Wisata Alam di KebumenKabupaten Kebumen wilayah yang hampir semua daerahnya di dominasi dataran rendah ini, memiliki berbagai tempat Wisata Alam yang cocok untuk menghabisakan waktu liburanmu, mulai dari pantai perbukitan sungai ada di tempat kabupaten ini,

Berbicara tempat wisata di kebumen, ada berbagai macam tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di daerah ini, seperti goa jatijajar, goa petruk atau pantai karang bolong, nah mau tau di mana saja tempat wisata alam di kebumen, Berikut beberapa tempat wisata di alam kebumen:

Pantai Manganti

Panorama di Pantai Manganti, Kebumen

Kalau kalian ingin ke pantai tapi bosan dengan hanya bermain pasir, pantai Menganti adalah pilihan tepat. Pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah ini selain memiliki pasir putih, juga terdapat perbukitan dan mercusuar setinggi 20 meter untuk menikmati pemandangan pantai.

Goa Jatijajar

Suasana di dalam Goa Jatijajar

Berada di desa Jatijajar, kecamatan Ayah yang berjarak sekitar 42 km di arah barat daya pusat kota Kebumen, goa Jatijajar ini memiliki daya tarik tersendiri.

Memiliki panjang sekitar 250 meter, bagian dalam goa ini telah dibangun jalan setapak lengkap dengan pagar pembatas yang memudahkan pengunjung menikmati pemandangan goa.

Goa Petruk

Suasana di dalam Goa Petruk juga tak kalah seru dari Goa Jatijajar

Hanya berjarak sekitar 4,5 km dari Goa Jatijajar, Goa Petruk yang terletak di kawasan wisata eko-karst Gombong Selatan, tepatnya di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah ini juga tak kalah menarik. Goa ini terkenal dengan 3 lantai yang menyusunnya.

Pantai Karang Bolong

Keunikan di Pantai Karang Bolong, Kebumen

Tak cuma Pantai Ayah, pantai Karang Bolong ini juga salah satu pantai terkenal di Kebumen karena pasirnya yang berwarna abu-abu ditambah dengan perpaduan batu-batu karang yang menjulang. Pantai ini terletak di Kecamatan Buayan, Kebumen.

Waduk Sempor

Suasana Nyaman di Waduk Sempor

Dibangun sejak tahun 1958, selain sebagai sumber air masyarakat sekitar, Waduk Sempor juga menyuguhkan pemandangan alam dengan bentangan hijau yang sungguh elok. Destinasi ini terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor yang berjarak kurang lebih 4 km dari Gombong.

Bukit Pranji

Panorama indah di Bukit Pranji

Ingin melihat kecantikan detik-detik matahari terbit? Bukit Pranji adalah tempat yang cocok. Terlihat biasa saat siang hari, namun ketika malam hari kita juga bisa melihat pendar lampu rumah penduduk yang berada di bawahnya. Bukti ini terletak di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejaguan yang berbatasan dengan Desa Watulawang.

Hutan Mangrove Logending

Potret Hutan Mangrove

Terletak di jalan Ayah – Karangbolong, Argopeni, Ayah, Kabupaten Kebumen, hutan mangrove ini berada di areal perbukitan karst yang juga menjadi daya tarik utama dari destinasi ini. Terdapat juga gardu pandang bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen dari atas ketinggian bukit.

Waduk Ladaslintang

Suasana di Waduk Ladaslintang

Perpaduan antara pemandangan alam berupa waduk yang luas dan udara yang dingin nan sejuk ini membuat waduk Wadaslintang yang terletak di perbatasan Kebumen dan Wonosobo ini memiliki nilai lebih untuk dijadikan destinasi keluarga. Tak hanya menikmati waduk, kalian juga bisa menyaksikan pegunungan yang membentang mengitarinya.

Nah itulah beberapa Tempat Wisata Alam di Kebumen yang bisa kalian kunjungi, coba buktikan keindahan alam kebumen ini.