3 Mini Zoo di Yogyakarta, Cocok Untuk Edukasi Anak

Jogja Exotarium (Credit Photo : Google)

Gembira Loka Zoo mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kebun binatang terbesar di Yogyakarta ini menawarkan berbagai atraksi wisata dan bermacam-macam jenis satwa. Namun selain Gembira Loka Zoo juga terdapat beberapa Mini Zoo baru di Yogyakarta yang menawarkan hal yang sama dengan tempat yang lebih kecil.

Mini Zoo bisa menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan untuk keluarga. Selain memberikan edukasi kepada anak tentang binatang kita juga bisa bersantai menikmati suasana santai di beberapa Mini Zoo berikut ini. Sederet Mini Zoo berikut ini menggunakan tema ekowisata, sehingga pengunjung dapat merasakan suasana alam yang rindang.

Jika kamu tidak mau berwisata satwa di tempat yang luas seperti Gembira Loka, kamu bisa mengujungi Mini Zoo-Mini Zoo berikut ini :

Baca Juga : Liburan ke Kebun Binatang Anti-Mainstrem di Bali, Bisa Pegang Harimau !

  1. Suraloka Mini Zoo

Suraloka Mini Zoo (Credit : Google)

Terletak di Kaliurang Yogyakarta, Suraloka Mini Zoo menyajikan banyak wahana. Mulai dari mini zoo, arena bermain anak, area terapi ikan, zona Augmented Reality (AR), zona wahana adrenalin seperti flying fox, cafe and resto hingga green house.

Suraloka Mini Zoo mengusung konsep ekowisata seperti penataan ruang, rumput, dan tanaman yang tertata rapi. Terdapat pula kolam dan air mancur yang terlihat cantik dan ada berbagai spot foto yang instagramable di lokasi tersebut yang membuat siapa pun betah saat berkunjung.

Binatang yang berada di Mini Zoo ini adalah hewan jinak diantaranya kambing, rusa, ayam hias, bebek, iguana, aneka burung, ikan, kelinci, hingga kuda poni sehingga sangat ramah untuk anak-anak. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut dengan didampingi petugas. Pihak pengelola juga menyediakan wahana naik kuda poni keliling area Suraloka Zoo.

Jangan takut kelaparan selama berkeliling Mini Zoo karena di dalam area Mini Zoo terdapat restaurant yang siap menawarkan berbagai menu makanan dan minuman.

Untuk tiket masuk pada hari Senin-Jumat dikenakan tarif Rp 30.000/ orang dan tiket masuk Sabtu-Minggu dikenakan tarif Rp 40.000. Untuk anak dibawah 1 tahun FREE tiket masuk.

 

       2. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi (Credit Photo : Google)

Interaksi dengan Domba (Credit Photo : Google)

Terletak di Pakem, Sleman, Agrowisata Bhumi Merapi menyajikan banyak wahana. Disini kita dapat berinteraksi dengan hewan-hewan seperti kelinci, ular, kuda, aneka burung, dan masih banyak lagi. Di zona ular, pengunjung juga bisa memegang ular berukuran besar yang sudah jinak. Di Bhumi Merapi juga terdapat spot-spot foto yang instagramable.

Agrowisata ini menawarkan konsep pertanian, perkebunan dan peternakan sehingga selain liburan para pengunjung juga bisa mendapatkan banyak ilmu dan mendukung edukasi anak. Sangat cocok untuk anak sekolah yang ingin berlibur sembari belajar mengenai tanaman dan hewan.

Kegiatan yang dilakukan di antaranya seperti memerah susu kambing, memberikan dot berisi susu bagi anak kambing, mengolah susu untuk dijadikan yogurt dan es krim, mengolah pakan ternak dan lain sebagainya.

Untuk tiket masuknya dikenakan tarif Rp 30.000.

 

      3. Jogja Exotarium

Jogja Exotarium (Credit Photo : Google)

Ular Jinak di Jogja Exotarium (Credit Photo : Google)

Jogja Exotarium terletak di Kec. Mlati, Kabupaten Sleman. Banyak zona wisata yang ditawarkan, salah satunya zona satwa.

Di zona ini, pengunjung bisa menyaksikan koleksi satwa yang ramah dan lucu. Seperti domba, kelinci, rusa, kuda, burung, dan juga kucing. Pengunjung juga bisa memberi pakan untuk satwa-satwa itu. Ada pula wahana off road jeep dengan menyusuri sungai.

Selain Mini Zoo, Jogja Exotarium juga dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik lainnya, seperti kolam renang anak, kolam tangkap ikan, tubing anak, edukasi perikanan, edukasi peternakan, edukasi pertanian, outbond training hingga cafe dan resto serta spot foto.

Kita juga bisa menunggangi kuda yang akan membawa pengunjung berkuda sesuai rute yang telah ditentukan. Jangan khawatir karena ada petugas yang mendampingi anda berkeliling menggunakan kuda tersebut.

Harga tiket masuk Jogja Exotarium yaitu Rp 20.000.

Baca Juga :

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda