Wisata Mataram – Kota Mataram merupakan pusat kota dari Pulau Lombok. Tidak lengkap rasanya jika liburan tanpa keliling kota Lombok di Mataram. Kota ini memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa kamu kunjungi, terutama bagi kamu yang sedang berwisata keluarga.

Kamu bisa memilih keliling kota pada hari pertama atau hari terakhir kamu di Lombok karena kamu tidak akan kekurangan pilihan tujuan wisata di kota ini. Mulai dari wisata sejarah, religi, taman, hingga wisata pantai. Semua objek wisata ini sudah memiliki akses yang baik dan dapat kamu jangkau dengan mudah dari pusat kota.

Kamu tidak perlu bingung, berikut 10 rekomendasi objek wisata di Mataram yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Mataram.

 

Credit: Radar Lombok

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Lombok

Lombok merupakan pulau yang dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid. Maka, tidak afdhol rasanya jika berkunjung ke Lombok tetapi melewatkan tempat wisata religi sekaligus tempat peribadatan umat Islam terbesar di pulau ini. Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center Lombok ini terletak strategis di pusat kota Mataram sehingga dapat kamu jangkau dengan mudah.

Kamu bisa melihat kemegahan masjid agung yang megah dengan menara yang menjulang tinggi hingga 99 meter dari permukaan tanah yang juga disebut Asmaul Husna. Selain itu, kamu juga akan menemukan corak Islam yang berpadu dengan kearifan lokal berupa corak khas daerah setempat yang disebut motif batik Sasambo.

 

Credit: Lombok Post

Taman Sangkareang

Bagi kamu yang sedang berwisata keluarga, Taman Sangkareang akan menjadi tempat menarik untuk bersantai dan bercengkerama bersama keluarga saat siang hari yang panas. Suasana taman ini segar dan hijau karena dikelilingi oleh pepohonan rindang dan tanaman hias. Temapt ini sering dijadikan spot piknik untuk bersantai menikmati suasana dan keindahan taman oleh banyak wisatawan maupun warga lokal.

 

Credit: NTBSatu

Kota Tua Ampenan

Beberapa kota di Indonesia juga memiliki kawasan khusus yang sarat akan sejarah di kota tersebut, sebut saja kawasan Jalan Braga di Bandung, Kota Lama di Semarang atau kawasan 0 KM Malioboro di Jogja. Tak terkecuali dengan Lombok, kota ini memiliki kawasan serupa yang dikenal dengan nama Kota Tua Ampenan.

Tempat menyimpan banyak jejak sejarah dari masa lampau. Dulunya kawasan ini merupakan jantung kota yang menjadi pusat perekonomian yang menopang sendi kehidupan masyarakat. Meski saat ini sudah tidak seramai dulu, tempat ini tetap unik untuk dikunjungi karena merekam jelas jejak kota Mataram.

 

Credit: Atourin

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Kota Mataram merupakan salah satu kota paling sarat akan sejarah di Pulau Lombok. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Sebuah museum yang menyimpan jejak sejarah, budaya, dan adat istiadat asli dari masyarakat asli masyarakat Nusa Tenggara Barat.

Kamu tidak perlu khawatir karena tempat ini mudah dijangkau dari pusat kota, tepatnya di Jalan Panji Tilar Negara Tanjung Karang, Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

 

Credit: Media

Pantai Loang Baloq

Siapa bilang di kawasan Kota Mataram tidak ada pantai yang menarik untuk kamu kunjungi? Ada sebuah pantai bernama Pantai Loang Baloq. Tempat ini cocok untuk menjadi tujuann wisata keluarga yang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Pantai ini memiliki pesisir pantai yang luas dan memiliki garis pantai yang indah sehingga kamu bisa bersantai atau bermain air hingga sore hari. Menariknya, tak jauh dari pantai ini, kamu dapat menemukan sebuah makam yang dikeramatkan dan ramai dikunjungi oleh para peziarah.

 

Credit: LarisManis

Taman Air Mayura

Wisata Pura Taman Air Mayura ini merupakan sebuah taman bersejarah yang sangat erat hubungannya dengan sejarah sejak zaman kerajaan di Lombok. Kata ‘Mayura’ berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti merak.

Konon, penamaan tempat ini karena sejak dulu ada banyak sekali ular yang kerap berkeliaran di tempat ini sehingga menganggu para pengunjung yang sedang beribadah. Kemudian didatangkan banyak burung merak untuk mengatasi gangguan tersebut.

 

Credit: Paduarsana

Pura Meru

Tidak jauh dari Taman Air Mayura, terdapat sebuah pura kuno bersejarah yang bisa kamu kunjungi. Pura Meru merupakan pura terbesar di Lombok. Sejarahnya pun tidak jauh-jauh dari Taman Air Mayura yang masih erat hubungannya dengan masa kerajaan di Lombok. Dulunya, bangunan ini didirikan oleh Anak Agung Ngurah Karangasem.

Pura ini memiliki tiga bagian yang mana di dalamnya terdapat 33 sanggah berwarna putih yang melambangkan 33 desa yang dulunya memiliki andil dalam pembangunan pura ini. Uniknya, kamu tidak hanya dapat menemukan arsitektur khas Lombok saja, namun juga perpaduan dengan arsitektur khas Jawa Kuno yang juga mendapat pengaruh dari kerajaan Jawa pada masa itu.

 

Credit: iTrip

Taman Udayana

Selain Taman Sangkareang, ada pula yang dikenal dengan Taman Udayana. Taman kota ini memiliki lapangan yang luas dengan udara yang segar dan suasana segar karena rindang pepohonan yang mengelilinginya.

Tempat ini sering menjadi tempat berkumpul warga, terutama pada sore hari, untuk sekedar bersantai, berolahraga, atau berburu jajanan. Bagi kamu yang senang jajan, tempat ini biasanya akan dipenuhi oleh penjual jajanan yang menggugah selera.

 

Credit: JawaPos

Pantai Penghulu Agung

Mencari spot sunset di pantai namun yang dekat dengan kawasan kota? Maka kamu harus datang ke Pantai Penghulu Agung. Panorama matahari terbenam di sini sangat eksotis karena berwarna kuning keemasan yang membelah lautan dengan indahnya.

Pantai ini juga tidak begitu ramai pengunjung sehingga suasana sangat tenang dan hikmat. Cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka tempat wisata yang ramai wisatawan. Kamu bisa menikmati sunset, mengambil momen, dan bersantai dengan tenang tanpa gangguan wisatawan lain.

 

Credit: First Lombok Tour

Galeri Sampah The Griya

Rekomedasi yang terakhir adalah Galeri Sampah The Griya. Kenapa kamu perlu mempertimbangkan tempat ini? Tempat ini merupakan tempat unik yang merupakan sebuah galeri seni di Mataram. Di dalamnya terdapat banyak barang bekas yang didaur ulang dengan sangat kreatif.

Pemilik tempat ini pun merupakan seorang seniman yang aktif membuat berbagai karya seni di sini, bernama Pak Theo. Letak lokasinya pun menarik karena berdekatan dengan kawasan pantai dan kamu pun bisa menemukan sebuah cafe di temapt ini.

Baca Juga:
Nggak Cuma Mandalika, Wisata Sembalun Surganya Panorama di Lombok
5 Pilihan Hotel Lombok Terbaik, Dekat Kawasan Sirkuit Mandalika
5 Cafe Lombok Paling Instagramable, Asik Banget Buat Nongkrong

Paket Wisata di Lombok

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Lombok