Embung Batara Sriten – Yogyakarta menyimpan berbagai jenis wisata. Ada wisata alam maupun buatan, ada juga wisata budaya dan kuliner yang menggugah selera.

Wisata buatan kali ini adalah Embung Batara Sriten. Embung Batara Sriten adalah sebuah waduk kecil yang berada di puncak gunung kidul. Embung ini dibangun di sebuah bukit dengan ketinggian mencapai 859 meter di atas permukaan air laut.

Embung  ini diresmikan pada tanggal 17 Maret 2015 oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sebagai tempat wisata yang baru berkembang, Embung ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal ini karena tempat ini menyuguhkan pesona keindahan dari puncak gunung.

Karena berada di puncak, maka pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa. Bahkan kamu bisa melihat Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur saat menaiki puncak Mangir. Hal yang tak kalah menarik adalah adanya makam. Makam di Embung Batara Sriten ini merupakan makam Syekh Wali Jati.

 

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten (Cr : Google)

Daya Tarik

Ikon utama dari tempat wisata ini adalah adanya embung di puncak tertinggi Gunung Kidul. Embung sendiri merupakan cekungan penampung air atau kamu bisa menyebutnya dengan telaga buatan.

Telaga buatan ini terletak di Puncak Batur Agung, kira-kira di ketinggian 859 mdpl. Selain untuk tempat wisata, embung ini untuk mengairi beberapa tumbuhan seperti kelengkeng dan manggis yang ada di sekitar.

Karena posisinya yang berada di puncak sehingga dari sana kamu bisa melihat Rawa Jombor dan Waduk Gajah Mungkur saat menaiki puncak Mangir. Salah satu yang menarik perhatian adalah keberadaan makam di embung yaitu adanya makam syekh Wali Jati.

Embung Batara Sriten

Embung Sriten (Cr : Google)

Baca Juga :

Lokasi

Embung Batara Sriten

Embung Sriten (Cr : Google)

Embung Batara Sriten berlokasi di Sriten, Pilangrejo, Kec. Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dari Kota Yogyakarta dapat ditempuh dengan jarak 43km dengan watu 1,5 jam.

 

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Embung Batara Sriten

Embung Sriten Malam Hari (Cr : Google)

Kamu akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 4.000/ orang. Jika kamu membawa kendaraan bermotor, kamu akan dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 dan parkir mobil sebesar Rp 10.000. Embung Batara Sriten buka mulai pukul 05.00 WIB – 18.00 WIB.

 

Aktifitas yang dapat dilakukan

Camping Embung Batara Sriten

Camping di Sekitar Embung (Cr : Google)

Kamu dapat menikmati udara segar saat berada di Embung ini. Kamu juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang Embung karena spotnya yang instagramable. Tidak sedikit juga yang berkemah di sekitaran embung. Saat weekday tidak banyak pengunjung. Sehingga kamu bisa menikmati keindahan embung ini dengan tenang. Kamu juga menikmati keindahan sunset dan sunrise saat berada disini.

Fasilitas

Embung Batara Sriten

Gazebo (Cr : Google)

Embung ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang pariwisata seperti area parkir yang cukup luas, toilet umum, mushola, gazebo, warung, pendopo dan spot-spot foto yang menarik.

 

Nah itu tadi informasi-informasi mengenai Embung Batara Sriten yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung kesana? Semoga bisa jadi list destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi yaa 😊

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda