Jika kamu mencari tempat dengan suasana sejuk dan udara segar, maka Kebun Teh Nglinggo adalah destinasi wisata yang kami rekomendasikan untukmu. Kebun Teh Nglinggo adalah perkebunan the subur yang terletak di Kulon Progo, DIYogyakarta.

Berada di ketinggian lebih dari 800 meter dan seluas lebih dari 136 hektare menghampar. Di atas permukaan laut, Kebun Teh Nglinggo menyuguhkan udara sejuk dan panorama yang indah. Dengan mengandalkan pemandangan hijaunya hamparan kebun teh, udara yang sejuk, dan deretan gunung yang ada di sekitarnya, Kebun Teh Nglinggo kini jadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke DIY.

Saat ini Kebun Teh Nglinggo menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar. Sebelum menjadi destinasi wisata, masyarakat hanya mendapat penghasilan dari kebun teh, namun saat sudah menjadi destinasi wisata, masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan dari para wisatawan yang datang berlibur.

Seperti apa Kebun Teh Nglinggo ini? Simak artikel lengkapnya di ulasan ini yaa…

Lokasi

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo (Cr : Google)

Kebun Teh Nglinggo berlokasi di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebun teh ini berjarak 38km dari titik nol Kota Jogja dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Untuk memudahkanmu menuju ke lokasi tersebut, kamu dapat membuka Google Maps dengan keyword “Kebun Teh Nglinggo” atau bisa klik link https://maps.app.goo.gl/sGhW511ihJoeVShY8

 

Daya Tarik

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo (Cr : Google)

Awalnya Kebun Teh Ngliggo bukan tempat wisata, namun makin hari makin banyak orang berkunjung. Pada tahun 2004, Dinas Pariwisata dan Bupati Kulon Progo meresmikan sebagai Desa Wisata Nglinggo dengan daya tarik kebun teh.

Di sini kamu akan melihat hamparan kebun teh yang indah. Yang membentuk pola unik yang menjadi ciri khas dari kebun teh. Di kebun teh ini juga banyak kajian wisata budaya seperti Tari Lengger Tapeng, Tari Jathilan dan Tradisi Saparan.

Selain itu, ada juga wisata edukasi berupa proses pembuatan gula aren, pembuatan teh sangrai, pembuatan kopi hitam, serta pelatihan batik tulis. Untuk kamu yang suka berwisata penuh tantangan, ada juga wisata off road seperti menggunakan mobil Jeep.

 

Jam Operasional dan HTM

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo (Cr : Google)

Kebun Teh Nglinggo buka setiap hari senin-minggu mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Tiket masuknya cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 3000/ orang ditambah biaya untuk retribusi parkir sebesar Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Baca Juga :

Fasilitas

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo (Cr : Google)

Dikarenakan sudah menjadi objek wisata yang terkenal, maka tidak heran jika pengelola wisata sudah menyediakan berbagai fasilitas yang sangat memadai bagi wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Fasilitas yang sudah disediakan di tempat wisata ini adalah :

  1. Area parkir yang cukup luas
  2. Toilet yang bersih
  3. Mushola dan perlengkapan sholat
  4. Warung yang menyediakan berbagai makanan
  5. Spot foto yang unik dan menarik
  6. Homestay bagi yang ingin menginap

 

Tips berkunjung

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo (Cr : Google)

Sebelum berkunjung, pastikan kamu perhatikan hal-hal berikut ini ya agar liburanmu lebih aman dan nyaman. Berikut tips berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo yang harus kamu berhatikan.

  1. Pastikan kamu dalam keaadan prima

Perjalanan menuju Kebun Teh Nglinggo berlika-liku dan melewati beberapa tanjakan panjang dan turunan. Selain itu, tanjakan yang dilalui pun cukup ekstrem. Maka dari itu, sebelum pergi pastikan kendaraanmu prima dan kuat melewati jalan menanjak. Selain itu, setelah tiba di parkiran kebun teh ini, kamu perlu berjalan kaki dengan jalan yang menanjak untuk menuju Kebun Teh Nglinggo.

  1. Siapkan Google Maps agar kamu tidak kesasar

Pastinya google maps sudah menjadi kebutuhan pokok disaat kita ingin berkunjung ke suatu tempat. Jadi pastikan google maps mu dapat diakses untuk memudahkanmu mencari tempat tujuan. Selain itu kamu juga bisa bertanya dengan orang-orang sekitar. Ingat pepatah “malu bertanya sesat di jalan” 😊

  1. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Seperti yang diketahui sebelumnya, setibanya di tempat parkir pengunjung perlu berjalan kaki melewati jalan menanjak untuk menuju ke lokasi. Agar dapat berjalan dengan selamat, gunakan alas kaki yang nyaman dipakai dan tidak licin. Hal ini berguna supaya ketika berjalan menanjak tidak akan terjatuh.

  1. Datanglah di Pagi Hari

Kamu bisa datang di pagi hari saat udara nya masih segar dan sejuk. Hawa yang masih segar belum bercampur dengan polusi udara membuat pikiranmu menjadi fresh.

 

Nah itu tadi informasi-informasi mengenai Kebun Teh Nglinggo. Kamu bisa berkunjung kesini bersama keluarga, teman-teman atau pasanganmu. Sangat menyenangkan dan pastinya akan berkesan. Semoga bisa menjadi referensi liburanmu yaa 😊

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda