan hijau toska. Tak hanya airnya saja, bebatuan di sekitar air terjun ini pun memiliki dua warna berbeda, batuan dasar sungainya berwarna kuning dan batuan tebing di sebelah kiri air terjun berwarna merah. Keunikan lainnya dari Air Terjun Kembang Soka adalah airnya mengalir melewati pepohonan nan rimbun yang ada di Perbukitan Menoreh.

 

Nahh itu adalah beberapa air terjun cantik yang ada di Jogja, masih ada lhooo beberapa air terjun cantik yang lainnya. Tunggu Part 2 yaaa 🙂

 

Baca Juga :

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda