Camping di Jogja – Gunung Kidul menjadi destinasi pantai yang paling menarik di Yogyakarta. Memang lebih terkenal pantai – pantai di kawasan Parangtritis karena tidak terlalu jauh dari pusat kota juga sejarah dan mitosnya yang beredar di masyarakat Indonesia.

Meski begitu, keindahan pantai yang ada di Gunung Kidul justru lebih unik dan memiliki daya tarik tersendiri di setiap lokasinya. Tidak hanya pesisir pasir putih, namun juga memiliki landscape lembah dan perbukitan, bebatuan karang yang semakin membuatnya menarik.

Banyak spot ciamik yang tentunya anti-mainstream karena setiap pantai memiliki landscape yang sama sekali berbeda dari satu pantai ke pantai lainnya. Bagi kamu yang menyukai suasana liburan yang tenang dan tidak ramai pengunjung, maka kawasan Gunung Kidul adalah pilihan terbaik.

Berikut rekomendasi tempat camping di Gunung Kidul yang berada di perbukitan dengan view pantai atau laut lepas.

 

Credit: NgeTripMyID

Pantai Kesirat

Rekomendasi tempat camping di Jogja yang pertama adalah sebuah pantai di Desa Panggang yang memiliki karakteristik unik. Tempat ini tidak seperti pantai pada umumnya dengan bibir pantai berupa hamparan daratan pasir putih.

Kamu bisa mendirikan tenda di atas tebing dengan landscape laut lepas yang disekitarnya juga terdapat tebing-tebing pantai yang indah. Tempat ini sangat terkenal sebagai salah satu spot sunrise dan sunset terindah di Gunung Kidul.

Untuk biaya mendirikan tenda di tempat ini pun cukup terjangkau mulai 10 ribu saja per tenda dengan biaya restribusi sebesar 5 ribu per orang. Meskipun tempatnya cukup blusukan, terdapat gubuk parkir untuk menyimpan kendaraanmu sekitar 100 meter saja dari tempatmu mendirikan tenda.

 

Credit: Kemanalagi

Pantai Sanglen

Mencari tempat camping di tebing pantai yang masih sepi pengujung? Kamu harus mencatat Pantai Sanglen dalam daftarmu. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Sepanjang dan Pantai Watu Kodok. Kamu bisa menikmati suasana berkemah dengan pemandangan lepas pantai dari ketinggian tanpa terganggu dengan hiruk pikuk wisatawan lain.

Pantai ini masih belum terlalu tereksplore dengan baik oleh banyak pengunjung padahal tak kalah indahnya dengan beberapa pantai populer di Gunung Kidul. Angin malam di lokasi camping cukup kencang. Jadi, pastikan untuk memasang pasak tenda sekencang mungkin agar tenda tidak mudah roboh saat diterpa angin laut yang kencang.

Meskipun terdapat area bibir pantai, kamu tidak disarankan untuk mendirikan tenda tepat di tepi pantai karena air pasang di pantai ini cenderung tinggi hingga mencapai titik undakan. Untuk akses fasilitas area parkir, toilet dan warung makan warga sekitar pun cukup dekat.

 

Credit: TravelKompas

Pantai Siung

Tempat camping di Yogyakarta berikutnya adalah Pantai Siung. Objek wisata ini tergolong sebagai salah satu yang terpopuler diantara banyak pantai di Gunung Kidul. Untuk memasuk area ini kamu perlu membayar biaya retribusi mulai 5 ribu utnuk parkir motor dan 10 ribu untuk mobil, serta tambahan 10 ribu untuk mendirikan tenda di area ini. Pemandangan pantai khas dengan perbukitan, tebing, dan bebatuan karang.

Tidak jauh dari pantai ini juga ada Pantai Nglambor, Pantai Muncar, hingga Bukit Pengilon yang juga merupakan salah satu spot camping terbaik di Jogja. Kawasan ini pun sering menjadi tempat diselenggarakannya event panjat tebing nasional hingga internasional. Tentu kamu sudah bisa membayangkan keindahan tebing-tebing megah yang menjulang tinggi mengelilingi area pantai di kawasan ini.

 

Credit: Travel

Pantai Widodaren

Salah satu pantai paling eksotis di Gunung Kidul ini juga memiliki landscape yang indah dari lokasi campingnya. Kamu bisa mendirikan tenda di atas bukit yang berhadapan langsung dengan view pantai. Karakteristik lokasi ini memiliki tebing-tebing perbukitan yang menjulang tinggi, bebatuan karang rakrasa, dan pantai dengan arus balik yang cukup kuat.

Untuk sampai ke lokasi memang tidak mudah. Kamu harus mengerahkan effort lebih untuk berjalan kaki di medan yang yang masih alam liar sejauh 1 kilometer. Pantainya pun bersih karena masih jarang pengunjung sehingga kamu bisa bermain di pantai ini sepuasnya bak pulau pribadi.

Spot favorite untuk mendirikan tenda adalah di sebuah perbukitan karang yang harus kamu tempuh dengan berjalan kaki melalui ladang jagung yang cukup jauh dari bibir pantai.

 

Credit: Travel Kompas

Puncak Kosakora

Salah satu spot paling populer di Gunung Kidul adalah Puncak Kosakora. Area ini masih berada satu kawasan dengan Pantai Ngrumput hanya saja berlokasi di perbukitan bagian timur pantai. Tempat ini terkenal sebagai salah satu spot sunset terbaik yang bisa kamu saksikan dari puncak perbukitan berpadu dengan pemandangan Pantai Ngrumput dari ketinggian.

Setelah kamu selesai mendirikan tenda, kamu bisa menikmati suasana senja yang eksotis bersama angin sepoi-sepoi dan secangkir kopi. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat gemerlapan bintang malam saat cuaca cerah pada malam hari yang tidak akan pernah kamu temukan di kota.

Rekomendasi dari banyak penikmati camping di pantai ini, kamu bisa datang antara bulan Juli hingga Oktober untuk mendapatkan suasana dan pengalaman terbaik di Bukit Kosakora.

 

Baca Juga:
6 Tempat Camp di Jogja Area Pantai Gunung Kidul Paling Keren dan Syahdu
7 Resto & Cafe Jogja Instagramable di Gunung Kidul