Pernah menonton film Bumi Manusia atau Habibie & Ainun 3? Jika pernah, kamu pasti ingat dengan latar belakang cerita tersebut kan? Kedua film tersebut adalah karya Sutradara Hanung Bramantyo yang mengambil lokasi syuting di Studio Alam Gamplong Jogja. Studio Alam Gamplong dijuluki sebagai “Studio Hollywood” nya Jogja karena banyak film mengambil set lokasi di studio ini.

Buat kamu yang ingin menapak tilas film-film tersebut, kamu bisa banget datang ke Studio Alam Gamplong ini. Kamu bisa berfoto-foto di studio dengan latar belakang yang instagramable! Studio ini memiliki area yang luas beserta bangunan-bangunan iconic yang cocok banget untuk berfoto-foto.

Seperti apa Studio Alam Gamplong tersebut? Kita simak bareng-bareng yuk informasi-informasi berikut ini

 

  1. Lokasi

LokasI Studio Alam Gamplong Jogja

LokasI Studio Alam Gamplong Jogja (Cr : Google Maps)

Studio Alam Gamplong ini berlokasi di Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dari arah kota Jogja, kamu bisa melewati Jalan Wates. Jarak Studio Alam Gamplong dengan titik nol kilometer jogja tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 17km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit.

  1. Daya Tarik

Studio Alam Gamplong

Pertokoan Tempoe Doloe (Cr : Google)

Studio Alam Gamplong

Bangunan Tempoe Doloe (Cr : Google)

Studio Alam Gamplong

Replika Benteng VOC Studio Alam Gamplong (Cr : Google)

Studio Alam Gamplong

Bangunan bergaya tahun 1800-1900 an (Cr : Google)

Studio Alam Gamplong

Kereta Tua di Studio Alam Gamplong (Cr : Google)

Studio Alam Gamplong memilihi area yang cukup luas, yaitu seluas 2,5 hektar. Ketika kamu masuk di Studio Alam Gamplong, kamu akan melewati beberapa set yang digunakan untuk lokasi syuting seperti gubuk-gubuk kaum marginal, bangunan-bangunan bergaya tahun 1600-1900 an, rumah kuno yang disebut rumah Annelies (seorang tokoh Wanita di film Bumi Manusia), stasiun kereta tua beserta kereta nya yang bisa dinaiki, benteng VOC dan masih banyak lagi bangunan-bangunan yang bisa kamu explore.

Baca Juga :

  1. Jam buka dan Harga Tiket Masuk

Studio Alam Gamplong Buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000/ orang untuk memasuki Studio Alam Gamplong ini. Jika kamu membawa Kamera (selain HP), kamu akan dikenai permit card camera sebesar Rp 10.000/ kamera.

  1. Fasilitas

Studio Alam Gamplong memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk kenyamanan pengunjung seperti area parkir yang luas, mushola, toilet. Terdapat juga café yang berada di dalam studio. Café ini menjual berbagai minuman jika kamu kehausan saat berada di dalam studio. Diluar studio juga terdapat warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

  1. Tips Berkunjung

  • Sore hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Studio Alam Gamplong karena panas yang tidak terlalu terik. Semburat matahari terbenam pun manambah keeksotisan bangunan-bangunan yang terdapat di studio tersebut.
  • Sebaiknya kamu menghindari berkunjung pada musim liburan untuk menghindari kepadatan pengunjung.
  • Bawalah payung untuk melindungi diri dari panas matahari saat kamu berkunjung di siang hari dan untuk berjaga-jaga jika hujan datang

Nah itu tadi informasi-informasi mengenai Studio Alam Gamplong. Kamu bisa berfoto seperti di film-film di studio tersebut. Sangat menarik bukan? Masih banyak destinasi-destinasi unik lainnya yang belum diulas. Tetap setia di Blog Labiru Tour yaa ?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda