Kereta PanoramicIsu yang sedang viral dan menjadi perbincangan hangat di Indonesia belakangan ini. Hadirnya alternatif wisata baru selama akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023. Kamu dapat menikmati fasilitas dan pelayanan mewah dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan. 

Memanfaatkan moment libur natal dan tahun baru 2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkenalkan gerbong kereta pariwisata mewah, Kereta Panoramic. Kereta pariwisata ini merupakan kereta inovasi terbaru yang memiliki jendela berdimensi sangat besar pada kedua sisinya dengan atap kaca memanjang yang dapat dibuka-tutup secara otomatis. 

Kereta ini dirangkai pada perjalanan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta di Stasiun Tugu. Rencananya akan dijalankan dari 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Menempuh waktu selama kurang lebih 8 jam perjalanan dengan permberhentian di Cirebon – Bumiayu – Purwokerto – Kroya  Kebumen – Kutoarjo – Wates – Yogyakarta.

Gerbong ini berkapasitas 46 tempat duduk untuk sekali perjalanan. Bagi kamu yang suka berpergian atau traveling, wajib banget nih untuk kamu coba. Sebelum kamu mencoba, baca dulu nih informasi yang akan membantu kamu untuk lebih memahami keunggulan, fasilitas, harga dan tips berwisata menggunakan kereta ini. 

 

Kereta Panoramic

Kereta Panoramic (Credit: Kereta Api Kita)

Fitur Kereta Panoramic

Apa sih bedanya dengan kereta biasa pada umumnya?

Kereta ini dimodifikasi dari kereta eksekutif menjadi kereta pariwisata yang menawarkan pengalaman seru menempuh perjalanan kereta dengan view terbuka. Kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang rute perjalanan. Sebuah pengalaman perjalanan baru yang patut kamu coba.

Berbeda dengan kereta api pada umumnya, kereta panoramic dikelola langsung sebagai kereta pariwisata. Termasuk crew yang melayani pun memiliki kesan yang berbeda dan lebih santai. Begitu memasuki gerbong, kamu akan langsung disambut ramah oleh kondektur atau kondektris yang bertugas.

 

Gerbong Kereta Panoramic (Credit: Bisnis Tempo)

Fasilitas Kereta Panoramic

Fasilitas yang akan kamu dapatkan meliputi kursi yang dapat kamu putar menghadap jendela, tirai jendela dan atap dengan kendali otomatis menggunakan remote, serta rak bagasi khusus yang terletak pada ujung kereta sehingga memudahkan kamu yang membawa banyak barang bawaan.

Terdapat meja makan di setiap kursi, lampu baca, kursi roda untuk disabilitas, toilet dengan sensor otomatis, televisi dengan suara yang jelas dan WI-FI. Kereta ini memiliki system automatic sunroof yang berfungsi untuk menahan panas matahari dari luar ruangan agar penumpang tetap nyaman di dalam kereta.

Pada perjalanan perdana, kamu akan mendapatkan layanan khusus berupa welcome drink, makanan, minuman, dan selimut secara gratis. 

 

Harga Kereta Panoramic

Saat masa peresmiannya, tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic dijual mulai 750.000,-. Namun, untuk saat ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar 1 juta per orang yang bisa kamu reservasi melalui aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh jaringan penjualan resmi tiket KAI lainnya.

Meskipun harga yang dibanderol hampir 2 kali lipatnya dari tiket kereta eksekutif biasa. Namun, ada pengalaman berbeda dan fasilitas baru yang bisa kamu dapatkan. 

 

KAI Access (Credit: KAI)

KAI Access (Credit: KAI)

Cara Pembelian Tiket Kereta Api Panoramic

Berikut cara pemesanan tiket kereta api termasuk KA Taksaka Tambahan Panoramic.

Via Website Resmi KAI

1. Akses laman booking.kai.id menggunakan browser di gadget kamu
2. Pilih atau ketikkan nama stasiun asal dan stasiun tujuan
3. Tentukan tanggal keberangkatanmu dan jumlah penumpang
4. Lanjutkan dengan klik tombol “Cari & Pesan Tiket”
5. Pilih jadwal kereta dan nomer kursi sesuai keinginanmu
6. Tentukan metode pembayaran
7. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih
8. Kamu bisa mencetaknya di mesin pencetak tiket stasiun kereta asal 

 

Via Aplikasi KAI Access 

1. Unduh aplikasi KAI Access di Playstore atau Appstore
2. Login atau buat akun baru bagi kamu yang belum memiliki akun
3. Pilih stasiun asal dan stasiun tujuan
4. Tentukan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang
5. Pilih jenis dan jadwal kereta
6. Isi data pemesanan atau data penumpang
7. Tentukan metode pembayaran
8. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang kamu pilih

Kamu tidak perlu antre panjang untuk mencetak di mesin cetak tiket stasiun keberangkatan karena KAI Access sudah dilengkapi dengan e-Boarding Pass. Kemudahan ini akan membuat perjalananmu lebih efisien. 

 

KAI Access (Credit: KAI)

Jadwal Keberangkatan Kereta Panoramic

Berikut informasi mengenai jadwal keberangkatan dari Yogyakarta dan Jakarta selama periode peresmian pertama pada 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023

Keberangkatan Yogyakarta 

KA 7011C berangkat pukul 21.40 WIB, tiba di Gambir pukul 05.33 WIB. 

KA 7025B berangkat pukul 12.00 WIB, tiba di Gambir pukul 19.30 WIB. 

Keberangkatan Jakarta 

KA 7012C berangkat dari Gambir pukul 10.40 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 18.39 WIB. 

KA 7026B berangkat dari Gambir pukul 23.45 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 07.50 WIB.

 

Baca Juga:
Kunjungi 5 Wisata Dengan Kereta Seru
Lava Tour Merapi, Wisata Jeep Jogja Paling Populer

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda