Wisata Alam di Pacitan– Beberapa hari yang lalu saya sudah bahas banyak tempat wisata alam di kota-kota besar Indonesia, seperti Jogja, Bali, Malang, dan Bangka Belitung. Nah sekarang saya akan bahas tentang wisata alam di pacitan, yang belum populer tapi keindahan alamnya bisa di bandingkan dengan kota-kota besar yang saya sebut di atas.

Nah kabupaten pacitan ini memiliki julukan kabupaten 1001 goa, karna pacitan memiliki banyak sekali goa, tapi bukan hanya goa saja yang bisa di banggakan pacitan juga mmiliki pantai, sungai, dan pegunungan yang indah, nah mau tau dimana saja letaknya, berikut sedikit informasi tentang wisata alam di pacitan

Baca Juga: Mengagumkan 4 buah Goa di Pacitan begitu mengagumkan dan mendubia

Goa Gong

wisata alam di pacitan

Gemerlap lampu indah menghiasi suasana di dalam goa gong

Di desa bomo, kec punung, ada sebuah goa yang bernama Goa Gong dengan pemandangan stalagtit yang menakjubkan, dengan kedalaman sekitar 700-800meter, goa ini memiliki 7 ruangan besar yang memiliki keunikan masing-masing. Di salah satu ruangan kamu bisa menemukan sendang bidadari yang airnya jernih, dan di ruang lain ada batu-batu unik.

Pantai Srau

wisata alam di pacitan

Panorama alam indah di Pantai Srau

Tersembunyi dan masih alami, pantai srau bisa dibilang adalah salah satu pantai yang paling indah di pulau jawa. Letaknya di desa candi, kec pringkuku, sekitar 25 km dari pacitan, saat berkunjung kemari, kamu tidak hanya di suguhi satu, melainkan tiga pantai yang memiliki kekhasan nya sendiri

Pantai pertama memiliki pasir putih lembut dengan ombak yang landai cocok buat main air, untuk pantai kedua pasir sedikit kasar dan memiliki banyak batu karang, dan pantai ketiga tidak ada hanyalah tebing-tebing tinggi.

Banyu Tibo (Pantai & Air Terjun)

wisata alam di pacitan

Keunikan yang sangat langka dimana pertemuan sebuah air terjun dan pantai

Banyu Tibo adalah bahasa jawa yang memiliki arti air jatuh, nah di namakan pantai banyu tibo karna tepat di dekat bibir pantai ada sebuah air terjun, nah kejadian ini sangat langka di mana air terjun dan pantai bersandingan.

Di sana kalian juga bisa melihat pertemua air laut dan air tawar yang menjadi satu loh, gimana nggak kalah bagus kan pantai di pacitan ini?

Pantai Klayer

wisata alam di pacitan

Pantai yang memiliki keunikan batu yang berbunyi jika di tabrak ombak

 

Daya tarik utama wisata ini adalah terdapat batu yang berlubang dan jika di tabrak ombak akan berbunyi seperti seruling. Selain itu pemandangan pantai ini tak main-main sangat luar bisa, bakan menurut saya paantai ini tak kalah dari kuta bali atau indrayanti yogyakarta.

Goa Tabuhan

wisata alam di pacitan

 Batuan stalagtit di goa ini berbunyi sepeti gendang jika di tabuh atau pukul

 

Tau musik gamelan khas jawa? Kamu bisa mendatangi goa tabuhan, goa ini masih terletak di kec punung, gak terlalu jauh dari goa gong. Kedalaman goa ini sekitar 100 meter dan memiliki 2 ruang, dulunya goa ini di namakan goa tapan, karna sering di gunakan untuk bertapa.

Nah setelah itu di ganti goa tabuhan karna batu stalagtit di goa ini akan berbunyi seperti gamelan khas alat musik jawa jika di tabuh, nah tabuh sendiri merupakan bahasa jawa yang berarti di pukul.

Goa Luweng Jaran

wisata alam di pacitan

Goa yang masih asri jarang di kunjungi wisatawan

Wisata goa ini memang tak se populer dari goa gong dan goa tabuhan, tapi goa ini memiliki daya tarik tersendiri dan tentunya gua ini akan memberimu pengalaman baru, karna jika di dalam goa ini kamu akan menjelajah di perut bumi.

Goa ini punya lorong jalan yang sangat panjang dan terhubung dengan goa lain, di perkirakan panjang lorong gua ini sekitar 48 kilometer panajang banget kan seru nih buat di eksplore.

Goa Song Terus

wisata alam di pacitan

Nah untuk goa ini tidak boleh di eksplore dalamnya karna berbahaya

Masih di kecamatan punung, tepatnya di desa mendolo lor, ada sebuah goa yang di yakini menjadi tempat tinggal manusia purba, yaitu goa song terus, karna di tempat ini di temukan kerangka manusia berumur 10.0000 tahun.

Masyarakat sekitar menamai tulang belulang itu dengan nama mbah siyem yang hingga sekarang sangat populer nama itu di pacitan. Nah itulah beberapa wisata alam di pacitan

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda