Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta – Banyak alternatif destinasi wisata jika kamu berlibur ke Jogja. Salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan gurun pasir yang terkenal di Indonesia. Gundukan pasir yang terletak di Kabupaten Bantul ini menjadi kebanggaan warga Yogyakarta.

Karakteristik pasir yang ada di sini sangat mirip dengan pasir yang terdapat di gurun pasir yang terdapat di negara Meksiko. Gumuk pasir disini bertipe barchan yang memiliki ketinggian 5-15 meter. Katanya, gumuk pasir ini terbentuk dari material Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa dan terkikis oleh arus Sungai Progo.

Seperti apa sih penampakannya? Cek postingan berikut ini yaaa…

  1. Lokasi

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo (Cr : Google)

Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta berlokasi di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa. Gumuk ini terletak diantara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis. Jika dari pusat kota Jogja, jaraknya sekitar 25km dan waktu tempuh sekitar 1 jam.

  1. Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo (Cr : Google)

Gumuk Pasir ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB. Kamu tidak dikenakan harga tiket masuk saat memasuki gumuk pasir ini alias FREE, namun kamu membayar harus membayar tiket masuk kawasan Parangtritis sebesar Rp 10.000/ orang.

Baca Juga :

  1. Daya Tarik

Sunset Gumuk Pasir Parangkusumo

Sunset Gumuk Pasir Parangkusumo (Cr : Google)

Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo

Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo (Cr : Google)

Hal menarik yang bisa kamu lakukan di gumuk pasir ini adalah melakukan sandboarding atau berselancar di gundukan pasir. Kamu bisa berseluncur dengan bebas menggunakan papan di atas lembutnya pasir semakin membuat liburan makin menyenangkan. Untuk penyewaan papan beserta helm nya kamu dikenakan tarif sebesar Rp 100.000/ orang.

Selain itu kamu juga bisa berfoto-foto. Banyak spot foto yang bisa kamu jadikan background seperti pohon, kayu-kayuan dan ayunan. Berfoto sambil menikmati sunset pun juga oke! Keren banget pokoknya.

  1. Fasilitas

Fasilitas disini cukup memadai seperti area parkir, warung makan dan toilet.

  1. Tips Berkunjung

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo (Cr : Google)

Kamu bisa berkunjung di pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari. Saat siang hari disini sangat panas, sebaikanya bawalah sangu minum dari rumah agar tidak dehidrasi.

Nah itu tadi review mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo. Semoga bisa jadi panduanmu saat berwisata ke sana yaa 😊

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda