Air Terjun Madakaripura Jatim merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Madakaripura ditempatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa.Berlokasi di Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.  Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 200 meter,  air terjun ini juga menjadi tertinggi kedua di Indonesia.

Air Terjun ini juga mendapat julukan sebagai air terjun abadi. Destinasi wisata alam yang telah dibuka sejak tahun 1991. Kawasan Air Terjun yang berada di kaki Gunung Bromo diyakini sebagai tempat pertapaan Gajah Mada, sang patih dari Kerajaan Majapahit.

Penasaran seperti apa? Yukk simak informasi-informasi mengenai Air Terjun Madakaripura berikut ini.

Baca Juga : Surga Dunia Air Terjun Terbaik di Indonesia Tersembunyi

  1. Rute Menuju Lokasi

Air Terjun Madakaripura Jatim

Peta Lokasi Air Terjun Madakaripura (Credit Photo : Bromo Tour)

Air Terjun Madakaripura berada di perbatasan antara Kabupaten Probolinggo dengan Kabupaten Pasuruan. Wisatawan biasanya lebih memilih melalui jalur Probolinggo karena medannya lebih mudah untuk dilalui.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, kamu perlu menyusuri kawasan hutan terlebih dahulu. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Rute jalan setapak pada lembah perbukitan berada di samping sungai sepanjang jalur trekking.

Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani tebing hijau di sisi kanan-kiri sungai. Saat musim hujan, beberapa air terjun kecil muncul dan tampak mengalir di sela-sela tebing. Harap hati-hati karena kamu bisa tergelincir karena licinnya medan saat musim hujan, diharapkan kamu memakai sepatu anti slip.

 

Baca Juga :

 

  1. Keindahan Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura Jatim

Credit Photo : Instagram/ @bseansider

Keunikan dari Air Terjun Madakaripura adalah bentuk tebing di sekelilingnya yang menyerupai ceruk. Ceruk dan bukit ini membuat wisatawan seolah berada di dalam botol. Guyuran air di air terjun ini tidak hanya berjumlah satu, tetapi hampir merata di semua bagian tebing. Hal tersebut membuat guyuran air menyerupai rintik hujan, yang terkadang membentuk pelangi.

Waktu terbaik untuk berwisata ke tempat wisata ini adalah sekitar akhir musim penghujan. Karena curah hujan mulai berkurang sehingga tidak perlu khawatir akan terjadi banjir.

  1. Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Air Terjun Madakaripura Jatim

Credit Photo : Google/ 24 travel

Kamu bisa berenang disana dengan kedalaman kolam 6-7 meter. Untuk meminimalisir keadaan yang tidak diinginkan kamu diharapkan untuk berpegangan pada balok kayu yang sudah disiapkan sebagai pelampung.

Kamu juga bisa bermain hujan-hujanan dari gemericik air terjun jika kamu tidak berani untuk berenang. Bermain hujan-hujanan saja sudah cukup menyenangkan.

  1. Fasilitas

Papan Penunjuk Arah Fasilitas

Papan Penunjuk Arah Fasilitas (Credit Photo : Jawa Pos)

Terdapat fasilitas seperti lahan parkir, toilet dan mushola. Ada juga pedagang-pedagang souvenir yang membuka lapaknya disana. Jika kamu lapar, tenang saja karena banyak warug-warung yang menjual makanan di sekitar pintu masuk.

  1. Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Air Terjun Madakaripura Jatim

Pintu Masuk Air Terjun Madakaripura (Credit Photo : Google)

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, kamu perlu mengeuarkan biaya sekitar Rp 22.000/ orang untuk biaya tiket masuk. Jika untuk wisatawan asing maka dikenakan tarif sebesar Rp 45.000/ orang. Air terjun Madakaripura buka dari pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB. Kamu bisa datang ke air terjun setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari, baik hari biasa maupun akhir pekan.

Untuk kamu yang ingin berwisata disana diharapkan mematuhi aturan yang sudah dibuat yaa.. jangan memaksakan bermain dibawah air terjun jika cuaca mendung dan berawan dikarenakan adanya air hujan dan air bah dari hulu. Dan juga tebing di Air Terjun Madakaripura Jatim lawan longsor.

Itu tadi sedikit informasi mengenai Air Terjun Madakaripura, dijamin kamu bakal terpesona dengan kemegahan air terjun tersebut.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda