Tour BandungBandung, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak. Sebagai pusat budaya dan pendidikan, Bandung memiliki banyak tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama anak-anak. 

Sebagai orang tua, penting untuk memilih tempat-tempat yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pengalaman yang mendidik bagi perkembangan anak-anak. Kamu juga harus mempertimbangkan  berbagai faktor, termasuk keamanan, kebersihan, dan potensi pembelajaran. 

Dari taman bermain outdoor hingga museum interaktif, Bandung memiliki banyak pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan dan minat anak-anak dari berbagai usia. Berikut rekomendasi tempat wisata yang seru dan mendidik untuk dikunjungi bersama anak-anak!

Trans Studio Bandung

Credit : Traveloka

Trans Studio Bandung bisa jadi salah satu alternatif wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga ketika sedang liburan. Tempat ini menyajikan berbagai arena permainan seru yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun dewasa.

Berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.214, Maleer, Batununggal, Bandung, tempat ini memiliki 3 zona berbeda dengan tema khusus yaitu Studio Central, The Lost City, dan Magic Corner. 

Ketika memasuki Trans Studio Bandung, Anda harus membayar harga tiket sekitar Rp270.000 sampai Rp300.000 per orang. Tempat ini memiliki jam operasional pada pukul 10.00 – 18.00 WIB saat weekdays dan pukul 10.00 – 19.00 WIB saat weekend dan libur nasional.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Bandung yang Fotografer Friendly

Lembang Park and Zoo

Credit : Kumparan

Lembang Park & Zoo merupakan wisata populer yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Konsep unik dari tempat ini memungkinkanmu untuk tidak hanya berinteraksi dengan binatang, tetapi juga untuk beraktivitas santai dengan fasilitas yang tersedia.

Di sini, kamu bisa melakukan banyak aktivitas menarik seperti naik kano di danau buatan, naik kuda, dan berkeliling dengan scooter. Selain itu, tempat ini juga menyediakan area bermain untuk anak-anak, seperti playground, kereta mini, storyland, dan sekolah riding untuk anak.

Harga tiketnya masih cukup terjangkau yaitu sebesar Rp50.000 untuk weekdays dan Rp70.000 untuk weekend dan hari libur nasional. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata Budget Friendly di Semarang, Anti Boncos!

Bandung Science Center

Credit : Konteks

Tempat wisata edukatif yang satu ini bisa jadi alternatif kamu untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Bandung Science Center memiliki wisata edukasi interaktif yang dapat menambah wawasan si kecil dengan menggunakan media yang menyenangkan.

BCC beralamat di Jalan Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Sukasari, Bandung. Tempat ini buka pada hari Selasa sampai Minggu mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. 

Kawasan wisata ini memiliki area indoor, outdoor, hingga ruangan bawah tanah. Disini terdapat berbagai wawasan yang bisa dipelajari, seperti wawasan mengenai bumi, fisika dasar, astronomi, geologi, robotik, hingga ada ruangan khusus untuk eksperimen.

Bird Bromelia Pavilion

Credit : Sikidang

Bird and Bromelia Pavilion adalah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sini, kamu bisa memberikan edukasi kepada anak-anak untuk mengenal jenis burung yang sangat beragam. Kamu bisa menyaksikan sekitar 600 ekor burung di tempat ini.

Harga tiket masuk Bird Bromelia Pavilion berkisar dari harga Rp35.000 untuk weekdays dan Rp50.000 untuk weekend. Lokasinya ada di Jl. Akaza Utama No. 9, Kabupaten Bandung Barat dan memiliki jam operasional dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Baca Juga: Kampung Flory, Wisata Edukatif dengan Suasana Pedesaan

Saung Angklung Udjo

Credit : Kompas

Saung Angklung Udjo adalah tempat wisata yang menawarkan pertunjukan seni, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Lokasinya ada di Jalan Padasuka, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung.

Tempat ini memberikan wisata edukasi yang berfokus untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda khususnya angklung. Di sini, pengunjung akan disuguhkan berbagai pertunjukan yang menarik seperti wayang golek, angklung orkestra, dan seni tari tradisional.

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung