Paket Tour – Kota Batu sudah terkenal akan udaranya yang sejuk serta beragam objek wisatanya yang family friendly. Kehadiran Taman Dolan menambah daftar obyek wisata menarik yang bisa kamu kunjungi ketika berada di kota satu ini. Objek wisata satu ini sedikit berbeda dengan lainnya, karena Taman Dolan menawarkan suasana pedesaan dengan nuansa Jawa yang kental. Selain itu, kamu juga bisa menikmati waktu kebersamaan bersama orang terdekat dengan bermain berbagai wahana yang ada di sini.

Rute & Lokasi Taman Dolan

Taman Dolan beralamat lengkap di  Jl. Raya Pandanrejo No.308, Giripurno, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65332. Akses menuju objek wisata satu ini terbilang cukup mudah, dari pusat kota Batu kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan. Dari kantor walikota batu, kamu bisa mengambil Jalan Panglima Sudirman menuju ke timur. Kemudian belok dan ambil Jalan Brantas, dari sini kamu dapat terus lurus hingga menemui persimpangan. Lalu ambil jalur kanan ke Jalan Raya Pandanrejo, ikuti saja jalur tersebut dan kamu akan menemukan Taman Dolan di sebelah kanan jalan. Jika tidak ingin repot, kamu bisa menaiki angkutan umum untuk datang ke sini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk 

Untuk jam operasional, Taman Dolan buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuk ke destinasi satu ini cukup terjangkau, mulai dari Rp10.000,00 (weekday) hingga Rp15.000,00 (weekend). Harga tersebut sudah mencangkup parkir dan akses ke kolam renang.

Sebagai masukan, sebaiknya kamu memperhatikan cuaca jika ingin berkunjung ke sini, karena terdapat beberapa wahana outdoor. Tiket masuk Taman Dolan masuk terbilang terjangkau, Dengan harga tiket mulai dari Rp10.000 – Rp15.000 ini pengunjung boleh menggunakan kolam renang yang tersedia. Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri gratis untuk para tamu.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, terdapat lahan parkir, kamar mandi, wifi gratis, penginapan, aula pertemuan, dan tempat makan. Sehingga liburanmu akan terasa lebih nyaman.

Bermain Air dan Berenang

Credit : Travelspromo

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah wahana airnya. Terdapat tiga kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, yaitu 30 cm, 100 cm, dan 120 cm. Jadi kamu tidak perlu merasa khawatir jika membawa anak kecil. Kolam renang untuk anak juga sudah dilengkapi dengan beberapa wahana air, seperti perosotan dan ember tumpah. Yang menjadikan kolam renang di objek wisata ini berbeda dengan yang lain adalah suasana sekitarnya yang masih asri. Pastinya kamu akan mendapatkan pengalaman baru, berenang sambil menikmati hijaunya alam sekitar.

Bercocok Tanam

Taman Dolan dikelilingi oleh persawahan dan perkebunan selada air. Hal ini memungkinkan kamu untuk belajar seputar kegiatan bercocok tanam. Sehingga sangat cocok untuk media belajar langsung bagi anak-anak, kamu juga bisa membeli bibit tanaman di sini loh.

Kegiatan Outbound 

Credit: Klikmu

Taman Dolan menyediakan berbagai paket outbound, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Salah satu paket terfavorit outbound anak adalah outbound ala Ninja Warrior. Di sini anak-anak akan ditantang untuk melewati beberapa rintangan. Kamu tidak perlu khawatir akan keselamatan merek, karena kegiatan ini akan terus dipantau oleh para pemandu. 

Sedangkan kegiatan outbound untuk orang dewasa yang paling banyak diminati adalah river tubing. Kamu dapat melakukan aktivitas ini beramai-ramai bersama teman atau keluarga. Pastinya sudah terbayang bukan betapa serunya menjelajahi aliran sungai sambil menikmati suasana alam bersama orang terdekat.

Permainan Tradisional

Hal yang sangat jarang kamu temukan di tempat wisata lain adalah permainan tradisional. Di sini tersedia berbagai permainan tradisional seperti еnggrаng, еngklеk, dan dаkоn. Selain menyenangkan, kamu secara tidak langsung diajak untuk mengenal dan melestarikan kebudayaan lokal. 

Penginapan 

Credit : Booking

Puas bermain, pengunjung bisa lanjut beristirahat di penginapan telah disediakan oleh pihak pengelola Taman Dolan. Penginapan ini menggunakan konsep back to nature, sehingga bangunannya didominasi oleh unsur kayu.

Terdapat 30 tipe kamar yang dapat kamu pilih di sini, menariknya tiap kamar dinamai dengan nama permainan tradisional. Seperti Omah Engklek, Omah Dakon, Omah Betengan, Omah Gundu, Omah Kasti, Omah yoyo, Omah Layangan, Omah Baso Dor dan lain sebagainya. Dari sini dapat dilihat bahwa Taman Dolan benar-benar menerapkan tema alam dengan segala kearifan lokal yang mengikutinya.