Destinasi Wisata Bogor – Mau liburan seru bersama keluarga tapi yang dekat dari Jakarta? Bogor selalu menjadi pilihan terbaik bagi wisatawan di ibu kota. Hiruk pikuk kepadatan di Kota Metropolitan memang seringkali membuat jenuh suasana dan pikiran. Belum lagi kesibukan kerja yang tak memberi kamu ruang untuk bernapas lega.

Itulah, Kota Jakarta. Bogor seringkali menjadi pelarian singkat untuk self-healing atau sekedar melepas energi-energi negatif yang menghantuimu. Membuatmu bekerja tanpa jiwa seperti robot, merusak jiwa dan ragamu, membuatmu melupakan orang di sekitarmu, hingga membuatmu kehilangan fokus. Lepaskan Radit, lepaskannnnn!

Banyak wisata alam dan wisata keluarga yang bisa menjadi pilihan, tergantung kamu tipe keluarga yang menyukai jenis aktivitas liburan seperti apa. Saat ini, pengembangan destinasi wisata dan fasilitas pendukungnya seperti resort atau penginapan sangat pesat. Tinggal pilih yang sesuai dengan preferensimu.

Dari sekian banyak tujuan wisata di kota ini, ada beberapa destinasi yang LABIRU rekomendasikan untuk menjadi pilihan terbaik dalam merencanakan perjalanan atau liburan keluarga. Tentunya memiliki keunggulan dari berbagai sisi. Misalnya, dari suasananya, fasilitas yang ditawarkan, maupun dari sisi keunikannya.

 

The Highland Resort (Credit: GuideKu)

The Highland Park Resort – One Stop Tourism Destination

Lokasi yang pertama tentu sudah tidak asing di telinga wisatawan. Resort mewah yang berada di kawasan dataran tinggi Bogor tepat di bawah kaki Gunung Salak ini menawarkan fasilitas glamour camping berkonsep rumah pohon, Mongolian, apache, dan barrack. Unik, bukan?

Tipe rumah pohon sangat cocok untuk dihuni keluarga yang cukup besar karena merupakan tipe yang paling luas dengan tarif 2 juta per malam. Sedangkan, untuk tipe tenda yang paling strategis adalah tipe mongolian yang berada dekat dengan resto dan kolam renang. Tarif per malamnya sekitar 1,3 juta dengan kapasitas 2 orang saja.

Tipe apache camp ini terletak cukup jauh dari resto sehingga ketika kamu ingin ke resto, harus menghubungi petugas untuk kemudian dijemput menggunakan mobil bogey yang disediakan oleh resort. Tentu harga per malamnya lebih terjangkau, yaitu 1,1 juta. Terdapat 27 kamar dengan jenis apache.

Kalau kamu membawa rombongan besar, cocok memilih tipe barrack ini karena memiliki kapasitas hingga 10 orang per barrack. Bisanya sering dipilih untuk peserta acara gathering/outbond/outing perusahaan. Fasilitasnya pun lengkap seperti hotel pada umumnya.

Menariknya, resort ini tidak hanya menyediakan layanan menginap. Namun, juga sering menawarkan fasilitas seperti, flying fox, high ropes, horse riding, target shooter atau achery, zip bike, driving range, mini golf, mini boat, duck boat, hall climbing, karaoke, mini playground, mini waterboom, lapangan futsal hingga fun fishing.

 

Devoyage Bogor (Credit: DetikTravel)

Devoyage Bogor – Bring Me to Eropa!

Tidak perlu ke luar negeri untuk liburan seru nuansa Eropa. Dengan membayar tarif mulai 30 ribu saja, kamu sudah bisa puas berkeliling dan berswafoto di berbagai spot, seperi Menara Eiffel, Kincir Angin Belanda, dan Gondola Venesia. Ada sekitar 150 spot foto bisa kamu jumpai di sini.

Kamu juga bisa loh mengenakan pernak – pernik ala Eropa untuk berswafoto di photobooth yang mengusung konsep desa – desa di Eropa. Tak puas hanya dengan berfoto saja, kamu juga bisa menikmati wahana lain seperti canoe, angsa gowes, becak mini, wahana brotherhood, shower ball, labirin, dan paket 2 games.

Gaya bangunan bernuansa Eropa, tak lengkap bila tidak turut menikmati kuliner Eropa. Derento Restaurant, menawarkan konsep ruang terbuka hijau dengan berbagai pilihan menu utama makanan khas western dan street food. Selain itu, kamu juga bisa mengadakan BBQ party bersama rombongamu jika lebih dari 20 orang di sini.

 

Kebun Puncak Panoongan by @dayankhatami (kiri) & @setyomangun)

Kebun Teh BogorĀ 

Perkebunan teh selalu menjadi salah satu tujuan wisata alam yang ramai dikunjungi. Pasalnya, landscape tanaman hijau yang berjejer rapi sejauh mata memandang membuatnya sangat indah untuk menjadi latar foto. Selain itu, udara segar dan suasana sejuk dapat memberikan kamu ketenangan.

Bogor memiliki banyak kawasan perkebunan teh yang indah. Kalau kamu bingung memilih destinasi terbaik untuk berwisata alam sekaligus berburu spot foto yang bagus, dua destinasi pilihan terbaik yang LABIRU rekomendasikan untuk kamu adalah Kebun Teh Panoongan dan Kebun Teh Gunung Mas.

Keduanya kurang lebih sama dengan perkebunan teh pada umumnya. Namun, kamu tidak akan menemukan landscape rapi yang bisa se-instagramable ini di lokasi yang lain. Kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke kedua tempat tersebut saat akhir pekan.

 

The Ranch Mega Mendung

The Ranch Mega Mendung, Bogor (Credit: Orami)

The Ranch Mega Mendung – Belanda banget vibes-nya!

Masih di area Puncak, wisata ini pasti mengingatkan kamu dengan salah satu wisata populer di Lembang, Bandung. Yup, betul! Wisata ini merupakan cabang dari The Ranch Lembang. Meski tergolong baru dan cabang, The Ranch Bogor menawarkan fasilitas dan aktivitas yang jauh lebih lengkap daripada pendahulunya.

Sejak awal dibuka, wisata ini terus melakukan penyempurnaan dengan melengkapi wahana dan fasilitasnya. Beberapa yang bisa kamu nikmati dari wisata berkonsep klasik ala Belanda ini adalah taman bunga, taman kelinci, danau, tranpolin, lego, berbagai spot wisata unik.

Selain itu, kamu juga bisa berkuda di lahan seluas 6,5 hektar, memanah, bermain dengan hewan – hewan lucu dan mengenakan kostum cowboy gaya Eropa abad pertengahan seharga 35 ribu saja sembari berswafoto di banyak spot foto menarik yang bisa kamu temukan di tempat ini.

Tiket masuk wisata mulai 20 ribu per orang dan kamu akan mendapatkan segelas susu murni. The Ranch juga menyediakan restoran dengan tema “Taste of Bandung” yang menyajikan berbagai jenis kuliner khas Sunda tentunya. Kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh di outlet yang tersedia.

Menariknya, wisata ini juga ramah difabel, loh. Pengelola secara khusus menyediakan kursi roda untuk difabel, bisa juga untuk lansia. Jadi, buat kamu yang bingung mau liburan bersama keluarga besar dan anak-anak tapi butuh tempat wisata yang ramah anak dan lansia, The Ranch bisa menjadi pilihan terbaikmu.

 

Little Vanice

Litte Venice (Edited by Resky Agustyananto from Instagram L-C-R: @yessinovamonikaa, @ahlulfikri_fadrian & @japobs)

Little Venice – Indonesia Rasa Italia

Setelah dari Belanda, kita ke Italia, yuk!

Wisata baru ini menjadi primadona di media sosial terutama bagi kalangan milenials ini patut kamu coba kunjungi bersama besties atau keluarga kecilmu. Seperti namanya, konsep wisata ini mengadopsi gaya arsitektur dari Kota Venezia di Italia, termasuk kanal-kanal air yang menjadi khas wisata di kota tersebut.

Awalnya, Kota Bunga Litte Venice ini merupakan sebuah tempat penginapan. Namun, konsep atau temanya yang unik membuat tempat ini akhirnya populer sebagai destinasi wisata. Bahkan, saat ini, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata hits di Kota Hujan ini.

Fasilitas dan aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini juga beragam. Wahana terfavorite di sini adalah wahana gondola. Kamu bisa menyusuri kanal – kanal air yang diapit gedung – gedung khas Italia seperti di Venezia selama 15 menit per sekali jalan dengan tarif 20 ribu per orang.

Fasilitas lainnya, ada sepeda air, banana boat, bubble ball, perahu naga, kapal missisipi, dan rubber boat. Setiap wahana memiliki tarif yang bervariatif. Selain itu, destinasi ini juga memiliki fasilitas kolam renang, lapangan tenis, kolam pancing, playground, arena fantasi, sewa kuda, restoran, dan fasilitas dasar lainnya melengkapi penginapan yang ada di tempat ini.

 

Taman Wisata Gunun Pancar

Taman Wisata Gunun Pancar (Credit: Hipwee)

Taman Wisata Gunung Pancar

Destinasi ini sangat cocok bagi kamu pecinta wisata alam. Terletak di kawasan Gunung Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Lokasi ini tidak jauh dari The JungleLand. Tiket masuk wisata sangat terjangkau yaitu mulai 5000 hingga 7500 saja per orang, belum termasuk parkir, makan, dan penyewaan alat lainnya.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di Taman Wisata Gunung Pancar?

Kamu bisa menikmati pemandangan alam berupa hutan pinus yang estetik untuk berswafoto. Lokasi ini juga banyak digunakan sebagai latar pre-wedding, loh. Banyak jenis pohon estetik lainnya seperti rasamala, beringin, puspa, dan banyak jenis pohon estetik yang lain.

Kamu juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah di hutan ini. Tenang, buat kamu yang nggak mau ribet tapi tetap mau menikmati bermalam di tengah hutan dengan suasana alam hutan, pengelola juga menyediakan penyewaan alat – alat outdoor dan fasilitas umum seperti toilet.

Sembari berkemah dan menikmati berayun di hammock, paginya kamu bisa bersepeda menyusuri hutan pinus atau trekking menuju destinasi alam sekitarnya, seperti Curug Hordeng, Curug Barong, Curug Bidadari dan masih banyak lagi.

 

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (Credit: RedDoorz)

Kebun Raya BogorĀ 

Destinasi ini tentu sudah tidak asing di telinga wisatawan, terutama wisatawan dari Jabodetabek yang biasanya menjadi alternatif liburan keluarga untuk akhir pekan. Berlokasi di Jl. Ir. Juanda, Paledang, Bogor, destinasi ini memiliki banyak julukan seperti Botanical Gargen of Indonesia, Land’s Plantentuin, Sykobutzer, dan masih banyak lagi.

Dengan tarif masuk hanya 16.500 – 26.500 saja bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, kamu sudah bisa menimati sejuknya kawasan wisata. Jika ingin berkeliling, kamu bisa menggunakan shuttle bus, menyewa sepeda, mini car, hingga golf car dengan harga mulai 20 ribu hingga yang termahal 250 ribu per jam untuk golf car berkapasitas 4 orang.

 

Curug Lontar dan Curug Cigamea

Curug Lontar by @bogorkotahijau & Curug Cigamea by @daden.cokor on Instagram

Air Terjun & Curug Bogor Terindah

Bogor tidak saja terkenal sebagai Kota Hujan, namun juga Kota 1000 Curug. Bukan tanpa alasan, kamu bisa menemukan banyak sekali air terjun atau curug yang unik dan menarik. Saking banyaknya pilihan destinasi, banyak wisatawan seringkali bingung mau memilih curug mana.

Bagi kamu yang pemula, membawa anak-anak atau orang tua, cobalah ke Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk. Akses jalan untuk trekking-nya cenderung aman dan mudah. Saat ini, sudah banyak guide di Sentul yang menyediakan pendampingan trekking menuju lokasi curug, kok. Bahkan banyak juga warga yang menyediakan penginapan.

Rekomendasi lainnya adalah Curug Cilember, Curug Cibaliung, Curug Cigamea, Lembah Topus, Curug Pangeran, Curug Nangka, Curug Luhur, Curug Panjang, Curug Seribu, dan Curug Lontar.

Baca Juga:
Tips Solo Traveling, Bikin Perjalananmu Efisien dan Praktis
7 Resto & Cafe Jogja Instagramable di Gunung Kidul, Yogyakarta

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda