Pantai Jungwok Yogyakarta – Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunungkidul banyak sekali terdapat pantai yang indah. Pantai pasir putihnya menjadi tempat favorit wisatawan. Saat musim liburan pun selalu ramai dikunjungi. Pantai-pantai tersebut antara lain adalah Pantai Indrayanti, Pantai Siung, Pantai Sepanjang dan Pantai Baron.

Saat ini ada pantai yang sedang menjadi favorit wisatawan yaitu Pantai Jungwok. Dinamai Pantai Jungwok karena garis pantai ini melengkung dan konon kata masyarakat sekitar, bentuknya yang seperti cekungan inilah yang membuat pantai ini dinamai Jungwok. Pantai Jungwok termasuk pantai yang kecil dengan batu karang yang menyerupai pulau yang ada di tengah pantai.

Pantai Jungwok memiliki ombak yang cukup tenang dibandingkan pantai-pantai selatan lainnya. Pantai Jungwok memiliki tiga saluran sungai air tawar. Hal itu yang membuat seolah dapat membagi bibir pantai menjadi tiga bagian sekaligus. Hal ini menjadikan daya tarik bagi pengunjung pantai karena keunikannya.

Pantai Jungwok sering dijadikan tempat untuk berkemah dikarenakan mempunyai bibir pantai yang luas, ombak yang cenderung tenang dan sepi pungunjung. Jika kamu ingin berkemah disini, bawalah peralatan kemah sendiri karena di Pantai Jungwok tidak menyediakan peralatan kemah.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok (Cr : Google)

Baca Juga : Tips Aman dan Nyaman Saat Berlibur ke Pantai, Bikin Liburanmu Berkesan!

Lokasi

Lokasi Pantai Jungwok

Lokasi Pantai Jungwok (Cr : Google Maps)

Pantai Jungwok berlokasi di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak tempuh dari Kota Jogja sejauh 70km dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam.  Kamu bisa menempuh rute dengan melewati Jalan Wonosari atau melewati jalan Siluk Panggang.

Tidak usah khawatir, jalan menuju pantai sudah tergolong bagus karena sudah beraspal. Namun kamu harus hati-hati saat memasuki daerah pantai karena jalanan masih sedikit berbatu.

 

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok (Cr : Google)

Kamu bisa bermain air disana karena ombaknya yang tidak besar. Namun kamu tetap harus hati-hati karena ombak besar tidak bisa diprediksi kedatangannya, alangkah baiknya kamu berenang di pinggir pantai saja. Kamu juga bisa berfoto-foto di pantai ini. Pantai Jungwok berpasir putih sehingga instagramable. Kamu juga bisa berkemah di pinggiran pantai ini.

 

Fasilitas

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok (Cr : Google)

Walaupun baru-baru ini pantai Jungwok dikenal, namun pantai Jungwok sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang pariwisata seperti toilet dan warung-warung yang didirikan oleh penduduk di sekitar pantai.

Baca Juga :

 

Tips Berkunjung

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok (Cr : Google)

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Jungwok, berikut beberapa tips yang kami berikan saat kamu ingin berkunjung ke Pantai Jungwok.

  • Jika ingin berkemah di Pantai Jungwok, bawalah peralatan dan logistik pribadi.
  • Gunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang langsung mengarah ke Pantai Jungwok.
  • Bawalah pakaian ganti jika berencana bermain air.
  • Gunakan topi, kacamata hitam, dan sunscreen sebelum bermain di bawah terik matahari.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai Pantai Jungwok Yogyakarta. Pantai ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan sahabat. Yuk liburan ke Pantai Jungwok bersama Labiru Tour.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda