Wisata JakartaKota Jakarta yang dikenal sebagai kota super sibuk yang hampir tidak pernah tidur ini tentu tidak memiliki begitu banyak area hijau bagi mereka yang merindukan suasana alam di tengah kegiatan kesehariannya.

Namun, tidak banyak bukan berarti tidak ada bukan? Jakarta memiliki setidaknya 15 hutan kota yang memiliki luas total 146 hektar. Salah satunya adalah Hutan Kota Cipayung yang awalnya hanyalah lahan kosong tempat membuang sampah warga setempat.

Anda bisa menikmati sensasi menenangkan dikelilingi oleh pepohonan dan ditemani suara gemerisik daun dan suara hewan-hewan kecil di Hutan Kota Cipayung. Bagi Anda yang belum mengenal Hutan Kota Cipayung, ini dia penjelasan singkatnya. Semoga membantu ya^^

Daya Tarik

Credit: yangbelumsempat

Hutan Kota Cipayung seluas 1,3 hektar ini menawarkan sensasi sejuk yang sulit Anda temukan di Jakarta. Udara segar dan rindang berkat pepohonan hijau, terutama saat musim hujan. Jika Anda berencana berkunjung pagi atau sore hari, bawalah jaket atau pakaian tebal untuk menghangatkan diri.

Berbeda dengan hutan pada umumnya, di Hutan Kota Cipayung Anda dapat menyusuri keindahan alam melalui jalan yang dilapisi paving block. Jalur ini tidak hanya membantu Anda menemukan arah, tetapi juga menjaga alas kaki Anda dari debu dan tanah.

Daya tarik Hutan Kota Cipayung bukan hanya pada pepohonan mahoni dan bunga-bunga yang terawat, tetapi juga pada satwa-satwa liar yang mendiami hutan ini. Jangan khawatir, satwa liar di sini tidak berbahaya, seperti kadal, bunglon, burung berkicau, katak, jangkrik, dan hewan lain yang aman.

Sejarah Hutan Kota Cipayung

Credit: hutan-kota-cipayung.business.site

Hutan kota ini awalnya merupakan lahan kosong milik Walikota Jakarta, lalu setelah mendapat kebebasan, sempat menjadi tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar. Butuh waktu setidaknya kurang lebih 1 tahun untuk membersihkan area yang sekarang kita kenal dengan Hutan Kota Cipayung ini.

Bayangkan seberapa kotornya dahulu Hutan Kota Cipayung ini hingga butuh waktu 1 tahun untuk membersihkannya? Ditambah status awalnya yang masih berupa lahan kosong yang penuh tanaman gulma tentu saja menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembersihannya.

Lokasi dan Jam Buka

Hutan Kota Cipayung terletak di Jalan Ali, RT. 7/RW. 1, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, tepatnya di sebelah Tol Jagorawi. Tidak langsung berada di sebelah Tol, Anda harus sedikit berjalan masuk ke dalam gang untung menemukan Hutan Kota Cipayung.

Hutan kota ini buka setiap hari di jam yang sama, yakni dari pagi hari pukul 08.00 WIB sampai sore hari pukul 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya masuk ke Hutan Kota Cipayung, karena pihak pengelola sama sekali tidak memungut biaya sepeserpun bagi pengunjung, alias anda boleh berkunjung secara gratis.

Baca Juga: Wisata Hutan Pinus Pengger Bantul

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke Taman Kota Cipayung. Selain bersantai, Hutan Kota Cipayung bisa menjadi alternatif lokasi pilihan jika anda gemar berlari atau sekadar ingin berjalan santai.

Berlari atau jalan santai mengelilingi hutan s sambil menikmati berbagai flora seperti bunga-bunga yang bermekaran dan berbagai pohon yang berjajar seakan mengawal perjalanan Anda tidak terdengar seperti ide buruk bukan? Terlebih anda akan ditemani suara hewan-hewan liar yang ada di tempat ini. Suara Katak, kerik jangkrik, hingga kicauan merdu burung akan menemani perjalanan Anda.

Fasilitas

Selain jalur yang dilapisi paving block untuk mengelilingi hutan, kawasan Hutan Kota Cipayung juga memiliki toilet umum dan Mushola yang terawat sehingga anda tidak perlu khawatir saat berkunjung. Meski tidak ada penjual makanan di area Hutan Kota Cipayung, pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar untuk dinikmati saar berada di hutan kota ini.

Yah, tentu saja jangan lupa untuk membuang sampah makanan dan minuman anda di tempat sampah untuk menjaga kebersihan ya~

Baca Juga: Objek Wisata Taman Hutan Hujan Tropis Bengkulu

Paket Wisata di Jakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Jakarta