Paket Liburan BandungBandung, kota yang terkenal dengan sebutan “Paris van Java”, tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memikat, tetapi juga dengan beragam tempat wisata menarik yang dapat dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya.

Ada banyak destinasi menarik yang bisa kamu eksplor di kota Bandung tanpa harus membayar biaya masuk. Dari menikmati keindahan alam Babakan Siliwangi Forest Walk sampai berbaur dengan keriuhan Jalan Braga, Bandung memiliki banyak pilihan wisata yang bisa memuaskan rasa penasaran para pengunjungnya.

Meskipun gratis, keindahan panorama dan keseruannya juga tidak kalah dengan wisata yang berbayar. Nah, bagi kamu yang cuma punya budget pas-pasan, berikut ada rekomendasi destinasi wisata gratis di Bandung yang bisa kamu kunjungi.

Alun-Alun Kota Bandung

Credit : Travel Kompas

Terletak di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, tempat ini terkenal dengan hamparan rumput sintetisnya yang luas, yaitu seluas 4.000 meter persegi. Lokasinya juga sangat strategis sehingga mudah untuk diakses oleh kendaraan umum.

Alun-alun Bandung cocok sekali untuk dikunjungi bersama keluarga karena tempatnya yang kids friendly. Anak-anak bisa bebas berlari-larian dan bermain sepuasnya, sambil tetap diawasi oleh orang tua mereka. 

Di sebelahnya, terdapat tempat yang tidak kalah ikonik juga yaitu ada Masjid Raya Jawa Barat. Masjid ini memiliki dua menara yang bisa kamu naiki untuk menikmati indahnya pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

Meskipun tempat ini bisa dikunjungi secara gratis, pengunjung juga dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Gedung Sate

Credit: Gedung Sate

Berlokasi di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan, Gedung ini diberi nama Gedung Sate karena ornamen bangunannya yang menyerupai tusuk sate. Bangunan ini memiliki arsitektur khas Belanda dengan mengusung tema perpaduan dari berbagai kebudayaan.

Kamu juga tidak perlu khawatir akan bosan ketika berwisata gratis ke Gedung Sate karena tempatnya yang dekat dengan tempat wisata lain. Ada museum dan beberapa wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi.

Tempatnya yang strategis dan berada di jantung kota Bandung menjadikannya mudah untuk diakses. Kemegahan desain karya arsitek J. Berger ini dijamin bisa memuaskan mata kamu dan memberikan spot foto yang instagramable.

Jalan Braga

Credit: Wikipedia Bahasa Indonesia

Di sepanjang jalan Braga, banyak berdiri bangunan-bangunan heritage yang menjadikan kawasan ini menjadi spot ikonik di kota Bandung. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk jalan-jalan santai dan nongkrong.

Apalagi banyak anak muda yang menghabiskan malam mingguannya dengan mengunjungi tempat ini. Dihiasi dengan deretan pohon tabebuya, kursi kayu, dan ornamen batu bulat serta lampu jalan yang unik, menambah semarak suasana di jalan ini. 

Selain hanya berjalan-jalan, kamu juga bisa menikmati deretan lukisan yang dipajang di trotoar atau pertunjukan jalanan. Disini juga terdapat spot kuliner tempo dulu yang wajib untuk dicoba setelah lelah menikmati keindahan Jalan Braga.

Babakan Siliwangi Forest Walk

Babakan Siliwangi Bandung

Credit: Kompas

Babakan Siliwangi Forest Walk terletak di Jalan Siliwangi No.7 Lebak Siliwangi, Coblong. Hutan ini merupakan wisata gratis di Bandung, disini kamu bisa menjelajahi dan menikmati kesejukan hutan kota.

Di hutan kota ini, kamu bisa berjalan kaki dengan menyusuri jalanan jembatan yang memang sengaja disediakan untuk pejalan kaki. Pengunjung bisa menelusuri hutan kota di atas ketinggian 3-4 m di atas permukaan tanah dengan panjang jembatan 2,3 km.

Tidak perlu takut berdesakan dengan pengunjung lain, karena jembatannya dilengkapi dengan dek kayu selebar 1,5 m dengan pembatas pagar besi setinggi 1 m. Di tengah-tengah jembatan juga disediakan kursi sebagai tempat peristirahatan untuk para pejalan kaki.

Museum Pos Indonesia 

Credit : PT Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia terletak di Jalan Cilaki, tempatnya tidak jauh dari Gedung Sate dan buka setiap hari Senin sampai Jumat. Di museum ini, kamu bisa melihat sejarah perjalanan pos Indonesia dari awal pendirian sampai saat ini dengan lengkap. 

Bangunan ini dulunya merupakan peninggalan Belanda yang disulap menjadi museum. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan ongkos sepeserpun karena museum ini dapat kamu kunjungi secara gratis.

Di Museum Pos Indonesia, kamu juga bisa melihat berbagai koleksi perangko dari masa ke masa dan dari berbagai negara. Selain itu, dipamerkan juga peralatan operasional yang pernah digunakan oleh PT Pos Indonesia.

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung