Gembira Loka Zoo atau yang biasa disingkat GL Zoo merupakan kebun binatang terbesar di Yogyakarta. Kebun Binatang ini berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orang utan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta.

Sejarah

Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka (Cr : Google)

Gembira Loka mempunyai arti “Tempat Bahagia”. Hampir setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengkubuwana IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebun binatang publik. Maka didirikanlah Gembira Loka di atas lahan seluas 22 hektare yang separuhnya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa di antaranya 61 spesies flora.
Gembira Loka dulu sempat rusak karena terkena gempa bumi di Yogyakarta pada tahun 2006. Tetapi setelah direnovasi Gembira Loka masih tetap menjadi incaran wisatawan untuk dikunjungi.

Lokasi

Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka (Cr : Google)

Gembira Loka Zoo berlokasi di sebelah barat sungai Gadjah Wong Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di tengah kota Yogyakarta membuat kebun binatang ini mudah untuk dijangkau.
Dari titik nol kilometer Kota Yogyakarta hanya berjarak 4,6 km dengan waktu tempuh sekitar 17 menit. Untuk memudahkan perjalananmu kamu bisa akses Google Maps dengan keyword “Gembira Loka Zoo” atau klik link berikut ini  https://maps.app.goo.gl/2ZgZQRhUezK7CkoEA

 

Jenis Satwa

Perlu diketahui juga, koleksi satwa yang terdapat di kebun binatang Gembira Loka Zoo Jogja tidak selangka seperti yang ada di Malang. Namun dari satwa yang ada, sepertinya Gembira Loka sudah bisa menjadi tujuan wisata edukasi untuk keluarga yang asyik. Nah bagi anda yang ingin mengetahui Jenis Satwa di Gembira Loka Zoo Jogja, berikut adalah daftarnya :

Reptilia :

Reptilia

Reptilia GL Zoo (Cr : Google)

Biawak Pohon Biru, Kura-kura Aldabra, Biawak Pohon Hijau, Kura-kura Kepala Chery, Biawak Bekari/ Biawak Pohon Hitam, Biawak Bengalis, Biawak Goldi, Biawak Komodo, Biawak Tegu, Buaya Muara, Buaya Senyulong, Chameleon, Iguana Hijau, Kadal Lidah Biru, Kadal Pensil, Kura-kura Dada Merah, Kura-kura Indiana Star.

Mamalia :

Harimau GL Zoo

Harimau GL Zoo (Cr : Google)

Beruang Madu GL Zoo

Beruang Madu GL Zoo (Cr : Google)

Orangutan Kalimantan, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Babi Hutan, Ankole Watusi, Beruang Madu, Lutung Jawa, Kapibara, Kijang, Binturong, Kuda Nil Kerdil, Kuda Nil Landak Jawa, Lemur Ekor Cincin, Macan Dahan, Linsang/Berang-berang, Musang Rase, Tapir Asia, Unta Punuk Satu, Owa Kalimantan Rusa Timor, Rusa Tutul, Simpai, Simpanse Macan Tutul Jawa, Wallaby, Tapir Brazil, Nilgai.

Amfibia :

Axolotl

Axolotl GL Zoo (Cr : Google)

Katak Bibir Putih, Katak Badut, Katak Budgett, Katak Pesek, Katak Red Rain, Katak Tomat, Salamander Axolotl.

Aves :

Aves GL Zoo

Aves GL Zoo (Cr : Google)

Burung Hantu, Elang Bondol, Elang Brontok Burung Unta, Violet Turaco, Macau Merah, Julang Emas, Gagang Bayam, Kakatua Jambul Kuning, Macau Biru Emas, Angsa Hitam, Alap alap Sulawesi, Elang Jawa, Elang Laut Perut Putih, Kakatua Maluku, Kakatua Raja, Kakatua Tanimbar/Goffinian, Kasuari Gelambir Dua, Merak Hijau, Nuri Abu-abu Afrika, Nuri Bayan, Nuri Kabare/Kasturi Raja, Nuri Hitam, Pelikan, Lesser Flamingo, Rangkong Badak, Pinguin Jackass / Pinguin Afrika, Scarlet ibis, Silver Pheasant, Pelatuk Besi.

Pisces :

Arapaima GL Zoo

Arapaima GL Zoo (Cr : Google)

Belida, Arapaima, Bala-bala, Ketupang, Ikan Hantu, Ikan Macan, Oscar, Jengishkan, Piranha, Tomang.

 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Gembira Loka Zoo saat weekdays (Senin – Kamis) buka mulai pukul 09.00 WIB -15.00 WIB dengan Harga tiket masuk sebesar Rp 60.000/ orang dewasa.
Sedangkan untuk weekend (Sabtu – Minggu) dan hari libur buka mulai pukul 08.30 WIB – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp 75.000/ orang dewasa.
Untuk anak dengan tinggi dibawah 80 cm tidak dikenakan biaya alias gratis tiket masuk. Harga tiket sudah termasuk paket Perahu Katamaran dan Taring.

Baca Juga :

Wahana

Transportasi Keliling

Taring (Transportasi Keliling) GL Zoo (Cr : Google)

Onta Tunggang

Onta Tunggang (Cr : Google)

Pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan berbagai satwa yang berada dalam kandang. Disini pengunjung bisa menjajal semua wahana yang tersaji sedemikian rupa. Berikut pilihan wahana yang wajib dicoba jika berkunjung ke kebun binatang ini.

Onta Tunggang : Pengunjung bisa naik unta sambil berkeliling melintasi kandang yang didesain layaknya khas timur tengah.
Petting Zoo : Pengunjung bisa berinteraksi dengan satwa-satwa jinak seperti, domba, kura-kura, kelinci, dan lainnya.
Nineboot : Pengunjung bisa melatih ketangkasan di atas smart wheels, di area seluas 1.792 m2
Zoo Express : Pengunjung menaiki kereta mini berkeliling melewati area dengan desain tematik amerika old west town
Kolam Sentuh : Berinteraksi langsung dengan beragam jenis ikan.
Gajah Tunggang : Rasakan serunya berkeliling arena dengan menunggangi gajah.
Kolam Tangkap : Wahana yang dikhususkan bagi anak usia balita hingga 10 tahun. Disini anak-anak bisa bermain dan menangkap ikan sepuasnya.
ATV : Uji ketangkasan di sirkuit tanah yang berkelok-kelok menggunakan kendaraan ATV. Rasakan serunya lintasan-lintasan off road disini.
Terapi Ikan : Pengunjung bisa bersantai menghilangkan stres dengan menikmati micromassage dari ratusan ikan-ikan kecil.
Perahu Kayuh : Mengelilingi sungai dengan perahu berbentuk angsa. Cukup mengayuh bebek-bebekan ini untuk berkeliling sungai di sekitar area kebun binatang.
– Sekuter Air : Hampir mirip dengan jet ski namun dengan kecepatan rendah sehingga aman untuk anak kecil.
Taring (Transportasi Keliling) : Pengunjung bisa berkeliling area kebun binatang dengan kendaraan yang hampir mirip dengan kereta terbuka.
Bumper Boat : Perahu yang mirip dengan ban ini akan membuat pengunjung merasakan sensasi berputar-putar. Wahana ini bisa ditumpangi 2 orang sekaligus.

 

Fasilitas

Kebun binatang ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Disini dari pengunjung usia balita, lansia dan penyandang disabilitas terakomodasi dengan baik. Fasilitas tersebut berupa area parkir, sentral service, stroller bayi. Akses wifi/ internet, foodcourt, kursi roda, gelang anak (untuk memudahkan petugas jika anak terpisah dari orang tuanya), toilet dan mushola.
Nah itu tadi informasi-informasi mengenai Gembira Loka Zoo. Cocok sekali untuk liburan keluarga apalagi jika membawa anak. Anak bisa belajar edukasi terhadap satwa-satwa yang ada secara langsung. Menarik bukan? Kamu bisa request Gembira Loka Zoo sebagai destinasi yang ingin kamu kunjungi di Labiru Tour 😊

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda