Pesona Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang berada di pesisir selatan Pacitan, Jawa Timur. Saat musim libur tiba, pantai ini menjadi tujuan wisata favorit wisatawan.

Pemandangan berupa laut biru dan pasir putih akan menyambut wisatawan yang datang. Selain itu, pasir Pantai Klayar juga berwarna putih, sehingga terlihat begitu padu dengan air laut yang biru. Banyak pengunjung yang mengabadikan hal tersebut dengan berfoto-foto dan menguploadnya ke sosial media. Hal ini membuat Pantai Klayar menjadi semakin terkenal.

Di sebelah barat Pantai Klayar, ada daratan yang memanjang ke arah laut yang disebut Tanjung Klayar. Sebelum masuk ke Tanjung Klayar, ada area camping yang bisa digunakan pengunjung untuk berkemah.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi tentang Pantai Klayar mulai dari Rute, HTM, Jam Bukan dan Fasilitasnya, simak artikel berikut ini yaa…

  1. Rute Menuju Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Jalan Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Jika dari arah Kota Jogja, Pantai Klayar berjarak sekitar 99 km dan memakan waktu sektar 2,5 – 3 jam perjalanan. Perjalanan ke arah timur melewati Kota Wonosari dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.  Jalur ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Jalur ini sudah diaspal dengan baik, sehingga perjalanan kita bisa lancar ke tujuan.

Ketika berada di Wonogiri menuju Pacitan ada jalanan yang bervariasi. Misalanya, jika ingin mengambil jalan pintas melalui jalan desa, kemungkinan akan menemui jalan bebatuan. Atau ada juga jalan beraspal tapi dalam kondisi berlubang.

Untuk memudahkanmu menuju Pantai Klayar, kamu bisa mengakses Google Maps di ponsel agar memudahkanmu dalam mencari rute. Kamu bisa akses disini : https://www.google.com/maps/search/pantai+klayar/@-8.2237068,110.9299542,14z/data=!3m1!4b1

  1. Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Pantai Klayar (Cr : Google)

Harga tiket masuk Pantai Klayar tergolong terjangkau. Kamu yang ingin liburan ke Pantai Klayar hanya merogoh kocek sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Harga tiket ini mulai berubah sejak 15 Februari 2021 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Harga tiket juga ditentukan berdasarkan Keputusan Bupati Pacitan Nomor: 188.45/151/KPTS/408.12/2021 tentang Pencabutan Pengurangan Beberapa Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kabupaten Pacitan.

  1. Jadwal Buka Pantai Klayar

Pantai Klayar (Cr : Google)

Pantai Klayar dibuka untuk umum selama 24 jam. Sehingga kita bisa datang ke sana kapan pun. Waktu berkunjung sore hari adalah waktu terbaik dikarenakan dapat melihat keindahan sunset dan juga cuaca yang tidak sepanas jika berkunjung pada siang hari.

  1. Fasilitas Pantai Klayar

Camping Ground Pantai Klayar (Cr : Google)

Sebagai salah satu tujuan wisata populer, Pantai Klayar memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ada lahan parkir yang cukup luas dan tersedia banyak toilet serta kamar mandi di sana. Namun kamu diharuskan membayar biaya toilet atau kamar mandi sebesar Rp 2000 – Rp 3000 jika menggunakan fasilitas tersebut dikarenakan kebanyakan dikelola oleh penduduk setempat.

Tidak usah khawatir jika kamu kelaparan, karena ada banyak warung yang berjualan berbagai macam menu makanan di sekitar Pantai Klayar.

Fasilitas lain yang juga ada di tempat wisata ini adalah mushola, gazebo, serta penginapan jika ingin bermalam. Untuk pecinta camping, disediakan tempat berkemah di sekitar pantai.

Nah itu tadi review mengenai destinasi Pantai Klayar. Sangat cocok untuk kamu yang berkunjung bersama keluarga. Semoga informasi ini dapat membantu kamu yaa.. selamat liburan ?

 

Baca Juga :

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda