Candi di Kabupaten Sleman– Indonesia memang kaya akan sejarah, mulai dari sejarah zaman perang, hingga sejarah kerajaan, ada banyak sejarah di negeri ini yang harus kita ketahui, karna mengetahui sejarah merupakan salah satu sarana mengenal lebih dekat bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lainya.

Berbicara tentang sejarah tentunya ada sangat banyak peninggalan sejarah di indonesia, seperti “Candi” istana, masjid ataupun makam. Nah disini saya akan memberi beberapa informasi tentang tempat-tempat bersejarah yang di tinggalkan di negara kita, tepatnya berada di kabupaten sleman. Berikut beberapa peninggalan sejarah Candi di kabupaten sleman.

Baca Juga: Berbagai Wisata di Kabupaten Sleman

Candi Boko

candi di kabupaten sleman

Potret Candi Boko di sore hari

Candi satu ini memang memilik sejarah yang sudah sangat terkenal, siapa sih yang tidak tau candi boko? Yang dulunya merupakan bekas kerajaan ratu boko (ayah roro jonggrang). Lokasi candi ini terletak di dua desa yaitu desa bokoharjo dan desa sambireja, sleman. Di tempat ini kalian bisa mempelajari sejarah terbentuknya candi boko.

Candi Ijo

candi di kabupaten sleman

Menanti sunset di Candi Ijo

Nah candi kali ini bernama candi ijo atau candi hijau, dalam bahasa indonesia ijo berarti hijau. dan taukah kamu letak candi ini ada di ketinggian 360 mdpl di gumuk hijau.

Candi ini memiliki 11 teras alias anak tangga yang lumayan tinggi, di atas puncaknya kamu bisa melihat pemandangan alam yang sangat mengagumkan, candi ini terletak di dusun goyokan, desa sambirejo, sleman.

Candi Abang

candi di kabupaten sleman

Tampilan candi abang yang terpendam bukit

Tadi candi ijo yang berarti hijau kini candi abang yang berarti merah. Candi itu terletak tepat di bawah bukit, jadi candinya terpendam di bawah bukit kecil hingga tak terlihat hanya gundukan sebuah bukit saja yang akan terlihat.

Candi ini juga dulunya dikenal sebagai candi yang unik dan langka karna bahan dasar pembuatan candi dari batu bata merah, karna sangat jarang sebuah candi yang di buat dari batu bata merah. Nah jika kalian berkunjung ke tempat wisata ini kamu bisa bermain main ke bukit yang ada di atas candi, candi ini terletak di dusun jogotirto, kec berbah, sleman.

Candi Sambisari

candi di kabupaten sleman

Wisatawan yang sedang ambil foto di Candi Sambisari

Wisata sejarah candi yang terkenal dengan halaman yang luas ini awalnya terkubur dalam tanah, dengan kedalaman sekitar 6,6 meter oleh material vulkanik bekas lahar dingin akibat letusan gunung merapi pada tahun 1000 M. Candi hindu ini nggak sengaja di temukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul di sawah.

Candi simbisari terletak di desa sambisari, kelurahan purwomartani, kecamatan kalasan, kabupaten sleman, yogyakarta. Nah itulah sedikit informasi tentang wisata sejarah tentang candi di kabupaten sleman.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda