Wisata Alam Jogja – Yogyakarta merupakan salah satu lokasi wisata paling populer di Indonesia. Hampir semua wisata ada di Yogyakarta. Mau wisata alam? Ada, mau wisata kekinian? Ada juga. Komplit banget, saking komplitnya bakal menyaingi bakso komplit hehe 😊

Bicara soal wisata alam, hampir semua destinasi alam di dunia ada di Jogja. Wisata Alam Jogja seperti wisata gunung, pantai, hutan, bukit, air terjun bahkan gurun pasir juga ada! Didukung oleh letaknya yang strategis, lokasi-lokasi wisatanya pun tidak terlalu jauh, cukup ditempuh dengan hitungan menit atau jam saja antara lokasi satu dengan lokasi yang lain.

Lalu apa saja wisata alam tersebut? Cek artikel berikut ini yaaa

  1. Gunung

Gunung Merapi

Gunung Merapi (Cr : Google)

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem (Cr : Google)

Jeep Lava Tour

Jeep Lava Tour Merapi (Gallery Labiru)

Yogyakarta memiliki Gunung yang sangat terkenal yaitu Gunung Merapi. Bagi kamu yang hobi mendaki gunung, Gunung Merapi adalah salah satu gunung favorit para pendaki. Selain itu di Lereng Gunung Merapi pun banyak sekali tempat dan atraksi wisata seperti :

  • Kaliadem
  • Jeep Lava Tour
  • Berburu Landscape Merapi
  • Makam Mbah Maridjan
  • Cross Adventure
  • Kalikuning
  • Bunker Kaliadem
  • Bukit Klangon
  • Batu Alien Cangkringan dan masih banyak lagi

Hawa yang dingin dan udara yang segar di area Merapi membuat banyak wisatawan betah berlama-lama disini. Kuliner di area ini seperti jadah tempe pun menjadi salah satu favorit wisatawan.

 

  1. Pantai

 

Andong Parangtritis

Andong Parangtritis (Cr : Google)

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis (Cr : Google)

Banyak sekali pantai yang berada di Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Kulon Progo. Pantai-pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat hari biasa maupun hari libur.

Salah satu pantai yang terkenal di Kabupaten Bantul adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga kamu dilarang untuk bermain air terlalu jauh. Atraksi lain di Pantai Parangtritis yaitu kamu bisa menaikin andong di sepanjang pantai. Ada juga ATV yang bisa kamu sewa untuk berkeliling pantai.

Pantai lainnya yaitu Pantai Baron di Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai ke bibir pantai, kamu harus menyebrangi laguna yang mempunyai ketinggian se pinggang orang dewasa. Jangan khawatir, karena banyak perahu-perahu nelayan yang disewakan untuk penyebrangan dengan tarif sebesar 5rb pada normal season dan hingga 10rb saat high season. Ombak di pantai baron tidak sebesar di Pantai Parangtritis sehingga kamu bisa bermain ombak disana, tapi ingat tetap waspada!

Laguna Pantai Baron (Cr : Google)

Laguna Pantai Baron (Cr : Google)

Pantai Baron

Pantai Baron (Cr : Google)

Cek juga pantai-pantai lainnya di link berikut ini yaa :

  1. Hutan

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (Cr : Google)

Banyak sekali jenis hutan di Yogyakarta. Hutan-hutan yang terkenal untuk tempat wisata saat ini adalah hutan pinus dan hutan mangrove.

Hutan pinus bisa kamu jumpai di daerah Bantul seperti hutan Pinus Mangunan Ndlingo, Hutan Pinus Pengger, Hutan Pinus Asri, Puncak Pinus Becici dan Seribu Batu Songgo langit.

Hutan Mangrove bisa kamu jumpai di daerah Kulon Progo seperti Hutan Mangrove Wana Tirta. Sama seperti pantai, hutan-hutan tersebut ramai wisatwan saat normal season dan high season.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo (Cr : Google)

 

  1. Bukit

Bukit pun tidak luput menjadi destinasi wisata. Banyak bukit terkenal yang menjadi tujuan wisatawan seperti

  • Bukit Bintang
  • Bukit Panguk Kediwung
  • Bukit Pule Payung
  • Bukit Paralayang
  • Bukit Klangon
  • Kebun Buah Mangunan
  • Bukit Mojo Gumelem dan lain sebagainya
Bukit Bintang

Bukit Bintang (Cr : Google)

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang (Cr : Google)

Bukit-bukit ini sangat indah. Kamu bisa melihat pemandangan laut atau Kota Yogyakarta dari atas bukit. Malam hari menambah ke eksotisan view bukit karena banyaknya lampu-lampu yang menerangi.

Baca Juga :

 

  1. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangtritis

Gumuk Pasir Parangtritis (Cr : Google)

Sand Boarding

Sand Boarding Gumuk Pasir Parangtritis (Cr : Google)

Kamu bisa menikmati wisata gurun pasir seperti di Timur Tengah atau Afrika tanpa ke negara-negara tersebut. Di Jogja pun kamu bisa melihat gurun pasir itu di Gumuk Pasir Parangtritis dan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk Pasir Parangtritis yang terbentang di wilayah bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi gumuk pasir yang paling terkenal di Indonesia salah satunya karena luas bentangan yang mencapai 412,8 hektar.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di gumuk pasir tersebut antara lain Sand Boarding dan berfoto-foto aesthetic yang instagramable.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke Gumuk Pasir Parangtritis adalah berkunjung ke Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP). Parangtritis Geomaritime Science Park merupakan science park yang menjadi sarana pendidikan, penelitian dan inovasi.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda