Wisata IndonesiaSebagai Negara yang memiliki sangat banyak wilayah perairan, baik itu wilayah air asin atau tawar, perairan Indonesia tentu saja memiliki berbagai biota laut dengan tampilan yang beragam. Mulai dari yang terlihat biasa saja hingga unik yang membuat otak berpikir.

Anda ingin mengenal biota-biota perairan Indonesia ini? Tapi tidak berkesempatan menjelajahi perairan Indonesia secara langsung? Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengenal biota-biota air tawar maupun air asin ini melalui aquarium raksasa yang banyak tersebar di Indonesia.

Tentu saja belajar tidak selamanya hanya melalui buku. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari dekat secara langsung, salah satunya mengenai biota perairan Indonesia. Jika bisa melihat secara langsung, kenapa tidak?

Jakarta Aquarium Safari

Credit: Blibli

Jakarta Aquarium Safari adalah indoor aquarium terbesar di Asia Tenggara Dengan lebih dari 3.500 spesies hewan akuatik maupun non akuatik. Tempat ini disertai dengan berbagai rekreasi seperti Pearl of the South Sea Show, AquaCamp, Sea Explorer, Underwater Funtasy Diving, dan Aqua Trekking. 

Jakarta Aquarium Safari terletak di Jl. Letjen S. Parman Kavling 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, tepatnya di Mall Neo Soho, lantai LG 101 – LGM 101. Harga tiket masuk ke Jakarta Aquarium Safari mulai dari Rp142.500,00 untuk dewasa dan Rp109.250,00 untuk anak-anak pada saat weekday, kemudian pada saat weekend, harga tiket masuk mulai dari Rp190.000,00 untuk dewasa dan Rp142.000,00 untuk anak-anak.

Indoor aquarium ini beroperasi setiap hari mulai dari pagi hari pukul 10.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB. Sebagai Tambahan, Jakarta Aquarium Safari memberlakukan waktu masuk dimana waktu masuk terakhirnya adalah pukul 19.00 WIB.

Seaworld Ancol

Credit: Ancol

Seaworld Ancol menampilkan sekitar 7.300 biota air tawar dan air laut yang ditampilkan dalam 28 display dimana display-display ini dibagi lagi menjadi 9 aquarium air tawar, 19 aquarium air asin dan 4 kolam terbuka. Tempat ini juga menghadirkan museum yang berisi hewan-hewan laut yang diawetkan.

Aquarium terletak di Jl. Lodan Timur No.7, Rw. 10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara. Seaworld Ancol beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Biaya tiket masuk yang harus anda bayarkan mulai dari Rp110.000,00 saat weekday dan ketika weekend mulai dari Rp130.000,00. Pastikan membawa budget lebih karena terdapat tiket paket atau terusan yang bisa anda pilih juga nantinya.

Baca Juga: Wisata Murah di Semarang, Cocok saat Kanker (Kantong Kering)

Fantastic Aquarium

Credit: Daily Of Random Kids

Aquarium yang satu ini menawarkan pengalaman menikmati suasana bawah laut yang berbeda dengan aquarium lainnya. Tidak hanya hadir dengan ratusan spesies ikan dan terumbu karang, Fantastic Aquarium juga memiliki berbagai fitur unik, dimana salah satunya yang paling terkenal adalah 3D Aquarium.

Fantastic Aquarium berada di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kota Batu, Malang. Tepatnya, aquarium ini berada di Jatim Park 2, dan beroperasi di jam yang sama dengan jam operasional Jatim Park 2 yakni mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.30 WIB dan beroperasi  setiap hari.

Anda perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp140.000,00 ketika weekday dan Rp160.000,00 ketika weekend. Sebagai informasi tambahan, anak-anak dengan tinggi badan di bawah 85 cm akan dibebaskan dari biaya tiket masuk.

Purbasari Pancuran Mas

Credit: ticmpu

Selain memiliki beragam koleksi hewan langka yang cocok dijadikan sarana edukasi keluarga, Purbasari Pancuran Mas juga memiliki wahana aquarium raksasa yang menampilkan sekitar 200 jenis ikan air tawar dari berbagai belahan dunia. Biasanya bagian aquarium ini sering digunakan sebagai sarana belajar atau riset bagi pelajar dan mahasiswa.

Purbasari Pancuran Mas yang terletak di Jl. raya Purbayasa, Area Sawah, Purbayasa, Kec. Padama, Purbalingga ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Biaya tiket masuk yang harus Anda bayar adalah sebesar Rp25.000,00/org yang berlaku untuk semua kalangan mulai dari 3 tahun.

Aquarium Taman Pintar

Credit: IDN Times Jatim

Pengunjung yang datang ke aquarium ini dapat langsung berjalan di lorong dan merasakan sensasi dikelilingi oleh ikan-ikan. Selain menikmati warna-warni ikan yang berenang dengan lincah, Anda dapat sekalian mengenal perbedaan dan karakteristik dari ikan-ikan yang Anda temukan.

Aquarium Taman Pintar berlokasi di Jl. Panembahan Senopati No. 1 – 3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di zona pertama Gedung Oval. Beroperasi setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp12.000,00 untuk anak-anak dan Rp20.000,00 untuk orang dewasa.

Ingat, tidak bisa menjelajah lautan bukan berarti kita tidak bisa mengenal biota laut yang hidup di dalamnya. Karena mengunjungi aquarium seperti ini bisa menjadi sarana hiburan dan pilihan berwisata yang menyenangkan, jadi tunggu apa lagi?

Baca Juga: 10 Tempat Romantis di Jakarta, Recommended Buat Ngedate

Paket Wisata di Jakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Jakarta