Pesona Goa Gong Pacitan

Pacitan dikenal sebagai daerah berjuluk kota 1001 goa. Namun ada satu goa yang menjadi primadona bagi masyarakat Pacitan dan menjadi destinasi wisata incaran wisatawan. Nama goa itu adalah Goa Gong.

Jarak Goa Gong sekitar 13 km dari Pantai Klayar yang bisa ditembuh dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Penasaran sebagus apa Goa Gong yang sangat terkenal ini? Simak ulasan admin berikut ini yaa…

  1. Rute Menuju Goa Gong

Goa Gong terletak di Jalan Salam, Salam, Bomo, Kec. Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  Jika dari arah Kota Jogja, Goa Gong berjarak sekitar 100 km lebih dan memakan waktu sektar 2,5 – 3 jam perjalanan. Sama seperti jalan menuju Pantai Klayar, Perjalanan ke Goa Gong melewati Kota Wonosari dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Jika anda dari Wonogiri maka anda akan menempuh jarak sekitar 37 km. Akses jalan menuju ke Goa Gong juga sudan cukup bagus dan nyaman untuk di lalui.

Untuk memudahkanmu menuju Goa Gong, kamu bisa mengakses Google Maps di ponsel agar memudahkanmu dalam mencari rute. Kamu bisa akses disini : https://www.google.com/maps/place/Goa+Gong+Pacitan/@-8.1649137,110.9779315,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2e7961f000000001:0x15ff9ab263f0d34e!8m2!3d-8.164919!4d110.9801202

  1. Akses Masuk Goa Gong

Pintu Masuk Goa Gong (Cr : Google)

Jalanan dari tempat parkir menuju ke Goa Gong cukup jauh dan harus melewati jalan yang cukup menanjak. Jika tidak ingin lelah berjalan ada jasa Ojek dari penduduk sekitar. Dengan membayar tarif ojek seharga Rp 5.000 kita sudah diantar menuju lokasi Goa Gong. Untuk lansia yang ingin berwisata disana admin sarankan untuk menggunakan jasa ojek, karena cukup melelahkan untuk berjalan kaki.

  1. Harga Tiket Masuk Goa Gong

Tiket Masuk Goa Gong (Cr : Google)

Harga tiket masuk Goa Gong Pacitan cukup terjangkau yaitu untuk untuk senin-jumat anak-anak dikenakan tarif sebesar  Rp 5.000 dan untuk orang dewasa sebesar Rp 10.000. sedangkan harga tiket saat weekend untuk anak-anak sebesar Rp 5.000 dan untuk dewasa sebesar Rp 10.000.

  1. Keunikan Goa Gong

Stalaktit & Stalakmit Goa Gong (Cr : Google)

Goa Gong sangat indah karena ada keunikan Stalaktit dan stalakmit yang sudah berumur ratusan tahun dan memiliki beraneka ragam bentuk yang membuat indah Goa Gong ini. Di tambah lagi dengan adanya sinar lampu warna – warni yang menyorot dinding goa, semakin membuat indah pemandangan di dalam goa.

Terdapat juga stalakmit yang bermukaannya seperti dilapisi dengan flowstone, sehingga terlihat ornamen seperti bertumpuk – tumpuk.

Setiap ornamen tersebut di beri nama diantaranya Selo Jengger Bumi, Selo Bantaran Angin, Selo Paku Buwono, Selo Gerbang, Selo Adi Citro Buwono, dan Selo Citro Cipto Agung, serta yang lainnya. Selo disebut juga batu.

Goa ini memiliki bentuk ruang yang menyerupai sebuah kubah raksasa memiliki panjang sekitar 100 meter, lebar sekitar 15 – 40 meter dan tinggi sekitar 20 – 30 meter.

  1. Tips Wisata ke Goa Gong

  • Berhati – hati saat berada dalam goa karena lantainya licin.
  • Membawa kipas karena hawa di dalam goa sedikit pengap dan panas.
  • Pasktikan anda dalam keadaan fit.
  • Periksa kendaraan anda sebelum berangkat berwisata
  • Memakai alas kaki yang nyaman digunakan untuk berjalan cukup lama.
  • Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah jika perlu.
  • Selalu membawa uang yang cukup atau bahkan bisa lebih untuk berjaga – jaga.

Nah itu dia review admin mengenai Goa Gong. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mu yang ingin berkunjung kesini. Selamat berlibur ?

 

Baca Juga :

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda